Connect with us
BTS Suga: Shadow Album Trailer Review

Music

BTS Suga: Shadow Album Trailer Review

Suga nge-rap tentang mimpi dan frustasi menghadapi ketenaran.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Pada akhir 2019 lalu, BTS telah mengumumkan rencana come back mereka pada awal tahun ini. Tak perlu menanti lama, berita tersebut segera digenapi dengan rilisnya trailer dari “Map of The Soul: 7” dengan track hip-hop rap, “Shadow” yang dibawakan oleh Suga. Trailer ini telah dirilis pada 9 Januari 2019 kemarin.

Sudah menjadi tradisi bagi BTS untuk merilis mini track dari salah satu personil sebagai pemanasan come back mereka. Suga membawakan musik hip hop dengan rap dan vokal pada bagian chorus yang memperlihatkan sisi garang dari rapper dalam boy group tersebut.

Tak sekedar trailer biasa, “Shadow” mengandung berbagai pesan dari segi penulisan lirik hingga tampilan visual video klip-nya.

Dalam bait pertama, lirik berbunyi ‘I wanna be a rap star, I wanna be the top, …’ dan berbagai mimpi lain yang untuk memiliki segalanya. Namun, pada bagian chorus, lirik mengungkapkan hal yang bertolak belakang yaitu ‘Don’t let me shine, don’t let me down, don’t let me fly, I’m afraid now’.

Lagu ini menggambar dua sisi dalam diri seseorang yang memiliki mimpi, namun setelah semua hal itu tercapai, kesuksesan dan ketenaran yang diperoleh memiliki “efek samping” yang memuakan.

Sementara secara visual, ada bagian dimana Suga tampil di atas panggung. Ia tampil sebagai seorang penyanyi terkenal dengan para penonton yang mengarahkan kamera pada dirinya.

Ketika dirinya turun panggung dan bergabung dengan kerumunan tersebut, mereka semakin menggila dan tidak berhenti mengarahkan kamera ke arahnya.

Hal ini bisa kita artikan dengan bagaimana kesuksesan BTS juga memberikan tekanan pada kehidupan pribadi mereka. Seperti yang kita ketahui, BTS sempat hiatus beberapa bulan dan mendapatkan waktu luang untuk berlibur dan beristirahat. Namun, hal tersebut tidak berarti mereka lantas lepas dari kejaran para penggemar maupun paparazi yang haus berita akan kehidupan personal mereka.

Kemana pun mereka pergi seakan ada “mata-mata” yang selalu mengikuti mereka. Kurang lebih pesan itu bisa kita dapatkan melalui lirik dan konsep video klip track “Shadow”.

Untuk aransemen musiknya, BTS tampaknya sudah meninggalkan era ‘good boys’ mereka yang bisa kita lihat pada single “Boy With Luv”. “Shadow” memiliki beberapa aransemen musik yang berbeda dalam satu track. Lagu dibuka dengan irama alternatif yang lembut hingga pertengahan lagu, sebelum mengalami perubahan musik yang tajam namun dengan transisi lembut dengan aransemen hip hop trap yang berat.

Hingga akhirnya tempo semakin up beat mendekati akhir lagu dipadukan dengan rap Suga yang semakin cepat dan padat.

Secara keseluruhan, “Shadow” sebagai trailer dari “Map of The Soul: 7” ini dibuka dengan tema yang dark dan aransemen musik yang lebih maskulin dengan nuansa hip-hop yang berat. Apakah konsep ini akan dibawa terus hingga perilisan single utama dan album terbaru? Kita nantikan saja album “Map of The Soul: 7” yang akan rilis pada 21 Februari 2020 mendatang.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect