Connect with us
Oliver Tree
Oliver Tree performs during Lollapalooza 2017. (Photo by Tim Mosenfelder/Getty Images)

Music

Oliver Tree: Bocah Alien Dengan Selera Musik Berkelas

Musisi eksentrik dengan jiwa kreatif dan selera humor yang menarik.

Jangan melihat buku dari sampulnya; Oliver Tree mungkin terlihat seperti meme-guy dengan selera fashion yang norak, namun musikalitas dan seleranya dalam bermusik perlu mendapatkan apresiasi lebih.

Setelah lagunya “When I’m Down” viral di internet, ia menandatangani kontrak dengan Atlantic Records pada tahun 2017.

“Alien Boy” EP pertama dari Oliver Tree dengan single utama berjudul serupa. Melalui single ini, Oliver telah menunjukan sisi eksentriknya dalam lagu tentang dirinya sebagai alien yang masih berusaha beradaptasi di bumi. Dengan aransemen lo-fi dan dream pop yang lembut, membuat lagu unik dan absurd ini memiliki kemasan yang elegan dan berkelas.

Kontrasnya persona Oliver Tree dengan lagu-lagu yang ia ciptakan dan nyanyikan membentuk karakter musisi yang original dan ikonik. Musisi 26 tahun ini juga selalu tampil dengan pilihan outfit yang sama; jacket warna-warni, celana JNCO, dan kacamata hitam dengan frame merah. Perpaduan outfit ini dianggap Oliver sebagai outfit yang keren baginya sewaktu ia masih kecil.

Ia juga selalu memotong rambutnya dengan model yang sama yaitu bowl-cut yang memberikan kesan lucu. Oliver mengakui bahwa ia telah bertahan dengan model bowl-cut sejak kecil dan akan terus menerapkan gaya tersebut sepanjang hidupnya.

Tak sekedar memiliki penampilan yang eksentrik dan berhasil mencuri perhatian siapapun ketika ia naik panggung, Oliver Tree juga memiliki penampilan yang sensasional ketika sedang bernyanyi live. Ketika kita berpikir bahwa suara Oliver adalah autotune pada setiap rekamannya, nyatanya memang seperti itu ‘lah suara vokal asli dari bocah alien ini.

Oliver Tree juga memiliki stage presence yang menyenangkan dan membuat para penonton terhibur secara audio maupun visual.

Selain memiliki bakat dalam bernyanyi dan menciptakan lagu, Oliver Tree juga memiliki minat yang besar dalam dunia directing. Setiap video klip musik Oliver selalu memiliki ciri khas dengan usaha yang maksimal dalam pengerjaannya. Semua video klip tersebut merupakan buah pikiran dari Oliver sendiri.

Kita dapat melihat proses pembuatan video klip “Hurt” melalui mockumentary yang berjudul “How to Make a $1,000,000 Music Video”. Dalam film pendek berdurasi 35 menit, kita akan melihat usaha serius dari Oliver Tree dalam menggarap musik video dengan gaya mockumentary yang lucu dan sarkastik.

Oliver Tree akhirnya akan debut dengan full album pertamanya pada 27 Maret 2020 mendatang yang bertajuk “Ugly Is Beautiful”. Pada 6 Desember lalu, ia telah merilis single utama dari album tersebut yang bertajuk “Cash Machine”.

Single kali ini memiliki aransemen musik rock alternatif dengan riff gitar dan nuansa pop indie. Oliver Tree sekali lagi tampil dengan video klip yang well-produced dengan kisah yang absurd dan unik. Masih dengan bowl-cut, serta jacket dan celana gombrong yang menjadi ciri khasnya, kita akan melihat Oliver mengendarai mobil merah muda di sebuah danau.

Bagi penggemar musik indie pop kekinian seperti Joji, Rex Orange County dan musisi lain serupa, Oliver Tree bisa menjadi musisi yang menambah lagu-lagu baru dalam playlist musik indie dengan persona yang unik dan menghibur.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect