Connect with us
Adele Easy On Me
Photograph by Simon Emmett

Music

Adele: Easy On Me Single Review

Bukan hits yang kembali dengan “ledakan”, namun Adele punya pesan untuk diungkapkan.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Setelah penantian selama 5 tahun, Adele akhirnya merilis single terbaru bertajuk “Easy On Me”. Lagu ini menjadi babak baru untuk album “30” yang disebut sebagai ‘divorce album’ dari penyanyi berdarah Inggris ini.

2019 lalu, Adele akhirnya bercerai, dengan satu anak laki-laki dari pernikahan tersebut. “Easy On Me” menjadi lagu dimana Adele hendak menjelaskan perasaan pada mantan suami dan anaknya. Bagaimana Ia telah berusaha yang terbaik, memiliki niat yang baik, namun Ia harus mengutamakan kebebasan batinnya.

“Easy On Me” memiliki aransemen pop ballad yang lembut dengan tempo sedang. Komposisi lebih didominasi dengan instrumen piano, kemudian disambut dengan bass untuk menambah layer ketika memasuki chorus. Secara bertahap, layer musik ditambah, merupakan formula yang cukup sederhana dan klasik untuk sebuah track ballad.

Kesederhanaan aransemen musiknya, “Easy On Me” merupakan lagu yang lebih menonjolkan kualitas vokal Adele, suara yang telah kita rindukan selama bertahun-tahun. Dengan chorus ‘Go e-e-e-e-e-easy on me, baby’ yang dinyanyikan secara meliuk-liuk. Dibawakan dengan beberapa variasi berbeda yang mengunggulkan kemampuan bernyanyi sang diva setelah vakum cukup lama dari dunia yang membesarkan namanya.

Dengan komposisi yang terbilang minimalis secara keseluruhan, “Easy On Me” bisa jadi salah satu lagu terbaru Adele yang kedepannya bisa ditampilkan dengan berbagai gubahan atau improvisasi vokal memukau ketika dibawakan secara live.

Mengubah kisah cinta sebagai materi musik sudah menjadi ciri khas kuat dari Adele. Lagu tentang patah hati atau kerapuhan dalam cinta tak dipungkiri lebih laris di pasaran ketimbang lagu-lagu yang merayakan cinta. “Easy On Me” menampilkan formula klasik dari Adele. Merupakan lagu baru, namun terasa sangat familiar, terutama bagi para penggemar setia Adele.

Melalui “Easy On Me”, Adele tampaknya tidak ingin membuat hits baru, namun Ia memiliki sesuatu untuk dikatakan. Apa yang ingin disampaikan oleh Adele setelah bertahun-tahun menghilang? Sayangnya, beberapa tahun belakangan bukan waktu terbaik dalam hidupnya.

Sebagai seniman yang selalu menggunakan musik sebagai media terbaiknya untuk mencurahkan isi hatinya, Adele akhirnya buka mulut tentang perasaannya pasca bercerai melalui “Easy On Me”. Kemudian didukung dengan visual video klip yang mampu menangkap perasaan melankolis serta nostalgia masa muda secara sinematik dan dramatis.

“Easy On Me” bukan sebuah single terbaru yang membuat Adele kembali dengan “ledakan”, namun lebih seperti pelukan hangat bagi penggemarnya. Sesederhana pertemuan manis untuk menanyakan masing-masing kabar.

“Easy On Me” tidak sebesar “Hello”, meski keduanya cukup memiliki energi yang serupa. Namun, karena ‘Adele’ yang sedang kita bicarakan sekarang, ada banyak hal yang patut dinantikan dalam album “30” yang rilis akan pada 19 November mendatang.

Hindia Hindia

Spektrum Lain dari Sosok Baskara Putra sebagai Hindia

Music

Scaller Scaller

Scaller yang Progresif dan Tak Terikat Genre

Music

Endah N Rhesa Endah N Rhesa

Kebahagian dan Sentuhan Personal Menjadi Prioritas Endah N Rhesa

Music

White Shoes & The Couples Company White Shoes & The Couples Company

Interview: White Shoes & The Couples Company

Music

Advertisement
Connect