Connect with us
Darimars: Temaram Single Review
Darimars

Music

Darimars: Temaram Single Review

Single kedua Darimars masih dengan musik Alternatif dan lirik yang puitis.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Darimars telah merilis single terbaru mereka yang berjudul “Temaram” pada 9 Januari 2020. Lagu ini menjadi langkah awal menuju rencana perilisan album debut mereka pada tahun ini.

Melalui single terbaru ini, Darimars menampilkan konsistensi dalam memilih genre musik, yaitu Rock Alternatif. Temaram dibuka dengan melodi gitar dengan efek yang menimbulkan ambience dan musik latar yang megah. Berpadu dengan rhythm gitar dengan efek distorsi yang lebih keras, serta bass dan drum yang memberi volume pada lagu ini.

Melodi gitar dalam “Temaram” merupakan salah satu elemen yang paling menonjol dalam aransemen musik. Terdiri dari beberapa pilihan chord dasar, dipadukan dengan petikan melodi yang meliuk-liuk sepanjang lagu.

Dalam segi penulisan lirik, Darimars pandai merangkai kalimat Indonesia baku menjadi bait-bait puitis. Gaya penulisan ini juga merupakan ciri khas yang telah dipertahankan oleh band ini sejak merilis single sebelumnya.

Kata ‘temaram’ sendiri memiliki makna keadaan yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap, bermakna sama dengan kata ‘remang-remang’. “Temaram” merupakan sebuah perenungan seseorang yang merasakan disharmoni menjelang pergantian waktu dalam hari.

Melalui lirik ‘sang surya bersiap tuk sembunyi, cahaya pun mulai remang, taram temaram, tlah pergi terang’, Darimars mendeskripsikan suasana senja dengan bahasa yang puitis.

Ada dua emosi yang terkandung dalam lagu ini; lelah dan optimisme baru. Menjelang senja, ketika kegiatan sebagian orang mulai berakhir, kelelahan dan amarah bisa kita bebaskan secara maksimal. Lelah merupakan hal yang wajar, namun, melalui “Temaram” kita diajak untuk tetap berpikir positif dan optimis dalam menyambut hari esok.

Emosi ini juga disampaikan melalui aransemen musik yang mengalami pergantian pola pada beberapa bagian. Dimulai dengan musik yang lembut pada bagi verse dan hook, emosi dengan distorsi gitar yang keras ditonjolkan sebelum memasuki chorus.

“Temaram” bisa menjadi pacuan yang berkualitas untuk standar karya-karya Darimars selanjutnya untuk album debut mereka.

Darimars beranggotakan Agusalim Luckman, Dion Dewantara, Rizky “Kipong”, Angga “Ito, dan Gerson Febrano. Band yang sudah terbentuk sejak tahun 2018 ini telah merilis single debut mereka sebelumnya, “Literasi”, yang berkolaborasi dengan Ghina Salsabila dari The Adams.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect