Connect with us
Nath (Natashya Claudia)
Nath (Natashya Claudia)

Music

Nath: A Step Album Review

Langkah awal Nath terjun dalam industri musik Indonesia.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Nath, solois indie yang baru saja merilis mini album debutnya, “A Step” pada 27 Januari 2020 lalu.

Sebelum akhirnya memutuskan untuk menjadi penyanyi dan merilis sebuah album, Nath sudah sering bernyanyi di cafe maupun pesta pernikahan. Ingin keluar dari zona nyaman dan mewujudkan mimpi yang lebih tinggi dengan talenta bernyanyinya, Nath akhirnya memberanikan diri untuk merilis “A Step” dengan dukungan besar dari produser Gerry Anake.

“A Step” merupakan mini album berisi 6 track yang ditulis oleh Nath dengan bantuan adiknya, Ines. Sementara musik diaransemen oleh Gerry Anake yang berperan sebagai produser.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by NATH (@natashya.claudia) on

Nuansa musik Lo-fi langsung terasa pada track pembuka, “You Can’t”, yang kemudian diikuti dengan aransemen musik beat R&B 90-an. Dalam lagu yang tenang dan lembut ini, Nath mengungkapkan keinginan untuk menjadi wanita mandiri yang tidak selalu bergantung pada pasangannya.

Warna musik R&B semakin terasa kental dalam track berikutnya yang bertajuk “When I Saw You”. Aransemen musik dalam track ini lebih kaya dengan dimasukkannya berbagai efek techno yang berpadu dengan bass dan piano yang upbeat tapi santai. Lagu ini menceritakan pengalaman jatuh cinta ketika pertama kali bertemu dengan seseorang, namun dibalut dengan rasa ragu untuk menyatakan perasaan.

“Change” bisa jadi track yang memiliki nilai personal bagi Nath. Lagu ini merupakan pengingat bagi kita untuk berani keluar dari zona nyaman dan selalu ada perubahan dalam kehidupan. Hal ini karena selalu adalah sesuatu yang lebih menanti kita. Nath mengungkapkan harapannya pada kehidupan untuk mengubahnya dalam proses.

Nath membawakan “Change” diiringi instrumen piano dengan suara latar dan jentikan jari yang sederhana namun terdengar playful. Racikan chord yang dipilih menciptakan melodi yang bright dan membuat pendengarnya merasakan energi positif.

Nath tak lupa bersyukur pada Yang Maha Kuasa melalui Track “About You”. Dengan instrumen piano, keyboard, dan drum, lagu ini dibawakan dengan nuansa Swing berpadu dengan R&B. Liriknya yang menceritakan titik terendah dalam kehidupan dan bagaimana ia pulih dengan doa yang ia hantarkan pada Tuhan.

Setelah mendapat kekuatan baru, Nath mendeklarasikan dirinya yang lebih kuat melalui track “Stronger”. Track ini kembali memperdengarkan nuansa lofi berpadu dengan R&B yang menenangkan.

“Tell Me” merupakan single dari album ini yang telah dirilis sejak tahun 2018. Lagu ini memiliki tema patah hati setelah ditinggal oleh orang tercinta. Aransemen dibuka dengan rekaman raw yang kemudian disambut dengan beat R&B berpadu dengan instrumen piano yang lembut.

“A Step” menjadi langkah awal bagi Nath (Natashya Claudia) untuk mewujudkan mimpinya sebagai musisi di industri musik lokal. Materi dalam album ini cukup ringan dan easy listening. Nuansa musik R&B 90-an dengan nuansa Lo-fi yang lembut bisa menjadi “penawar” yang memenangkan bagi hati setiap pendengarnya dalam menjalani kehidupan yang berliku.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect