Connect with us
Biru Baru Band

Music

Biru Baru: And/End Single Review

Masih membawakan musik Ethnic Art Pop yang menenangkan.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“And/End” merupakan single terbaru dari Biru Baru yang rilis pada 31 Januari 2020 lalu. Biru Baru merupakan duo grup musik yang terdiri dari Goldan Tambayong dan Talitha Belinda Esmeralda.

Telah terbentuk mulai tahun 2018, sebelumnya Biru Baru telah merilis single-single lainnya, mulai dari “Coming Back to You”, “Edelweiss”, “Maple”, dan “Pink Jeans”.

Melalui single “And/End”, Biru Baru berkolaborasi kembali dengan musisi Ama Dea. Sebelumnya mereka telah berkolaborasi dalam single “Maple”. Di bawah naungan berlin Records, Biru Baru tampil dengan warna musik Art Pop dengan sentuhan Ethnic yang masih dipertahankan.

“And/End” memiliki aransemen yang kental dengan unsur techno dan Lo-fi yang terdengar bening. Ada beberapa unsur suara etnik yang menjadi hiasan dalam berbagai transisi pada tiap baitnya.

Elemen etnik dalam lagu “And/End” cukup menonjol dan menjadi statement yang cukup kuat dalam keseluruhan aransemen musik. Unsur etnik yang dimasukan terdengar seperti instrumen gamelan Indonesia namun terdengar lebih minimalis dan lembut. Unsur tradisional yang dimasukan tetap terdengar universal, fresh, dan hip karena dipadukan dengan musik techno dan lirik lagu yang ditulis dalam bahasa Inggris.

“And/End” memiliki lirik yang dreamy dengan berbagai metafora unik dan indah. Setiap chord yang dipilih berhasil berpadu menciptakan melodi yang ceria namun lembut dan memancarkan energi yang positif. Lagu ini terdengar seperti lagu pengantar tidur yang menenangkan.

Mengandalkan berbagai unsur techno dan overtune dalam mengaransemen musik pengiring untuk lagu “And/End”, Baru Biru telah berhasil dalam menciptakan komposisi instrumen, mixing, dan mastering yang mulus.

Semua proses produksi dalam single ini dikerjakan sendiri oleh Goldan dan Talitha, mulai dari penulisan lirik, mixing, hingga mastering. Ama Dea tidak hanya membantu dalam proses penulisan lirik, ia juga berkontribusi dalam pembuatan single artwork dari single ini.

“And/End” merupakan buah dari kerja keras Biru Baru yang menghasilkan aransemen musik konsisten dengan genre Ethnic Art Pop. Warna musik ini bisa menjadi jati diri yang unik dari Baru Biru untuk meramaikan industri musik indie Indonesia yang tak pernah berhenti berkembang.

Click to comment

Leave a Comment

The Strokes The Strokes

The Strokes: At The Door & Bad Decisions Single Review

Music

Museum Musik Indonesia Malang Museum Musik Indonesia Malang

Museum Musik Indonesia dan Dominasi Rock di Malang

Music

The Sounds Project Vol. 5: The Sounds Project Vol. 5:

The Sounds Project Vol. 5 Dengan Tampilan Baru

Entertainment

Billie Eilish No Time To Die Billie Eilish No Time To Die

Billie Eilish: No Time To Die Single Review

Music

Advertisement
Connect