Connect with us
Aurora: Exist For Love Single Review

Music

Aurora: Exist For Love Single Review

Sisi manis Aurora membawakan lagu romantis.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Exist For Love merupakan single terbaru dari musisi eksentrik asal Norwegia, Aurora. Ia sempat melakukan live streaming dalam perilisan single terbarunya ini pada 14 Mei kemarin. “Exist For Love” diakui Aurora sebagai lagu cinta pertama yang pernah Ia tulis.

Sebelumnya kita lebih sering melihat musisi 23 tahun ini membawakan lagu tentang perubahan iklim yang garang pada lagu “The Seed”, hingga video klip dimana ia berlumuran darah untuk lagu “Apple Tree” pada 2019 lalu. Kali ini, Aurora menyatakan bahwa dirinya telah siap memulai era baru untuk mengeksplorasi materi cinta yang bersifat romantis.

“Exist For Love” menghadirkan warna musik dan aransemen yang cukup jauh berbeda dengan single-single Aurora sebelumnya. Kita akan disuguhkan lagu bernuansa Swing Jazz dari era 1920-an.

Lirik yang ditulis juga berupa syair cinta yang manis, serupa dengan ciri khas lagu romantis lawas dengan rayuan dan “bualan” yang mampu meluluhkan hati pendengarnya. Kita akan melihat sisi lain dari Aurora yang manis, yang belum pernah ia ekspos sebelumnya. Kita juga dapat merasakan ketulusan dari lagu ini karena benar-benar dikerjakan ketika ia telah siap membawakan materi ini.

“Like I was torn apart the minute I was only born / And you’re the other half / The only part that makes me whole”

Aurora menyanyikan “Exist For Love” dengan suara khasnya yang dreamy dan lembut, dibawakan dengan dinamika nada yang meliuk-liuk indah. Musisi satu ini memang sudah terkenal dengan range vokalnya yang menakjubkan.

Dalam lagu ini, Aurora menampilkan perpindahan berbagai nada tinggi dan rendah yang sulit, namun bisa terdengar indah dan effortless bagi Aurora. Kita tak pernah menyangkah bahwa suara khas Aurora yang melekat dengan musik Folk juga bisa sangat cocok dialuni dengan musik Jazz 1920-an.

Sementara aransemen musik diawali dengan instrumen gitar akustik yang lembut dengan chord sederhana dan repetitive. Alunan gitar yang syahdu kemudian diakselerasi dengan instrumen string, lalu ditambah kendang dengan tempo lembut yang dipertahankan hingga akhir lagu.

Sebetulnya aransemen musik yang dihadirkan tidak sekompleks lagu-lagu Aurora sebelumnya, kekuatan terbesar dari lagu ini adalah emosi yang ingin disampaikan oleh Aurora dan kualitas vokalnya yang semakin meningkat.

Inspirasi terbesar Aurora dalam menciptakan sebuah lagu adalah alam semesta dan manusia yang tinggal di dalamnya. Bagi Aurora, cinta merupakan salah satu hal yang membuat kita menjadi manusia seutuhnya. Sudah menjadi sebuah dorong alami bagi setiap manusia untuk saling mencintai.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect