Connect with us
Payung Teduh
Photo via Press

Music

Payung Teduh: Renung Single Review

Merenungkan situasi pandemi dari perspektif yang lebih positif.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Sudah hampir memasuki pertengahan tahun 2020, pandemi yang sedang melanda dunia belum juga menunjukan tanda untuk segera berakhir. Hal ini pun semakin membuat mental seluruh umat manusia melemah dan terus dilanda kegelisahan akan masa depan.

Kabar sedih juga ditambah dengan beberapa kehilangan yang mendalam baik dari orang terdekat yang terdampak, hingga orang-orang yang dijadikan idola di masyarakat luas. Berita buruk yang tak ada akhirnya ini pun membuat Payung Teduh merasa harus memberikan respon dalam bentuk sebuah karya.

Payung Teduh baru saja merilis sebuah single yang bertajuk “Renung” pada 11 Mei kemarin. Lagu ini ditulis oleh Alejandro Saksakame (drummer), dan ia bawakan bersama Marsya Ditia dan Ivan Pewyn pada gitar.

Payung Teduh - Renung

Payung Teduh – Renung

Lagu ini merupakan ajakan bagi setiap pendengarnya untuk merenung sejenak dalam situasi yang pelik ini. Aransemen musik sengaja dibuat sederhana dengan gitar akustik agar pesan yang ingin disampaikan melalui lirik lebih dominan. Pemilihan chord yang dipilih sangat sederhana, didominasi dengan nada-nada mayor yang memancarkan vibe positif.

Renung memiliki lirik “ajaib” yang mampu mengubah kata ‘corona’ yang sebelumnya menakutkan menjadi kata dengan makna positif. Melalui lagu ini, Payung Teduh juga mengampanyekan tindakan karantina mandiri dan menjauh dari keramaian sejenak dengan cara yang artistik. Dengan merenung, kita juga bisa menyadari banyak waktu yang bisa kita dapatkan dengan tinggal di rumah saja.

Verse penutup juga memiliki lirik dengan plot twist yang menjawab perenungan kita akan hubungan kita dengan bumi.

“Tahukah engkau air tak lagi keruh / tahukah engkau langit tak lagi abu / tahukah engkau tanah tak lagi tersumbat / ternyata kita ‘lah virusnya”

“Renung” merupakan lagu sederhana dari Payung Teduh yang memberikan pencerahan bagi pendengarnya untuk melihat pandemi ini dari perspektif yang positif. Lagu-lagu seperti ini yang sedang kita butuhkan pada masa-masa sulit. Tidak terdengar dipaksakan atau menggurui, “Renung” memiliki lirik dan flow lagu yang tetap catchy dan easy listening.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect