Connect with us
Blue Lock Season 1

TV

Blue Lock Season 1 Review:  Olahraga Penuh Kegilaan

Tampilkan kisah olahraga seru dengan twist menarik.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Anime yang mengusung tema olahraga saat ini sangat jarang ditemui, salah satu alasannya karena minim popularitas dari judul-judul dengan fokus pada olahraga tersebut. Walau sempat dihebohkan dengan hadirnya ‘Kuroko’s Basketball’, hingga remake dari ‘Captain Tsubasa’, tak lantas membuat penonton tertarik untuk menikmati seri sports anime secara keseluruhan. Untuk membuat genre tersebut lebih segar, muncul ‘Blue Lock Season 1’ dengan keunikan dibanding anime serupa lainnya.

‘Blue Lock Season 1’ adalah sports anime produksi studio Eight Bit yang merupakan adaptasi dari manga berjudul sama karya Muneyuki Kaneshiro dan Yusuke Nomura. Membawa Kazuki Ura, Tasuku Kaito, Yuki Ono, hingga Hiroshi Kamiya sebagai seiyuu dari para karakternya, anime ini berpusat pada kisah Yoichi Isagi yang mendambakan dirinya menjadi striker terbaik di dunia. Impian ini menjadi semakin menantang kala dirinya masuk ke program Blue Lock yang digawangi oleh Jinpachi Ego bersama dengan beberapa striker Jepang muda lainnya.

Blue Lock Season 1

Seperti berbagai anime bertema sports lain, animasi Jepang ini berfokus pada main character dengan karakteristik cerita from zero to hero. Tak hanya itu, latar kisahnya seputar remaja menjadi yang terbaik juga tak berbeda dengan animasi shonen olahraga pada umumnya. Akan tetapi, ‘Blue Lock Season 1’ tak membawa teamwork sebagai pusat dari kisahnya, membuatnya berbeda dengan anime bertema olahraga yang sudah beredar hingga kini.

Tema besar dari ‘Blue Lock Season 1’ adalah bagaimana striker terbaik adalah sosok yang sangat egois di lapangan. Hal tersebut dipertegas pula dengan konsep program Blue Lock yang mencari satu penyerang terbaik di antara 300 kontestannya, membuatnya berlatar bak battle royale dengan kemasan sepakbola di dalamnya.

Tema ini juga didukung dengan ragam twist mengenai olahraga tersebut, seperti mengenai sepakbola lebih mengenai siapa pencetak gol lebih banyak dari lawan dan didukung dengan representasi yang tergolong sinting membuatnya terlihat out of the box. Walau diusung dengan twist yang tampak gila, representasi utamanya masih terasa masuk akal dan menjadikannya sangat menarik seiring pemutarannya.

Blue Lock Season 1

Seperti ‘Captain Tsubasa’, musim pertama dari anime ‘Blue Lock’ tetap dihujani dengan berbagai efek spesial dalam mengemas momen-momen terbaik sepakbolanya. Akan tetapi, alih-alih terasa magis, anime olahraga ini membawa beragam scene dari sepakbola melalui perspektif bernuansa kelam pada para karakternya. Ini pula yang menjadi penggerak berkembangnya berbagai karakter dalam anime ini, terutama Yoichi Isagi dengan perubahan paling kentara di setiap ilmu baru seiring siaran animasinya.

Tipikal berbagai anime bertema sports lain, muncul deretan karakter menarik sebagai pendukung kisah dalam ‘Blue Lock Season 1’. Bachira yang merasa memiliki monster di sisinya, Kunigami dengan ambisinya menjadi soccer hero, sampai Chigiri yang memiliki trauma dalam sepakbola membuat cerita Isagi semakin menarik. Tak hanya itu, hadirnya adversary seperti Rin Itoshi, Seishiro Nagi, hingga Shoei Barou juga membuat dunia dalam anime ini semakin hidup.

Sebagai anime bertema sepakbola, ‘Blue Lock Season 1’ juga menyelipkan homage melalui olahraga populer tersebut. Munculnya easter egg dari berbagai pesepakbola ternama membuat adaptasi dari manga ini tampak coexist dengan realitas penonton saat ini.

Tak hanya itu, berbagai momen dan skill yang ditampilkan oleh para karakternya seakan menjadi alternate version dari berbagai striker dunia populer, menegaskan bahwa sang kreator tampak mencintai olahraga ini dan membuat penonton dapat menaruh ketertarikan dari perspektif baru pada sepakbola.

Sajian teknis dari Eight Bit terhadap musim pertama anime ‘Blue Lock’ ini juga tak bisa dipandang sebelah mata. Tampilnya visual yang sangat cerah dengan dark shades dan aura ragam warna membuatnya memanjakan mata penonton, walau memang pada beberapa bagian terdapat penggunaan 3D CGI yang masih tampak tidak blend-in dengan adegannya. Selain itu, scoring yang bertema rock juga berhasil menegaskan aksi seru seiring deretan episodenya.

Akhir kata, ‘Blue Lock Season 1’ sejatinya merupakan anime bertema sports yang akan memanjakan penonton dengan berbagai adegan sepakbolanya. Akan tetapi, perspektif kelam ala battle royale yang tetap terasa masuk akal membuat anime ini memiliki daya tariknya sendiri.

Film & Serial Terbaru Juni 2023

Cultura Lists

Maniac Maniac

Maniac Review: Angkat Isu Kesehatan Mental dalam Latar Fiksi Ilmiah Imajinatif

TV

10 Rekomendasi K-Drama Seperti The Glory 10 Rekomendasi K-Drama Seperti The Glory

10 Rekomendasi K-Drama Seperti ‘The Glory’

Cultura Lists

Queen Charlotte Queen Charlotte

Queen Charlotte Review: Kisah Cinta Terbaik dalam Semesta Bridgerton

TV

Connect
Enable Notifications OK No thanks