Connect with us
bebas film review
Miles FIlms

Film

Bebas Review: Memberikan Nuansa Nostalgia 90an

Film ini membuat kita tersadar arti penting dari sebuah persahabatan.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Bebas merupakan film terbaru karya sutradara Riri Riza yang baru saja tayang di minggu pertama Oktober 2019. Film ini merupakan adaptasi dari film produksi Korea berjudul Sunny. Film ini mengisahkan tentang pertemuan kembali anggota geng Bebas yang telah terpisahkan lebih dari 20 tahun.

Pada awal film kita akan dipertemukan dengan karakter Vina (Marsha Timothy) yang kini telah menjadi ibu rumah tangga. Vina hidup harmonis bersama suami dan anaknya. Di sisi lain, anggota geng Bebas yang lain Kris (Susan Bachtiar) sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Mereka dipertemukan di rumah sakit tersebut setelah Vina melihat nama yang tercantum di sebuah bucket bunga yang mengingatkannya pada masa lalunya. Vina pun memberanikan diri untuk bertemu dengan Kris.

Kris yang divonis hanya hidup 2 bulan lagi memiliki permintaan agar ia bisa dipertemukan lagi dengan anggota geng Bebas. Vina kemudian mulai mencari satu persatu teman mereka, ia pun kembali ke sekolah tersebut dan menapaki memori-memori lama tentang kehidupan masa SMA nya.

Dan flashback masa SMA pun dimulai

Awal pertemuan mereka terjadi saat Vina menjadi murid baru di SMA yang sama dengan Kris. Vina memiliki logat sunda yang kental hingga ia pun ditertawakan oleh teman-temannya. Vina juga memiliki nama yang unik yaitu Vina Panduwinata. SIswa-siswa pun heboh dibuatnya.

Di sekolah tersebut Vina bertemu dengan Jessica, Jojo, Suci, dan Gina. Kisah pertemanan mereka pun dimulai, Vina akhirnya diterima di geng tersebut setelah ia berhasil menakut-nakuti musuh geng Bebas yang dipimpin oleh Lila (Amanda Rawles). Semua menyadari bahwa mereka belum memiliki nama untuk gengnya, pada suatu malam, mereka membuat request di sebuah radio untuk membuatkan nama bagi geng mereka. Akhirnya penyiar radio tersebut memberi mereka nama Geng Bebas.

Vina pun berturut-turut bertemu dengan Jessica (Indy Barends), Jojo ( Baim Wong), Gina (Widi). Mereka mulai bernostalgia sembari menunggu kedatangan Suci yang menghilang tanpa kabar.

Meski dengan inti cerita sama dengan film aslinya, film Bebas berhasil membuat sisipan cerita yang sedikit berbeda. Mungkin, ini memang tujuan dari film agar nuansa nostalgia-nya begitu terasa. Misalnya saja dengan gaya bahasa yang populer saat itu serta merk sepatu yang memang terkenal saat itu. Hal seperti inilah yang menggelitik kita dan juga memberikan rasa rindu pada masa lalu.

Selingan musik tahun 90an tetap bisa masuk dalam film ini. “Bebas” didukung oleh karakter-karakter muda bertalenta yang bisa memberikan akting natural, seperti Maizura yang berperan sebagai Vina, Sheryl Sheinafia (Kris), Agatha Pricilla (Jessica), Lutesha (Suci), Zulfa Maharani (Gina), dan Baskara Mahendra (Jojo).

Selain memberikan kisah hidup yang menyentuh, film ini pun akan membuat kita tersadar arti penting dari sebuah persahabatan. Mungkin, untuk generasi yang lahir pada tahun 2000an nostalgia film ini tidak begitu terasa, namun jalan cerita yang menarik membuat film ini bisa menjadi hiburan ditengah nuansa kelabu yang diberikan oleh film Joker.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect