Connect with us
Meda Kawu feat. Duta Pamungkas: Silent Saturday Single Review

Music

Meda Kawu feat. Duta Pamungkas: Silent Saturday Single Review

Lagu meditatif untuk kita yang sering lupa mengistirahatkan fisik dan pikiran.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Silent Saturday merupakan single terbaru dari Meda Kawu yang berkolaborasi dengan sahabatnya, Duta Pamungkas. Lagu ini merupakan pengingat atau alarm bagi Meda sendiri. “Silent Saturday merupakan sebuah hasil perenungan panjang buat saya yang suka lupa beristirahat dan menganggap hal itu tidak terlalu penting”, ungkap Meda menjelaskan inspirasi dari lagu terbarunya ini.

Duta Pamungkas sendiri merupakan salah satu musisi yang Meda kenal sebagai songwriter yang selalu membuat lagu dengan menggunakan frekuensi 432 HZ. Menurut penelitian, frekuensi tersebut merupakan salah satu frekuensi berguna untuk kesehatan mental yang bisa membawa efek tenang bagi tubuh manusia. Hal ini menjadi alasan mengapa ia memilih Duta untuk mengkomposisi lagu Silent Saturday yang ditujukan menjadi lagu penenang bagi setiap pendengarnya.

Meda Kawu feat. Duta Pamungkas - Silent Saturday

Meda Kawu feat. Duta Pamungkas – Silent Saturday

“Silent Saturday” menceritakan tentang keresahan kita sebagai manusia yang makin sulit untuk mengambil waktu beristirahat secara fisik, pikiran, dan hati. Banyak orang yang berpikir waktu mereka terlalu sedikit untuk menyelesaikan banyak hal dalam kehidupan.

Kita seringkali lupa beristirahat karena “bisikan” dari dalam pikiran kita sendiri yang selalu menuntut untuk terus produktif. Belum lagi suara hati yang tak pernah berhenti menghantui dengan kegelisahan akan masa depan.

“Even the whisper is louder and louder… In this crazy mind I hear noises keep buzzing… They keep demanding”

Melalui lagu ini, Meda Kawu hendak mengajak kita untuk beristirahat sejenak dalam ketenagang dan mengabaikan “suara-suara” tersebut. “Silent Saturday” memiliki aransemen musik sederhana dengan petikan gitar akustik yang syahdu ala Pop Folk, mengiringi harmoni vokal Meda Kawu dan Duta Pamungkas membawakan lirik lagu sederhana dan repetitif yang menghanyutkan. Pemilihan chord gitar yang komposisi pun menghadirkan melodi yang memancarkan aura positif dengan tempo yang pas.

Diselipkan juga suara kehidupan dengan efek suara bisikan yang bercampur aduk dengan suara kendaraan kota yang pasti familiar bagi yang menjalani kehidupan. Kemudian suara tersebut menghilang dengan transisi yang lembut dilanjutkan dengan vokal Meda kembali menyanyikan lagu dan diiringi dengan aransemen musik yang diakselerasi dengan instrumen bass dan cajon.

Duta sendiri juga memaknai lagu ini sebagai lagu yang “meditatif”, tentang ada saat manusia harus memiliki silent mode pada diri masing-masing. Ada saat manusia harus dipaksa diam, beristirahat dari hingar bingar dan kesibukan yang terjadi dan berlangsung di dalam kepala, hati, dan jiwanya. “Take The Silent Saturday / slow down your pace because strength gained from your rest”

“Silent Saturday” merupakan karya sederhana yang dieksekusi dengan perasaan tulus. Sebagai lagu “meditasi”, lagu ini memiliki komposisi musik yang pas dengan mastering dan mixing yang jernih.

Liriknya yang sederhana dan repetitif juga terdengar seakan “menghipnotis” pendengarnya untuk beristirahat. Lebih dari sekedar lagu dengan nilai estetika, setiap unsur dalam “Silent Saturday” juga dikonsep dengan memperhitungkan efeknya bagi kesehatan mental pendengarnya.

Meda Kawu dan Duta Pamungkas berharap single ini bisa menemani dan membawa ketenangan, keheningan, dan kedamaian pikiran, hati dan jiwa bagi yang mendengarkannya.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect