Connect with us
Christabel Annora
Photo via Press

Music

Christabel Annora: Perempuan-Perempuan Single Review

Lagu apresiasi untuk seluruh perempuan tangguh di Indonesia.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Tepat pada Hari Kartini tanggal 21 April 2020 kemarin, musisi Christabel Annora merilis single bertajuk “Perempuan-Perempuan”. Lagu ini diciptakan untuk segenap perempuan Indonesia apapun profesi dan peran mereka di kehidupan masing-masing.

“Idenya sendiri datang gara-gara aku sering lihat wanita-wanita hebat di sekitarku. Mamaku, adikku, teman-temanku, ibu rumah tangga yang harus kerja juga. Ada juga temanku yang punya anak dua, masih bisa sekolah lagi”, ungkap Christabel tentang inspirasi dari single terbarunya ini.

Christabel menciptakan lagu “Perempuan-Perempuan” sendirian dengan pianonya dan puisi yang ia tulis sendiri. Awalnya Christabel merekam demo lagu ini sendirian di kamarnya hanya dengan piano dan gadget seadanya. Hingga akhirnya demo di bawah ke dapur rekaman untuk mixing dan mastering yang lebih profesional sebagai lagu yang dirilis ke publik.

Christabel Annora: Perempuan-Perempuan Single Review

Dalam segi lirik single ini mudah dipahami. Kesederhanaan konsep lirik dibalut dengan bahasa puitis bagai karya sastra. Meski memiliki lirik yang sederhana, namun kesederhanaan tersebut terdengar realistis.

“Perempuan-perempuan di stasiun kota / berusaha tetap terjaga di tengah hiruk pikuk kota / bertahan menembus panas terik / untuk buah hati menunggunya pulang”

Perempuan-Perempuan memiliki aransemen musik dengan genre yang diklaim oleh musisinya sendiri sebagai lagu Jazz Pop. Namun, sebetulnya lagu ini sangat kental dengan genre Klasik. Tak hanya memberikan makna pada lirik, komposisi piano yang dihadirkan juga memiliki esensi sebagai sebuah komposisi piano Klasik. Ada dinamika tempo dan pola chord piano yang masukan dalam aransemennya.

Diawali dengan tempo yang cukup up beat dengan dentingan yang playful, kemudian masuk ke bagian lirik dengan iringan musik yang lebih lembut. Dalam pertengahan lagu terdapat bagian instrumental dimana kita bisa mendengar aransemen piano yang cukup teknikal ala komposisi klasik. Lagu juga ditutup dengan komposisi chord yang dinamis. Dibawakan dengan warna vokal sopran dari Christabel Annora, keseluruhan konsep dari lagu “Perempuan-Perempuan” pun menjadi solid.

Secara keseluruhan, “Perempuan-Perempuan” merupakan lagu yang terdengar sederhana, namun digarap secara maksimal pada setiap aspeknya. Mulai dari pesan yang ingin disampaikan pada liriknya, komposisi piano Klasik yang playful dan dinamis, begitu juga dengan suara Christabel Annora yang berkarakter.

Christabel Annora adalah seorang pianis, penyanyi, dan penulis lagu asal Malang yang telah merilis beberapa karya. Mulai dari Talking Days (2016), Late December EP (2018), dan Dari Jauh (2019). Ia juga telah berkolaborasi dengan beberapa musisi populer lokal dalam berbagai proyek musikal mulai dari Silampukau, Payung Teduh, dan Slank.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect