Connect with us
CL: “+DONE161201+” dan “+REWIND170205+” Double Single Review

Music

CL: +DONE161201+ & +REWIND170205+ Double Single Review

CL berhasil membawa sisi lain dirinya selain image sebagai baddest female yang erat selama berada di YG Entertainment.

The baddest female is back! Walau pun untuk grand comeback setelah 4 tahun sebagai soloist, CL justru tak memperlihatkan sisi “baddest female” seperti sebelumnya. Well, rilisan kali ini pun menjadi “debut” solo setelah CL meninggalkan agensi YG Entertainment yang membesarkan namanya pada bulan lalu. Sehingga tak mengherankan ia menjajal rute lain dari image yang sudah dimiliki.

Meluncurnya dua single, “+DONE161201+” dan “+REWIND170205+,” menjadi penanda kembalinya CL ke industri musik. Rilisan terakhirnya pada 2015 lalu, “Hello Bitches,” sekaligus menjadi debut sebagai soloist. Setelah bertahun-tahun nyaris vakum dari industri musik di Korea Selatan, senang rasanya melihat rilisan baru dari CL. Terutama karena dua single ini merupakan rilisan pertama dari seri single yang akan diluncurkan sang penyanyi ternama untuk album “In The Name Of Love.” So, right, we have a lot to anticipate from CL.

Lalu bagaimana dengan dua single ini sendiri?

“+DONE161201+” dan “+REWIND170205+” memang langsung menarik perhatian dengan judul yang unik. Tanggal yang disertakan di judul ini pun rupanya merupakan tanggal saat lagu tersebut selesai digarap CL. Selain itu yang langsung menarik perhatian juga perbedaan arah musikalitas kedua single ini dari rilisan CL sebelumnya. Baik sebagai soloist atau pun saat bersama 2NE1. Kedua single ini justru nyaris tak memiliki elemen musik hip hop, genre yang sebelumnya kental dengan CL. Sebaliknya, “+DONE161201+” dan “+REWIND170205+” justru condong pada musik pop.

Track pertama, “+DONE161201+” mengusung instrumental hard vibrating synth yang sangat menarik. Tempo medium dari lagu ini mengalir manis dengan vokal bernyanyi CL yang terdengar “kasar”. Chorus dari lagu ini pun benar-benar catchy, terutama untuk hook “babo / O-e-o-e-o, I’m done with you.” Bagian ini saja rasanya akan mudah terngiang-ngiang pada pendengarnya. Walau pun setelah hook, part berikutnya justru sedikit “jatuh” dengan rap dari CL. Background musik yang mengiringi lagu ini pun menjadi pilihan menarik, mengingat liriknya cukup sentimental. Kemudian, kurangnya lonjakan emosi dari CL menjadi kekurangan tersendiri. Menjadikan sepanjang lagu ini terdengar datar. Catchy, namun tak terdengar sesuatu yang benar-benar membawa lagu ini sampai ke klimaks.

“+REWIND170205+” yang menjadi track kedua untuk minggu ini dari CL terdengar lebih to the point. Tak ada intro instrumental yang diberikan. Untungnya track ini tak terdengar se-datar “+DONE161201+”. Track ini entah bagaimana justru terdengar lebih sederhana dibandingkan “+DONE161201+” pula, walau pun tempo yang digunakan beberapa tingkat lebih tinggi. Rap dari CL untuk track ini pun lebih apik dari sebelumnya. Serta untungnya, tak membuat “+REWIND170205+” terdengar mengecewakan.

Walau pun memiliki background musik dan instrumental sedikit lebih baik dari track pertama, “+REWIND170205+” tak memiliki hook catchy seperti “+DONE161201+”. Sehingga menjadikan lagu ini justru “selewat” begitu saja. Tak meninggalkan bekas memori apapun.

Video musik dari “+DONE161201+” dan “+REWIND170205+” pun menjadi daya pikat tersendiri. “+DONE161201+” memperlihatkan para kenalan, serta artis-artis yang dekat dengan CL (Taeyang, Lee Hi, Park Bom, Minzy, Dara, dan beberapa lain yang mungkin terlewat) nampak melakukan lipsync untuk lagu ini. Editing yang digunakan menjadikan video musik terlihat dalam format telepon. Menarik dan juga unik. Selain itu, “+REWIND170205+” pun tak kalah unik dengan memperlihatkan potongan-potongan foto CL selama 10 tahun terakhir. Pesannya jelas: ‘rewind to look forward to the future.’

Secara keseluruhan, sebagai rilisan pertama, “+DONE161201+” dan “+REWIND170205+” tak mengecewakan. CL berhasil membawa sisi lain dirinya selain image sebagai baddest female yang erat selama berada di YG Entertainment. Konsep video klip dari dua single ini, serta penamaan judul tentu memberi poin tersendiri. “+DONE161201+” dan “+REWIND170205+” terbilang sukses membuat pendengar menunggu 4 track lain di album “In The Name Of Love” yang akan meluncur selama 2 pekan mendatang.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect