Connect with us
Photo: Dave J Hogan/Getty Images

Music

Ed Sheeran: Bad Habits Single Review

Track electro dance yang kehilangan kisah dan nada catchy dari Ed Sheeran.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Ed Sheeran merupakan salah satu musisi pop dengan ciri khas dan hits catchy di tengah lautan industri musik mainstream. Puluhan bahkan ratusan lagu pop terbaru tak pernah berhenti rilis, namun hanya beberapa yang bisa “nyangkut” di telinga kita, salah satunya hits-hits dari Ed Sheeran. Mulai dari “Don’t”, “Shape of You”, hingga track ballad seperti “Thinking Out Loud”. Musisi asal Inggris ini memiliki keajaiban dalam menciptakan nada pop yang catchy meski hanya dengan base instrumen gitar akustik.

Semenjak projek “No. 6 Collaborations Project” pada 2019 lalu, Ed Sheeran tampaknya semakin berani mengeksplorasi genre musik dalam karya-karya terbarunya. Baru-baru ini juga Ia telah melahirkan lagu baru bersama band J-Rock, ONE OK ROCK pada single “Renegades”. Hingga akhirnya, pada 25 Juni 2021 Ed Sheeran bangkit sebagai vampir berjas merah jambu dengan single terbaru, “Bad Habits”.

“Bad Habits” menyuguhkan warna dan rasa yang baru dari Ed Sheeran sejak note pertama dimainkan. Track terbaru satu ini memeluk genre electro dance dengan komposisi yang repetitive, seperti lagu pop-EDM pada umumnya. Sesuatu yang baru dari Ed Sheeran, namun tidak baru bagi industri musik mainstream. Memasuki bagian chorus yang seharusnya menjadi penantian kita akan hook spesial dari musisi ini, kita tidak akan mendapat apa-apa kecuali beat electro yang sudah ketinggalan zaman.

Kualitas vokal Ed Sheeran juga terdengar diberi layer agar melebur sempurna dengan musik electro. Teknik yang cukup berhasil, dimana vokal yang komposisi jadi tidak kontras dengan musik yang hampir sepenuhnya electronic-based. Namun, secara keseluruhan, “Bad Habits” terasa seperti track yang “aman”. It could be catchy at some point, namun track seperti ini tidak akan menjadi hits yang remarkable dalam discography Ed Sheeran.

Dalam segi lirik “Bad Habits” juga tidak menghadirkan lirik puitis dan berkesan, atau setidaknya menyenangkan untuk dikutip. Hanya sebuah kisah tentang seseorang yang selalu berakhir dengan kesalahan yang sama setiap saat. Membuat track ini terasa semakin hambar.

Secara keseluruhan, “Bad Habits” boleh memiliki kemasan yang eksentrik, sisi lain dari Ed Sheeran. Terutama karena visual yang ditampilkan melalui video klip musiknya. Namun pada akhirnya, “Bad Habits” tak berhasil memikat pendengar seperti hits catchy lainnya dalam discography Ed Sheeran.

Click to comment

Kebangkitan Semangat Pop Punk 2000an pada Musisi Perempuan Terkini

Entertainment

Hivi Hivi

Hubungan Istimewa HIVI! Bersama Penggemarnya Melalui Musik

Music

Black Country, New Road Black Country, New Road

Black Country, New Road: Concorde Single Review

Music

Hindia Hindia

Spektrum Lain dari Sosok Baskara Putra sebagai Hindia

Music

Advertisement
Connect