Connect with us
Joanito Gea
Photo: Dionisius Adrian/Cultura

Music

Joanito Gea: Bahagia Sendiri Single Review

Sebarkan semangat bahagia untuk yang masih sendiri.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Siapapun lo, apapun yang lo lakuin di hidup lo, yang namanya bahagia itu cuma bisa lo sendiri yang bisa ciptain!”, begitu pesan Joanito Gea seiring melepas single terbarunya yang bertajuk ‘Bahagia Sendiri’.

Lagu ini menjadi single terakhir yang dirilis tahun ini, sebelum beranjak ke rencana yang lebih besar di tahun selanjutnya. Single ini ditulis sendiri oleh Joanito di tengah masa pandemi. Didukung oleh Audree Dewangga, David Elsandro, dan Recky Risanto sebagai produser.

Masih mengusung genre pop yang easy listening, ‘Bahagia Sendiri’ memiliki aransemen pop lokal yang khas dominan dengan instrumen gitar akustik. Mengiringi lirik yang sederhana dan mudah ditangkap sekali didengar, dirangkai dengan bait-bait berima dengan flow yang santai. Meski memiliki chord dan pola yang sederhana, ada akselerasi musikalitas secara bertahap dengan penambahan instrumen setiap babaknya.

Dimulai dengan gitar akustik yang menjadi statement, kemudian disambut dengan drum dan piano yang lembut. Memasuki chorus pertama, string instruments dengan chord yang playfull ditambahkan sebagai aksen. Hingga akhirnya memasuki bridge kita akan mendengar instrument brass dan gitar electric.

Meski secara teknis terdengar cukup overwhelming dengan dimasukkannya berbagai jenis instrumen, secara eksekusi tercipta aransemen dengan mixing dan komposisi yang pas. Dimana tim mixing tahu apa yang harus ditonjolkan, yaitu vokal dan instrumen gitar yang menjadi bintang utama, kemudian instrument lain dimasukan sebagai aksen sebagai pemanis yang tidak berlebihan.

Lagu seperti ‘Bahagia Sendiri’ merupakan track pop yang Indonesia banget; simple, fresh, dan easy listening. Mengingatkan kita pada musik-musik pop lokal seperti Ran, Petra Sihombing, dan musisi-musisi lain dengan genre serupa. Joanito Gea merupakan musisi yang masuk dalam lingkaran genre musik lokal tersebut.

Dari segi lirik ‘Bahagia Sendiri’ juga bisa diinterpretasikan dalam berbagai hal, karena bahagia bisa muncul dari mana saja. Joanito sendiri juga memberikan pesan yang mengindikasi makna ‘bahagia’ secara universal. Meski dalam lirik lagu ini ada sedikit bait yang bisa dimaknai sebagai bahagia tanpa kekasih seperti “bahagia hidupku meski tanpa dia”. Mungkin bisa dimaknai seperti juga buat kita yang sedang galau karena baru saja putus dari kekasih atau masih berusaha move on dari mantan.

Namun mungkin ada juga yang sedang suram hidupnya karena harus kerja sendiri atau menghibur diri sendiri di rumah karena pandemi yang belum juga berakhir. Sudah penghujung tahun, tapi hidup terasa semakin stagnan karena tahun yang sulit bagi banyak orang. Padahal, menurut Joanito dari lagu ini, bahagia tidak perlu dicari keluar, jika kita melihat ke dalam diri kita, bahagia bisa diciptakan sendiri.

“Dunia bilang bahagia ada harganya, tapi bukankah bahagia sudah milik kita, memang milik kita?”

It’s such a simple song, tapi banyak dari kita masih harus diingatkan untuk bahagia dan menciptakan kebahagian bagi diri sendiri. Lagu ini merupakan tipikal lagu yang akan memberikan semangat ketika kita memulai hari, minum kopi di depan layar komputer sebelum memulai aktifitas, atau diputar di mobil dalam perjalanan ke kantor.

Joanito Gea juga punya kabar bahagia, dimana dirinya memiliki rencana untuk memulai rekaman album di tahun 2021. Ia juga memiliki keinginan untuk makin aktif di dunia seni peran. Sudah ada dua web series yang Ia mainkan sejauh ini yaitu ‘Cerita Pulang Sekolah’ dan ‘Tahun Ketiga’. Kita nantikan saja karya-karya terbaru dari Joanito Gea di tahun baru mendatang!

Click to comment

Jungle Keep Moving Jungle Keep Moving

Jungle: Keep Moving Single Review

Music

Zara Larsson Zara Larsson

Zara Larsson: Poster Girl Album Review

Music

Wendy Red Velvet Wendy Red Velvet

Wendy: Like Water EP Album Review

Music

Sindy Amani Sindy Amani

Sindy Amani: Never Good Enough EP Album Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect