Connect with us
Ilham Nahumarury

Music

Ilham Nahumarury: Patrice Single Review

Mantan kontestan Indonesian Idol yang akhirnya rilis single perdana.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Patrice merupakan single perdana dari solois keturunan Ambon dan Sunda, Ilham Nahumarury. Diproduseri oleh Matthew Sayersz yang pernah tergabung dalam sebuah project musik Barry Likumahuwa Project dan Dr. Bram’s Project. Bukan nama baru lagi di industri musik lokal, Ilham sebelumnya telah mengikuti salah satu ajang musik populer, Indonesian Idol Season 9 dan berhasil masuk dalam jajaran kontestan top 20.

Tak lekas meninggalkan passionnya sebagai penyanyi, Ilham Nahumarury akhirnya merilis single perdana “Patrice” pada Desember 2019 lalu. Terinspirasi oleh Glenn Fredly hingga Boyz II Men, Ilham menganut genre musik Pop dan R&B pada single terbarunya ini.

Ilham Nahumarury

“Patrice” merupakan lagu yang menceritakan tentang kandasnya hubungan asmara yang terhalang oleh suatu keadaan serta keyakinan. Menimbulkan keraguan dan pertanyaan, namun tetap mendambakan suatu titik harapan. Lagu ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dengan karakter wanita Patrice yang ditujukan pada seseorang dalam kisah di lagu ini.

Buat yang merindukan warna musik R&B 2000-an dengan lirik yang easy listening, single ini akan membawa kita kembali ke era tersebut. Teknik penulisan lirik yang bagai bercerita memberikan sentuhan Blues dengan tema yang melankolis. Dibalut dengan aransemen R&B dan Techno yang modern dan sensual. Memiliki komposisi musik terdengar minimalis, Patrice sebetulnya memiliki aransemen dengan pola dan layer musik yang semakin diakselerasi. Tak hanya menghadirkan beat R&B yang lembut, ada sentuhan riff gitar yang nge-funk, samar-samar sebagai aksen.

Musik R&B selalu identik dengan vokal penyanyinya yang berkualitas dan mampu mengisi aransemen musik yang cenderung minimalis. Ilham Nahumarury telah berhasil mengisi lagu “Patrice” dengan vokal R&B-nya yang memberikan statement penting pada lagu ini. Tak hanya membawakan lirik dan teknik menyanyi yang diulang-ulang agar terdengar catchy, Patrice tampaknya lebih ingin menonjolkan sisi idealis Ilham sebagai penyanyi R&B. Ada banyak pola dan teknik menyanyi yang bisa kita dengar dalam single perdananya ini.

Materi musiknya memang tidak bisa dibilang unik atau baru, Patrice merupakan lagu R&B ballad yang terdengar sekali mengambil referensi dari era lama namun dibalut dengan mastering modern yang lebih jernih.

Melalui single Patrice, Ilham Nahumarury tidak tampil sebagai penyanyi baru dengan musik yang sekedar catchy, namun langsung menunjukan kualitasnya sebagai penyanyi R&B dengan teknik vokal dan kualitas aransemen musik yang tidak main aman.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect