Connect with us
Hayley Williams Simmer
Josh Brasted/WireImage

Music

Hayley Williams: Simmer Single Review

Single utama menuju album solo Hayley Williams.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Hayley Williams sedang bersiap untuk debut solo dengan agenda merilis album bertajuk “Petals For Armor”. Ia juga baru saja merilis single utamanya yang bertajuk “Simmer”.

Meski sedang beristirahat dari Paramore, project musik solo vokalis ini juga masih melibatkan rekan band lainnya. Hayley bekerja sama dengan Taylor York dan Joey Howard dalam menulis lirik dari lagu “Simmer”. Taylor York juga berperan sebagai produser untuk single ini.

“Simmer” merupakan lagu yang ditulis berdasarkan pengalaman Hayley Williams dalam mengontrol emosi dalam dirinya. ‘Rage is a quiet thing / you think that you’ve tamed it but it’s just laying in wait’, bait pertama dalam lagu ini langsung merujuk pada satu emosi yaitu amarah. Hayley juga menyematkan judul albumnya dalam lirik lagu ini, ‘wrap yourself in petals for armor’ pada bagian bridge terakhir.

Dalam lagu ini, Hayley menyampaikan pemikiran dan perasaannya dalam mengontrol amarahnya. Pesan ini juga disampaikan secara visual melalui video klip dengan tema horror dimana Hayley Williams lari dari kejaran sebuah sosok misterius berwarna merah di hutan.

Secara aransemen musik, “Simmer” merupakan karya yang jauh berbeda dari warna musik Paramore. Paramore sendiri telah mengalami berbagai eksperimen warna musik dari era ke era. Mulai dari debut dengan image Rock Alternatif dengan sentuhan Emo, Rock Pop yang ceria dalam album self-titled pada tahun 2013, hingga sepenuhnya memperdengarkan musik Pop yang catchy dan ceria dalam album “After Laughter” pada 2017.

Sebagai karya debut solo-nya, Hayley Williams benar-benar memperdengarkan warna musik baru dalam single utamanya. “Simmer” memiliki aransemen musik Alternatif Psychedelic yang totalitas. Memadukan berbagai suara techno yang atmospheric dengan ketukan drum dan bass yang berat dan memberi volume pada lagu ini.

“Simmer” terdengar keras dan lembut secara bersamaan, mulai dari gaya penulisan lirik, aransemen musik, hingga pembawaan vokal Hayley Williams.

Kita akan melihat karya ini sebagai karya tunggal dari Hayley Williams, jauh dari bayang-bayang Paramore karena konsep musiknya cukup berbeda. Album “Petals For Armor” dari Hayley Williams akan rilis pada 8 Mei 2020 mendatang.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect