Connect with us

Film

Freaks – You’re One of Us Review

Film superhero yang nanggung.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Freaks – You’re One of Us merupakan film drama bertema superhero asal Jerman. Disutradarai oleh Felix Binder dan Marc O. Seng sebagai penulis naskah. Netflix Original Movie terbaru ini dibintangi oleh Cornelia Groschel, Tim Oliver Schultz, dan Wotan Wilke Mohring.

Kisah dimulai dari seorang wanita working class bernama Wendy. Ia memiliki keluarga kecil yang harmonis meski mengalami kesulitan finansial. Setelah bertahun-tahun menyembunyikan kekuatan besar yang Ia miliki, Wendy bergabung dengan Marek dan Elmar dengan harapan memulai revolusi dimana orang seperti mereka bisa hidup dengan normal di masyarakat.

Freaks memiliki pada dasarnya memiliki konsep kisah superhero yang cukup serupa dengan X-Men franchies, dengan ekspektasi perkembangan kisah seperti serial Heroes yang sempat populer pada 2006 silam. Apakah Freaks – You’re One of Us memenuhi ekspektasi tersebut?

Premis dan Babak Pertama yang Cukup Menarik

Pada babak pertama film, kita akan diperlihatkan sebuah epilog tanpa penjelasan lebih dan langsung lompat ke kehidupan Wendy setelah berkeluarga. Hal tersebut bukan cela dalam film ini, semua masih terasa natural dan baik-baik saja pada permulaan ini. Kita akan melihat kehidupan Wendy dengan keluarga kecilnya yang harmonis, meski sedang dikejar tagihan hingga pekerjaan yang membuat kehidupannya tidak ada kemajuan.

Freaks - You’re One of Us Review

Netflix

Freaks memberikan premis yang menjanjikan; superhero dari kalangan biasa, ‘the underdog’. Bukan sosok pahlawan dari liga besar seperti Justice League atau The Avengers. Akan sangat menarik melihat apa yang bisa dilakukan oleh manusia dengan kekuatan super ketika tidak ada alien atau teroris dengan skala kejahatan besar. Apa yang harus mereka perjuangan dan apa alasan mereka terlahir dengan kekuatan tersebut.

Dan bagaimana Wendy harus menyembunyikan dan memendam kekuatannya dieksekusi dengan cara yang natural layaknya film drama yang menjanjikan. Namun, cukup sampai di sini saja potensi dari film ini.

Perkembangan Plot Dengan Objektif Tidak Jelas dan Karakter yang Aneh

Memasuki pertengahan film, objektif tiga karakter utama; Wendy, Marek, dan Elmar mulai terbentuk dan cukup masuk akal. Nilai dan perspektif dengan kondisi mereka yang spesial juga sudah cukup bagus sebagai film drama dengan latar belakang superhero di dunia yang biasa-biasa saja. Namun, eksekusinya yang tidak masuk akal dan terasa terlalu dipaksakan. Membuat ketiga karakter ini kehilangan arah dan penulis juga terlihat kehilangan ide untuk mengembangkan kisah.

Salah satu karakter juga mengalami perkembangan kisah yang aneh dan terkesan murahan. Dengan sentuhan daya tarik yang menganggu akan pemeran utama, Wendy. Mengubah kisah tentang kaum tersingkirkan menjadi hubungan romansa yang klise dan sifat obsesif aneh pada karakter tertentu.

Freaks - You’re One of Us Review

Netflix

Produksi Film yang Terlihat Murahan

Produksi Freaks – You’re One of Us sudah terasa sangat murahan sejak awal. Tidak terlalu ada masalah dengan sinematografi atau produksi properti film secara keseluruhan. Salah satu aspek yang menggangu adalah musik latar yang janggal dan repetitif pada beberapa bagian. Musik latar atau scorring yang dihadirkan terasa seperti sample musik instrumental yang bisa didapatkan secara gratis di platform stock instrumental music bebas hak cipta atau sejenisnya. Disematkan pada setiap bagian untuk membangun emosi, tapi jatuhnya malah norak dan merusak suasana.

Film superhero selalu mengandalkan CGI untuk memperlihatkan kekuatan super yang dramatis. Freaks juga tak lepas dari CGI untuk mendukung produksi film ini. Ada beberapa bagian dimana CGI dieksekusi dengan bagus, salah satu efek yang terlihat paling sempurna adalah kekuatan super pada Elmar sebagai Electro Man. Namun sepertinya tim produksi memfokuskan budget pada CGI listrik tersebut. Karena pada adegan lain yang membutuhkan efek visual “disembunyikan” dengan cara dipotong atau tidak diperlihatkan prosesnya, kita sebagai penonton akan langsung terima beres saja.

Contohnya adegan Wendy menghabisi sekumpulan pria di kamar mandi. Kita hanya akan mendengar suara keributan dan pintu yang bergetar. Kemudian pintu terbuka dan kita akan melihat semua pria sudah K.O dengan posisi yang canggung.

Freaks – You’re One of Us merupakan film superhero yang tanggung, baik dalam produksi hingga penulisan cerita. Kita masih menunggu materi film superhero tanpa franchies besar atau nilai komersil yang tinggi. Bagaimana genre ini bisa berkembang ke sisi drama yang unik dan original. Misalnya seperti semesta M. Night Shyamalan dengan Unbreakable-nya, hingga Hancock (2004) yang dibintangi oleh Will Smith. Sayangnya bahkan film-film tersebut juga belum berhasil menyuguhkan materi film yang sempurna.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect