Connect with us
louis tomlinson
Photo by Neil Bedford/Telegraph Magazine

Music

Louis Tomlinson: Walls Single Review

Louis Tomlinson mencantumkan nama Noel Gallagher dalam single terbarunya.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Louis Tomlinson semakin dekat dengan jadwal perilisan album debut solonya yang bertajuk “Walls” pada 31 Januari mendatang. Ia pun baru saja merilis single terbaru dengan judul yang sama dengan nama album tersebut.

Single ini cukup mencuri perhatian media karena nama Noel Gallagher yang masuk dalam credit. Hal ini karena Louis mengambil sample chord dari tiga lagu milik Oasis yaitu; “Stop Crying Your Heart Out”, “Cast No Shadow”, dan suara paduan suara yang terdengar mirip dengan bagian dalam lagu “Acquiesce”.

Mengambil sample melodi dari lagu yang telah dirilis dengan hak cipta untuk lagu baru merupakan hal yang sudah wajar dilakukan oleh banyak musisi baru. Hal ini untuk menghindari pelanggaran hak cipta di kemudian hari. Louis Tomlinson sendiri yang menghubungi Noel, mantan personil band Oasis untuk mendapatkan izin tersebut.

Sample musik yang diambil dari lagu Oasis alhasil memberikan nuansa British Rock pada single “Walls”. Aransemen musik dibuka dengan instrumen gitar akustik dan denting piano, berpadu dengan vokal Louis yang lembut. Unsur distorsi gitar mulai masuk secara bertahap diikuti dengan dentum drum yang membuat lagu ini terdengar nge-Rock.

Nuansa melankolis dengan chord minor dan sentuhan musik orkestra memberikan emosi dan nuansa megah pada lagu ini. “Walls” memang terdengar seperti salah satu lagu Oasis, namun tetap original dan fresh.

Dengan aransemen musik yang sudah kuat, Louis mengisi lagu ini dengan lirik yang dewasa tentang menghadapi berbagai tantangan dalam hidup. Bagaimana setiap halangan yang dihadapi akan berubah menjadi sesuatu yang membuat kita lebih kuat.

Dilansir dari Capital FM, Louis mengaku tumbuh besar dengan lagu-lagu British, mulai dari Arctic Monkeys, Oasis, The Killers, dan Amy Winehouse. Kita mungkin sudah terbiasa melihat Louis membawakan lagu Pop saat tergabung dalam One Direction. Nyatanya, lagu-lagu Pop kekinian diakui tidak terlalu sesuai dengan taste musik Louis. Ia pun berusaha menyatukan unsur modern dengan selera musik pribadinya dalam project album pertamanya ini.

Sebelumnya Louis telah merilis beberapa single lain, mulai dari “Don’t Let It Break Your Heart”, “We Made It”, “Kill My Mind”, dan “Two of Us”. Single “Walls” menjadi lagu promosional penutup menjelang debut album dari Louis Tomlinson.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect