Connect with us
7 Ide Masak Dan Bahan Praktis Untuk Stok Selama Self Quarantine
Photo via Pexels

Food & Drink

7 Ide Masak Dan Bahan Praktis Untuk Stok Selama Self Quarantine

Kehabisan ide untuk masak selama di rumah aja?

Salah satu hal paling memusingkan selama karantina mandiri di rumah adalah makanan. Di hari biasa kita bisa masak apa saja dan membeli bahannya saat itu juga. Tapi di masa pandemi seperti ini, akan sedikit sulit untuk memasak bahan makanan segar. Kita pun harus meminimalisir aktivitas di luar rumah. Walaupun dilarang melakukan panic buying ada beberapa bahan makanan yang bisa kita stok.

Berikut ini adalah beberapa ide masak praktis yang dapat diterapkan dengan bahan yang mudah dicari dan serbaguna.

Stok Kaldu

Setahun terakhir, kaldu atau broth mulai populer di komunitas masak di Indonesia. Alasannya selain karena menjadi bahan masak yang praktis, broth juga diklaim bagus untuk kecantikan kulit. Broth dianggap mengandung banyak kolagen yang dapat menjaga kekencangan kulit. Nilai gizinya yang tinggi membuat broth populer di kalangan orangtua sebagai MPASI. Broth ini juga dijual dalam kemasan toples kaca.

Dalam Bahasa Inggris, sebenarnya dikenal istilah stock dan broth. Walaupun sama-sama diartikan sebagai kaldu, bahan bakunya sedikit berbeda. Stock dibuat dari tulang misalnya tulang ayam maupun tulang sapi. Setelah dimasak berjam-jam tulang akan dibuang dan kuah akan disaring. Stock ini dapat langsung dipakai atau dibekukan kemudian digunakan di kesempatan lain.

Broth adalah kaldu yang dibuat dari daging maupun sayur. Misalnya daging ayam, daging sapi, daging ikan, wortel, bawang bombay, seledri, dan lain-lain. Nantinya daging maupun sayuran ini akan dibuang dan kuahnya disaring. Hasilnya adalah cairan warna coklat bening. Broth ini dapat dibekukan. Hasilnya berupa bongkahan kenyal yang disebut sebagai bouillon. Broth maupun stock umumnya dimasak 6 jam dalam panci atau slow cooker.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Tins (@faraleyama) on

Bagi vegan, kaldu ini dapat dibuat hanya dari sayur-sayuran saja. Broth ini akan menambahkan rasa pada makanan kita sehingga lebih kuat. Aromanya juga lebih sedap. Broth dapat divariasikan dengan beragam rempah agar rasa dan aroma yang dihasilkan lebih unik. Nantinya broth ini dapat digunakan untuk memasak sup, merebus pasta, atau membuat saus. Beberapa orang lebih suka meminumnya langsung atau memakannya seperti jeli.

Blansir Sayuran

Teknik blansir atau blanching dapat digunakan untuk mengawetkan sayuran. Cara ini dapat digunakan hampir untuk segala jenis sayuran. Blansir membuat sayur tetap renyah dan berwarna segar seperti baru dibeli. Selain itu blansir banyak digunakan dalam komunitas masak bila sayur ingin dikonsumsi dengan cukup matang dan lunak tapi tampilannya tetap cantik. Untuk melakukan blansir kita membutuhkan satu panci air panas mendidih dan satu mangkuk air beserta es batu.

Pertama sayur harus dipotong berukuran kecil-kecil. Sayur yang telah dibersihkan dan dipotong dimasukkan ke dalam air yang bergejolak di atas kompor. Waktu yang digunakan untuk memasak sayuran ini hanya butuh sebentar saja tapi tergantung juga dengan selera masing-masing. Kita bisa mencobanya dengan waktu 30 detik. Sayur langsung diangkat, ditiriskan, lalu dimasukkan ke dalam mangkuk air es. Tujuannya untuk menghentikan proses memasak.

Setelah itu sayur dapat disimpan dalam freezer. Metode ini terutama sangat cocok untuk membuat french fries ala restoran cepat saji. Kentang diblansir terlebih dahulu sebelum digoreng dalam minyak panas dengan temperatur tinggi. Kentang ini hanya digoreng sebentar saja agar tidak gosong dan tetap renyah. Tips dari melakukan blansir adalah goreng sayuran dan masukkan dalam air es dengan jumlah sedikit. Ini dilakukan untuk memastikan tiap potongnya benar-benar matang.

Bumbu Dasar 3 Warna

Ciri khas masakan Indonesia adalah ragam rempah yang digunakan untuk memasak. Bumbu kita bisa dibilang cukup kompleks. Bila pada zaman dahulu bumbu-bumbu tersebut diuleg maka kini kita menggunakan blender. Proses membuatnya jadi lebih mudah dan cepat. Tiga bumbu dasar yang dikenal adalah bumbu putih, bumbu kuning, dan bumbu merah. Bila disimpan dalam freezer bumbu dasar dapat bertahan hingga enam bulan.

7 Ide Masak Dan Bahan Praktis Untuk Stok Selama Self Quarantine

Photo by Aditya Moses from Pexels

Bumbu putih dibuat dari bawang merah, bawang putih, kemiri, dan lengkuas. Bumbu diblender dengan minyak goreng. Penggunaan air tidak direkomendasikan karena membuat bumbu lebih lama matang. Bumbu putih digunakan untuk memasak sayur lodeh, sayur bobor, semur, rawon, opor, dan gudeg. Bumbu harus ditumis terlebih dahulu sampai matang baru dicampur dengan bahan-bahan lain.

Bumbu merah dibuat dari cabai merah besar, cabai keriting, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Seperti bumbu putih, bumbu merah juga dihaluskan dengan minyak goreng. Bumbu ini sangat populer terutama karena menjadi bahan dasar balado. Misalnya balado telur, balado jengkol, dan balado terong. Selain itu bumbu merah digunakan untuk masak rendang dan sambal goreng.

Bumbu kuning dibuat dari kemiri, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, dan lengkuas. Ini adalah salah satu bumbu favorit semua orang karena digunakan untuk memasak ayam goreng. Bumbu kuning juga digunakan untuk masak soto, gulai, dan pepes. Opor juga dimasak dengan bumbu kuning selain dengan bumbu putih.

Minyak Bawang

Rahasia dari chinese food adalah minyak bawang. Kita pun bisa membuat nasi goreng atau mie goreng seenak kaki lima bila membuat minyak bawang. Bahan yang dibutuhkan hanya bawang putih dan minyak. Bawang yang digeprek dimasak di atas minyak selama 3-5 menit. Pastikan minyak tidak terlalu panas agar bawang tidak gosong. Bila gosong, minyak bisa terasa pahit.

Bawang juga bisa dicampur dengan minyak tanpa melalui pemanasan. Namun baik yang dipanaskan atau tidak, minyak bawang ini tidak boleh terkena air. Simpan dalam wadah kedap udara. Bila dibekukan, minyak bawang dapat tahan hingga beberapa bulan. Minyak ini digunakan untuk menumis. Selain nasi dan mie goreng, minyak bawang dapat digunakan untuk masakan lain misalnya capcay, lou mie, ifumie, nasi tim, nasi ayam hainan, dan masih banyak lagi.

Telur

Dibanding produk hewani lainnya, telur mungkin yang paling murah dan mudah dicari. Telur pun dapat divariasikan dengan beragam bahan agar nilai gizinya meningkat. Pada tingkat dasar telur dapat dimasak dengan cara diceplok, didadar, direbus, dan dikukus. Telur juga dapat dimasak gudeg agar tahan lama.

Telur bisa ditumis untuk dicampurkan dengan bahan baku lain seperti ayam, ikan, udang, cumi, bakso, sosis, dan beragam jenis sayuran. Sup bisa dibuat menjadi lebih kental dengan menambahkan telur di proses terakhir memasak. Telur diaduk dan dimasak sebentar saja sehingga hancur dan menyatu dengan kuah sup.

Tepung Bumbu

Selain praktis, bahan makanan juga menjadi lebih enak bila dimasak dengan tepung bumbu. Ada dua varian rasa yaitu original dan spicy. Bagi pecinta rasa pedas sebaiknya tempu bumbu varian spicy ditambahkan lagi dengan bubuk cabe atau bubuk merica. Tepung bumbu tidak hanya dapat digunakan untuk menggoreng ayam maupun tempe. Kita perlu kreatif di masa seperti ini. Misalnya dengan menggoreng sayur-sayuran.

Ada beberapa ide menggoreng sayur dengan tepung bumbu. Misalnya bayam goreng, kangkung goreng, buncis goreng, kol goreng, toge goreng, dan kecipir goreng. Telur ceplok ataupun telur dadar bisa tampil lebih crispy bila digoreng kedua kalinya setelah dicelupkan ke dalam tepung bumbu. Tips agar masakan lebih renyah adalah mencampurkan tepung bumbu dengan air es. Celupan dapat dilakukan berulang kali ke dalam adonan basah maupun kering.

Manisan Buah

Buah-buahan termasuk bahan makanan yang tidak tahan lama. Mereka cepat busuk. Bahkan bila disimpan dalam kulkas pun kualitasnya cepat menurun. Buah yanga awet disimpan di kulkas hanya apel dan jeruk. Kalaupun ingin membuatnya tahan lama, kita bisa menyimpan anggur di freezer. Ukurannya yang mini membuat buah ini tetap mudah dikonsumsi walau beku.

manisan buah

Photo via Pixabay

Lalu bagaimana cara menyimpan buah agar awet dan bisa dimakan dalam periode yang lama? Caranya dengan dibuat sebagai manisan. Buah-buahan dikupas lalu dimasak dengan cairan gula dalam waktu yang lama. Sebaiknya buah dipotong tipis atau kecil-kecil agar memudahkan kita untuk memakannya. Buah dapat ditiriskan agar mengkristal sehingga seperti permen atau disimpan bersama sirup gulanya untuk menjadi manisan berkuah.

Cara lain adalah buah yang dimasak sampai hancur dengan sirup gula untuk dijadikan selai. Nantinya selai ini dapat dioleskan ke atas roti maupun biskuit. Manisan buah atau selainya dapat ditambahkan ke dalam adonan puding untuk menambah cita rasa.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect