Connect with us
7 Film Terbaik di Toronto International Film Festival 2021
The Power of the Dog (Netflix)

Cultura Lists

7 Film Terbaik di Toronto International Film Festival 2021

Mulai dari “Belfast” hingga film Indonesia, “Yuni”.

Toronto International Film Festival 2021 (TIFF) telah rampung diselenggarakan pada 9 September hingga 18 September 2021. Merupakan salah satu festival film bergengsi di industri perfilman dunia, setiap film yang bersinar dalam ajang ini kerap menoreh prestasi di ajang-ajang penghargaan berikutnya.

Seperti “Nomadland” yang keluar sebagai pemenang pertama People’s Choice Award di TIFF 2020, kemudian memenangkan Best Picture pada Oscar 2021. Mengetahui film-film terbaik dari TIFF, bisa menjadi kisi-kisi bagi penikmat film untuk memilah-milah, film apa saja yang patut kita tonton nantinya jika ada kesempatan. Berikut rangkuman film terbaik di Toronto International Film Festival 2021.

Belfast

Pemenang pertama untuk People’s Choice Award adalah “Belfast” karya sutradara Kenneth Branagh. Film ini dibintangi oleh Jamie Dornan, Caitriona Balfe, Judi Dench, dan Ciaran Hinds. Sebuah film dengan sinematografi hitam putih, merupakan semi-biografi tentang keluarga working class yang berlatar pada tahun 1960-an di Belfast, ibukota Irlandia Utara.

Melalui yang masuk dalam tema coming of age ini, kita akan diajak melihat sebuah peristiwa sejarah melalui sudut pandang seorang bocah 10 tahun, dengan sentuhan drama keluarga yang menghangatkan dan percikan komedi.

Sutradara: Kenneth Branagh

Titane

Midnight Madness merupakan salah satu sesi screening dalam ajang TIFF yang selalu dipenuhi dengan film-film memukau dengan keberanian dan kegilaan pada naskahnya.

“Titane” merupakan film Perancis yang keluar sebagai juara pertama People’s Choice Midnight Madness Award pada TIFF 2021. Dibintangi oleh Agathe Rousselle, Ia berperan sebagai Adrien, seorang wanita yang hamil setelah melakukan hubungan intim dengan sebuah mobil. BBC sendiri menyebutkan “Titane” sebagai film paling mengejutkan tahun ini.

Sutradara: Julia Ducournau

Yuni

Filmmaker tanah air akhirnya mengukir sejarah baru di TIFF, “Yuni” menjadi film Indonesia pertama yang memenangkan penghargaan di TIFF. Film drama karya Kamila Andini ini memenangkan penghargaan Platform Prize. Penghargaan ini diberikan untuk film yang memiliki nilai seni tinggi yang secara bersamaan mampu menyampaikan visi dari sutradaranya.

“Yuni” merupakan film tentang seorang gadis yang menghadapi dilema, antara melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas atau menerima sebuah lamaran untuk menikah.

Sutradara: Kamila Andini

Compartment No.6

Telah memenangkan juara kedua Grand Prix dalam Cannes Film Festival 2021, “Compartment No.6” juga masuk dalam salah satu lineup dalam screening TIFF 2021. Film Finlandia ini disutradarai oleh Juho Kuosmanen, dibintangi oleh Seidi Haarla.

Sesuai dengan judulnya, film ini berlatar di sebuah kereta. Mengikuti perjalanan seorang perempuan Finlandia, Laura. Ia adalah seorang pelajar sekaligus pekerja di Rusia yang sedang dalam perjalanan kereta dari Rusia menuju Murmansk.

Sutradara: Juho Kuosmanen

Scarborough

Sebagai juara kedua People’s Choice Award, ada film Kanada, “Scarborough”. Film ini merupakan film adaptasi dari novel berjudul serupa karya Catherine Hernandez pada 2017. Satu lagu film drama bertema coming of age yang menceritakan kisah tiga sekawan; Bing Sylvie, Laura yang tinggal di Scarborough, sebuah wilayah di Kanada.

Sutradara: Shasha Nakhai dan Rich Williamson

The Power of the Dog

Sementara “The Power of the Dog” merupakan juara ketiga dari People’s Choice Award TIFF 2021. Film ini dibintangi oleh Benedict Cumberbatch, Kirsten Dunst, Jesse Plemons, dan Kodi Smit-McPhee.

Diangkat dari novel karya Thomas Savage. Film ini juga telah memenangkan Silver Lion untuk Best Director dalam ajang Venice International Film Festival 2021. Kabar gembiranya, kita bisa menonton film ini di Netflix pada 1 Desember mendatang.

Sutradara: Jane Campion

The Humans

“The Humans” merupakan film debut dari sutradara Stephen Karam, yang diangkat dari naskah penampilan one-act dirinya sendiri dengan judul serupa. Film ini dibintangi oleh Richard Jenkins, Jayne Houdyshell, Amy Schumer, dan Steven Yeun. Sebagai film yang diproduksi oleh A24, pastinya muncul ekspektasi tinggi dari “The Humans”.

Sutradara: Stephen Karam

A World Without Review A World Without Review

A World Without Review: Dystopia Futuristik Bertema Pemberdayaan Wanita

Film

Malignant Review Malignant Review

Malignant Review: Bukti Lelahnya Sang Sineas

Film

Rekomendasi Film Bertema Vampir Rekomendasi Film Bertema Vampir

10 Rekomendasi Film Bertema Vampir

Cultura Lists

Violet Evergarden: Eternity and the Auto Memory Doll Review

Film

Advertisement
https://www.cultura.id?_dnembed=true
Connect