Connect with us
Mocca X David Bayu
Photo Courtesy: Mocca

Music

Mocca feat. David Bayu: Happy Single Review

Wujud dari kolaborasi impian Mocca dengan David Bayu dalam lagu swing pop. 

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Berkolaborasi dengan David Bayu sudah menjadi impian Mocca sejak lama. Bagi personil Mocca, kemunculan frontman bersama band-nya, Naif, telah menjadi angin segar di industri musik Indonesia. Naif mencuri perhatian dengan keunikan dan warna musik berbeda dari musisi lain yang diorbitkan pada masanya. Oleh karena itu, Naif sudah menjadi inspirasi untuk Mocca dalam berkembang sebagai musisi. 

Kini, mimpi Mocca untuk berkolaborasi dengan idolanya telah terwujud dalam single terbaru mereka, “Happy”. Single ini adalah single kedua Mocca dari EP “Funfair”, dirilis pada 28 Januari 2022 di seluruh platform musik digital. Sebelumnya “Funfare” sendiri telah rilis terlebih dahulu dalam bentuk CD fisik pada bulan November 2021.

“Happy” menjadi salah satu track yang paling banyak peminatnya dari katalog lagu Mocca terbaru. Pertama kali dirilis di album music inspired by the movie, “Untuk Rena”. Lagu ini menjadi yang paling banyak dinyanyikan oleh anak-anak sekolah di Korea Selatan, bahkan sempat dipakai di beberapa drama, variety show, hingga film di negara tersebut.

Mocca X David Bayu

Bagi yang sudah familiar dengan warna musik Mocca dan David Bayu, pastinya sudah bisa membayangkan bahwa keduanya sangat mungkin menciptakan sebuah musik yang tak kontras dari masing-masing signature. Memang keseluruhan konsep musik “Happy” lebih dominan dengan cita rasa Mocca dengan genre swing, jazz, dan pop. Namun kehadiran Bayu David tetap melebur dengan sempurna sebagai vokalis yang bersanding dengan Arina Ephipania. 

Warna baru di lagu “Happy” versi duet ini, David mengisi vokal sebagai suara dua pada bagian reffrain. Harmonisasi ini sangat membedakan antara versi orginal dimana vokal hanya di isi oleh Arina. Bagian intro diganti dengan instrumen flute, kemudian kazoo yang dimainkan oleh Riko Prayitno pada bagian interlude memberikan kesan jenaka dan mood booster pada lagu “Happy” yang ceria dan childish

Sebagai musisi yang belakangan banyak berkolaborasi, David Bayu terdengar semakin luwes ketika menciptakan sebuah karya musik dengan musisi lain, termasuk dalam proyek terbaru ini bersama Mocca. “Happy” sendiri tergolong sebagai lagu swing dengan sentuhan pop yang easy listening. Kebanyakan lagu Mocca memiliki ‘nyawa’ dari pembawaan vokal Arina yang ‘swinging’, baik dalam membawakan cerita atau lagu yang lebih cenderung tentang motivasi untuk merasakan sebuah emosi. Kita bisa mendengar bahwa David telah bernyanyi diiringi dengan musik swing dengan bahagia.

Semuanya diiawali dengan Mocca muncul di #GACOR, sebuah sesi ngobrol santai dan jamming bersama David Bayu di kanal YouTube-nya. Pada akhir April 2021, David Bayu masuk studio rekaman bersama Mocca untuk menggarap kolaborasi “Happy”. Sayangnya, rekaman vokal David dan Arina harus dilakukan secara terpisah karena kala itu Arina sedang dalam masa karantina. David menyelesaikan sesi rekaman bersama personil Mocca lainnya, Riko, Indra, dan Toma hanya dalam 1 hari.

Tak hanya pada track “Happy”, David juga telah mengisi beberapa bagian backing vocal dalam tracklist EP “Funfair”. “Senang sekali bisa kerja sama bareng David Bayu, karena ini kayak dream come true. Duet ini adalah sebuah kehormatan dan pengalaman yang ga akan saya lupa”, ungkap Toma Pratama, bassis Mocca. 

Paramore: This is Why Paramore: This is Why

Paramore: This is Why Single Review

Music

Beabadoobea: Beatopia Beabadoobea: Beatopia

Beabadoobea: Beatopia Album Review

Music

Soccer Mommy: Sometimes, Forever Album Review Soccer Mommy: Sometimes, Forever Album Review

Soccer Mommy: Sometimes, Forever Album Review

Music

Rina Sawayama: Hold The Girl Rina Sawayama: Hold The Girl

Rina Sawayama: Hold The Girl Album Review

Music

Connect