Connect with us
Dipha Barus feat Cade
Photo via Press

Music

Dipha Barus & CADE: Down Single Review

Kolaborasi Dipha Barus bersama musisi Amerika Serikat, Cade Larson.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Down” merupakan single terbaru Dipha Barus yang berkolaborasi dengan musisi R&B Amerika Serikat, CADE. Dipha memiliki ide kolaborasi ini ketika CADE sedang berada di Jakarta untuk tampil di We The Fest 2019. Namun, proses produksi musik baru bisa mereka realisasikan ketika kembali bertemu di Ultra Music Studio, Los Angeles.

“Ide musiknya muncul saat gue sedang long trip di California highway, lalu gue membuat musiknya saat menginap di Joshua Tree”, ungkap Dipha tentang inspirasi dan awal pengerjaan track ini. “Down” memiliki cinematic memories tentang Pacific Coast Highway, padang gurun Joshua Tree dan Californian sky. Tanpa membuang waktu lagi, sihir studio pun terjadi keesokan harinya karena Dipha dan CADE langsung melakukan proses rekaman.

Dipha Barus & CADE - Down

Dipha Barus & CADE – Down

Mendengarkan track Dance terbaru Dipha Barus ini memang akan memberikan atmosphere perjalanan di Los Angeles Highway yang bebas hambatan di musim panas. Tempo yang diaplikasikan cukup up beat namun dengan komposisi House Music yang terasa smooth. Dipha menyatakan bahwa Ia menyisipkan kembali frekuensi bunyi-bunyian tradisional Indonesia untuk membentuk karakteristik suara dan aransemen dasar lagunya. Namun, karakteristik tersebut tidak terlalu menonjol dalam track “Down” jika dibandingkan dengan track-nya yang kental dengan nuansa etnik seperti “No One Can Stop Us”.

“Down” justru terdengar sangat Internasional dan kental dengan nuansa Summer House track. Komposisi track terdengar minimalis dan tidak mengandung banyak pergantian tempo maupun transisi pola aransemen. Sudah menjadi ciri khas dari Dipha Barus untuk meracik aransemen musik House yang sederhana namun menghasilkan akselerasi melodi yang bertahap hingga mencapai banger yang mantap. Ketukan tempo yang stabil dari awal hingga akhir lagu dengan chorus yang catchy kembali menciptakan track Deep House yang (lagi-lagi) adiktif dari DJ satu ini.

Sementara warna suara dan vokal dari directing yang dibawakan oleh CADE memberikan sentuhan R&B yang elegan untuk lagu ini. Dalam segi lirik, “Down” memiliki makna tentang sudut pandang dalam memanfaatkan waktu di masa yang penuh batasan ini. ‘Down’ adalah lagu tentang living in the moment dengan orang yang paling kita sayangi dan tidak terlalu mengkhawatirkan akan hal yang sedang terjadi di masa depan. Simple as lemonade”, ungkap CADE tentang makna lirik track ini.

Dipha Barus dan CADE berharap, lagu ini bisa menghantarkan senyuman dan kebahagiaan kepada semua orang saat sedang melalui sebuah pengalaman yang penuh tekanan di situasi pandemi ini.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect