Connect with us
BUZZ: Tanah Semburat Single Review
Photo via Press

Music

BUZZ: Tanah Semburat Single Review

Merespon kesemrawutan sekitar melalui musik Grunge.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Lama mendekam di studio, BUZZ akhirnya kembali merilis single terbaru bertajuk “Tanah Semburat” pada 13 Mei 2020 lalu. Lagu ini terinspirasi dari situasi di sekitar kita yang sedah rusuh dan kacau. Tak hanya karena pandemi COVID-19 yang belum berakhir, lagu ini juga sekalian meresponi berbagai masalah yang sedang marak. Mulai dari kondisi ekonomi negara yang stagnan, meningkatnya tindak kriminal, hingga kekacauan yang terjadi di dunia maya.

Berbagai keresahan yang dirasakan oleh setiap member BUZZ pun disalurkan menjadi sebuah karya lagu Rock Grunge Tanah Semburat. Tak hanya melalui lirik lagu, musik Grunge yang raw dan kasar dijadikan statement dalam mengkomposisi track ini. Segala proses kreatif mulai dari penulisan hingga rekaman dilakukan di kamar Naufal, gitaris BUZZ. Setelah melalui berbagai macam revisi aransemen musik, track ini kemudian mengalami mixing dan mastering oleh Rizqiany.

“Tanah Semburat” memiliki aransemen musik yang masih mempertahankan genre Grunge BUZZ pada single pertama mereka, “Berdosa” pada 2018 silam. Jika dibandingkan dengan single pertama, “Tanah Semburat” tidak terlalu raw dan sekeras single pertama, namun lebih catchy dan memiliki intro yang sudah mengandung ‘bangger’ pada track Grunge ini. Dibuka dengan instrumen bass dengan drum yang berat tegas. Kemudian disambut dengan melodi gitar dengan distorsi yang berpadu dengan bassline.

Pemilihan chord masih termasuk monoton, membuat mood beringas yang hendak disampaikan hanya pada awal lagu, kebelangannya terdengar datar tanpa ada “kejutan”. Misalnya dengan memberikan porsi solo gitar atau bahkan solo bass. Dinamika tempo yang dihadirkan juga sebetulnya bisa diatur dengan flow yang lebih enak lagi. Meski mengklaim sebagai track grunge yang raw dan kotor, flow lagu harus tetap rapih untuk mempertahankan mood yang telah disulut pada awal lagu.

Dari segi visual, Tanah Semburat menyertakan kolaborasi dengan PUCATPENA untuk artwork dan DOGMOTHER untuk video klip lirik animasinya.

BUZZ merupakan band Rock Grunge asal Malang dengan formasi personel; Naufal pada gitar, Tomo pada bass dan Uzed pada drum. “Tanah Semburat” rencananya akan dimasukan pada tracklist album pertama mereka dengan single “Berdosa” yang akan dirilis tahun ini. Kita nantikan saja karya dan kabar terbaru dari BUZZ.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect