Connect with us
NewJeans
Courtesy of Ador

Music

NewJeans: Get Up EP Album Review

Masih setia dengan musik R&B pop 90an, NewJeans adalah sanctuary untuk remaja yang sedang jatuh cinta.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

NewJeans menjadi salah satu girlband yang memeriahkan industri K-Pop tahun lalu secara tiba-tiba, dalam industri musik yang terkenal dengan agenda promosi, teaser, dan konten viral lainnya untuk membangun hype. Namun percaya dengan branding-nya yang berbeda daripada debutan baru pada angkatannya, NewJeans menjadi salah satu yang populer di generasi K-Pop saat ini.

Hanya satu hari setelah merilis single debut mereka, ‘Attention’ yang terinspirasi dengan R&B era 90an, girlband ini kemudian mengejutkan penggemar barunya dengan empat video musik terbaru, mulai dari ‘Hype Boy’ hingga ‘Hurt’ hanya dalam waktu 48 jam.

NewJeans langsung memperdengarkan warna musik yang lebih chill dalam naungan R&B pop, berbeda dengan sederet girlband Korea masa kini yang semakin kencang dan semakin berpacu dengan tempo untuk koreografi yang rancak. Justru ini yang membuat Hanni, Haerin, Minji, Danielle, dan Hyein tetap mencolok dan mencuri perhatian segmentasi remaja perempuan dalam skena penikmat K-Pop.

Branding musik Newjeans dengan cermat menggabungkan unsur-unsur R&B dan pop era 90an dengan cita rasa modern, dikemas dengan estetika Y2K. Debut dengan konsep merupakan satu hal, namun membawanya ke rilisan berikutnya menjadi hal lain dalam industri K-Pop. Betapa senangnya, dalam EP kedua mereka, “Get Up”, girlband ini masih mengusung tema yang sama. Kali ini bicara tentang kegembiraan cinta pada diri sendiri dan imajinasi romantis melalui musik yang lembut namun tetap nikmat untuk berdansa.

Dalam lagu pembuka EP sophomore ini, NewJeans dalam self-titled track mereka mendeklarasikan janjinya untuk tetap berada di alur yang telah membesarkan nama mereka melalui debut, ‘All eyes on us NewJeans/ So fresh, so clean’.

Sejak awal, NewJeans telah mewujudkan kombinasi yang memikat, perpaduan kesegaran dan keren, serta ketenangan dan kenaifan remaja perempuan. Musik mereka merupakan definisi dari masa muda, menghadirkan masa puber penuh emosi yang naik turun, dalam kemasan yang terorganisir untuk mengendalikan emosi tersebut.

Dalam EP “Get Up”, keenam track menciptakan suasana percakapan yang tidak hanya diutarakan untuk didengar, namun juga untuk diri mereka sendiri. NewJeans dengan branding kelima member belianya, seakan mengajak segmentasi target utama dari musik mereka, yaitu remaja perempuan, untuk bertumbuh bersama mereka.

Dengan irama dan breakbeat ala jersey club, ‘Super Shy’ menceritakan kisah jatuh cinta pada seseorang yang baru dan mengatasi rasa malu untuk mendapatkan hati mereka. Lagu ini menjadi anthem motivasi bagi para introvert memperjuangan cinta masa muda mereka dalam semangat musim panas yang identik dengan memori liburan remaja yang tak terlupakan.

Di sisi lain, ‘ETA’ merupakan track dengan pesan yang bertolak belakang dari ‘Super Shy’. Masih dalam semangat sisterhood, NewJeans seakan hendak mengingatkan bahwa jatuh cinta juga tentang patah hati dan potensi untuk dilukai. Menjadi salah satu track yang upbeat dan catchy dalam “Get Up”. Lagu ini terangkai dari instrumen brass yang memiliki jeda untuk menciptakan suasana penuh urgensi sebagai dengan temanya, ETA (estimated time of arrival).

‘Cool With You’ merupakan lagu dengan genre UK garage track yang mencuri perhatian dalam tracklist ketika berkumandang. NewJeans mengekspresikan perasaan mereka pada orang yang ditaksir dengan bahasa yang dingin dalam permainan lirik, ‘you know me like no other, see me like no other’. Kontras dengan track interlude ‘Get Up’ yang melantun lebih lembut, masih dalam momen yang sama, namun lebih lovey dovey, ‘Meet you back in five if I matter to you/ Like you say I do’.

Dengan track penutup ‘ASAP’, NewJeans melantunkan syair tentang tenggelam dalam hiruk-pikuk cinta yang penuh kebahagiaan. Menggambarkan versi modern dari obrolan melalui telepon rumah, ketika seorang remaja perempuan sedang bergosip santai sambil melilit kabel dengan jari mereka karena emosi playful yang tak terbendung. ‘ASAP’ juga menjadi track yang catchy dengan hook ‘tik tok tik tok tik tok tik’, harmoni antara kelima member yang membuat candu di kepala pendengarnya.

Entah sampai kapan NewJeans akan setia dengan tema cool and fresh mereka ini. Namun banyak dari girlband K-pop yang kerap bermain dalam kolam konsep yang berbeda setiap comeback; ada yang berhasil, ada yang terlupakan.

NewJeans kembali dengan tema yang membesarkan nama mereka terasa sangat hangat dan menyambut bagi para Bunnies (nama fandom NewJeans), seperti totem persahabatan yang tidak mengkhianati di antar keduanya. Bahwa NewJeans masih menjadi ikon dari semangat remaja perempuan, dalam perjalanan mencintai diri sendiri, semangat sisterhood, dan pastinya sanctuary untuk yang sedang mengalami cinta di masa muda.

Barasuara Merilis Album Ketiga Bertajuk “Jalaran Sadrah”

Music

meghan trainor timeless meghan trainor timeless

Meghan Trainor Rilis Album Keenam “Timeless”

Music

Steve Aoki dan Bassjackers Luncurkan Kolaborasi Double Single

Music

IMP Rilis Album Perdana “Departure”

Music

Connect