Connect with us
Ade Govinda feat. Fadly
Photo via Press

Music

Ade Govinda feat. Fadly: Tanpa Batas Waktu Single Review

Aransemen musik lembut dari Ade Govinda dan vokal Fadly yang memukau.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Berawal dari nada yang ditemukannya dalam mimpi, Ade Govinda mendapatkan inspirasi untuk menulis lirik lagu baru yang mengalir begitu saja dalam pikirannya saat itu. Bercerita tentang cinta, rindu, dan kesetian; ‘Tanpa Batas Waktu’ pun tercipta.

Setelah lagu tersebut jadi, pikiran Ade hanya tertuju pada seorang penyanyi besar yang dirasa cocok untuk menyanyikan lagu yang ia tulis, yaitu Fadly dari Padi.

Dengan segala upaya Ade berusaha menghubungi Fadly dan menawarkannya untuk mengisi vokal lagu milikinya. Bukan perkara yang mudah, karena Fadly belum pernah menyanyikan lagu cinta di luar band-nya, Padi dan Musikimia. Namun, penantian Ade akhirnya disambut dengan feedback positif dari Fadly yang bersedia menyanyikan lagu ‘Tanpa Batas Waktu’.

Berawal dari rekaman demo, Ade semakin yakin menemukan nyawa dan kekuatan tepat dari lagu ini setelah dinyanyikan oleh Fadly. “Belum tentu semua penyanyi bisa menyampaikan pesan dan perasaan yang sama setulus Fadly. Rasanya sayang, jika karya seindah ini hanya menjadi koleksi pribadi”, ungkap Ade. Akan ada jutaan pasang telinga yang kehilangan kesempatan untuk mendengar lagu seindah ini jika tidak dirilis. Lagu ini akhirnya dirilis di bawah label MyMusic Records.

Ade memang telah mengambil keputusan tepat dengan memilih Fadly sebagai pengisi vokal utama dalam lagunya ini. Sudah lama tak terdengar suaranya, namun dijamin kita tak akan pernah bisa melupakan warna vokal khas yang sudah menjadi signature untuk semua lagu-lagu hits dari Padi.

‘Tanpa Batas Waktu’ merupakan lagu akustik dengan nuansa melankolis, dengan aransemen yang sangat sederhana dan directing vokal yang mendayu-dayu. Kualitas vokal Fadly yang masih syahdu namun powerful, sama sekali belum berubah dan akan memberikan kesan nostalgia. Buat kita yang tumbuh besar dengan musik-musik Pop lokal 2000-an, ‘Tanpa Batas Waktu’ akan terdengar sangat familiar dengan era tersebut.

Diawali dengan instrumen gitar akustik, secara bertahap untuk menambah kekayaan komposisi musik. Mulai dari instrumen piano yang lembut, hingga instrumen string yang menambah kemegahan aransemen musik. Namun tetap, kualitas vokal dan lirik yang easy listening puitis akan membuat kita terpaku untuk menikmati lagu ini hingga akhir.

“Ini hadiah buat Ade, saya salah satu orang yang mengagumi karya-karyanya. Khusus untuk lagu ini, ini akan jadi hadiah juga buat mereka yang memiliki perasaan dan kerinduan yang sama”, ungkap Fadly soal latar belakang ia mengambil project kolaborasi ini.

‘Tanpa Batas Waktu’ akan menjadi lagu yang mewakili perasaan banyak orang dengan segala ketulusan dan kejujuran di dalamnya. Sama seperti proses lagu ini dari awal terjadinya hingga akhirnya dirilis.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect