Connect with us
Drive feat. Pusakata: Djiwa Moeda

Music

Drive feat. Pusakata: Djiwa Moeda Single Review

Kolaborasi Drive dan Pusakata dengan pesan positif untuk memberikan semangat.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

15 tahun eksis di industri musik Indonesia, Drive kembali meluncurkan project musik terbaru dengan Pusakata dalam sebuah single bertajuk “Djiwa Moeda”. Sempat vakum dan berganti member, Drive kini masih bertahan dengan formasi Rizki pada vokal, Budi pada gitar, dan Dygo pada bass.

Djiwa Moeda diciptakan oleh Budi dan Dygo, mulai dari penulisan lirik hingga komposisi musik. Ide untuk berkolaborasi dengan Pusakata merupakan inisiatif dari Budi, “Lagu ini kayaknya lebih cocok kalo gue ajak salah satu orang yang memiliki keunikan dalam bermusik. Kebetulan gue lagi banyak kerjasama dengan Muhammad Istiqomah atau Is, atau yang sekarang dikenal dengan nama Pusakata. Gue ajak Is, bukan hanya bernyanyi, tapi karena dia juga seorang gitaris”.

Perpaduan keduanya memang cocok karena sama-sama menganut genre musik Rock. Drive memiliki warna musik Rock yang cenderung Alternatif dan Pop, sementara Pusakata memiliki referensi musik Rock Progressive hingga Metal serta warna vokal serak yang khas. Kolaborasi ini pun menghasilkan musik Rock yang fun dengan lirik yang memberikan pesan semangat bagi pendengarnya.

Dalam segi musik, Drive memiliki pesan untuk disampaikan, “Lagu ini bercerita bahwa semua orang itu harus menjaga semangatnya untuk bisa hidup dengan energi yang baik, dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan semangat jiwa muda, yang fresh, kita bisa kreatif terus dalam menjalani hidup dan tidak cengeng dalam menghadapi masalah”, ungkap Dygo tentang lagu Djiwa Moeda.

Aransemen musik yang dihadirkan memang memperdengarkan komposisi Rock yang bersemangat dan memberikan energi positif dari setiap chord yang dipilih. Lagu dibuka dengan dua instrumen gitar dengan efek berbeda, akustik dan distorsi ala Rock. Kemudian disusul dengan instrumen drum dan bass yang semakin meningkatkan mood musik. Mendekati akhir lagu, note musik dinaikan satu bar dengan ketukan musik yang lebih kencang dan padat untuk memberikan klimaks.

“Mudah-mudahan orang-orang yang mendengarkan lagu ini bisa memiliki perasaan yang sama saat mendengarkannya. Untuk selalu memiliki semangat besar dalam hidup, meskipun umur terus bertambah. Semoga semua orang bisa ingat lagi kalo kita masih bisa bersenang-senang walaupun sudah tua”, ungkap Rizki.

Komposisi musik yang dibawakan memiliki flow yang enak untuk didengarkan dan berhasil menghadirkan alunan musik yang memberikan semangat bagi pendengarnya. Hal tersebut membuat project kolaborasi Drive dengan Pusakata melalui Djiwa Moeda berhasil mengeksekusi pesan yang ingin disampaikan dalam segi lirik maupun musikalitas.

Click to comment

Leave a Comment

Advertisement
Cultura Podcast
Connect