Connect with us
10 Rekomendasi K-Drama Seperti The Glory
My Name (2021)

Cultura Lists

10 Rekomendasi K-Drama Seperti ‘The Glory’

Sederet K-drama bertema balas dendam yang menegangkan.

“The Glory” merupakan salah satu k-drama yang populer beberapa bulan belakangan. Rilis pada 30 Desember 2022 lalu, K-drama tentang perundungan dan balas dendam ini menjadi momen kembalinya aktris Song Hye-kyo.

Berperan sebagai Moon Dong-eun, ia mengalami perundungan saat masih sekolah oleh sekelompok murid yang semenah-menah. Meninggalkan luka fisik dan batin yang membuatnya termotivasi untuk melakukan balas dendam setelah dewasa.

Romantisme dalam drama balas dendam sudah menjadi salah satu niche yang digemari penikmati film maupun serial. Namun K-drama dengan tema balas dendam kerap menyajikan showcase akting, deretan karakter, konflik dan intrik yang lebih dramatis dengan gaya khasnya sendiri. Berikut sederet rekomendasi K-drama seperti “The Glory” yang patut ditonton.

Eve (2022)

Setelah kematian ayahnya yang berprofesi sebagai ilmuwan, “Eve” merupakan k-drama dengan plot Lee Ra-el (Seo Ye-Ji) dalam melancarkan balas dendamnya pada salah satu keluarga paling kaya di Korea Selatan, LY Group. Dimana diyakini menjadi keluarga yang bertanggung jawab atas kematiannya ayahnya. Setelah membuat rencana dan menahan segala amarahnya selama 13 tahun, akhirnya Lee Ra-el telah mempersiapkan rencana sempurna untuk melancarkan balas dendamnya.

“Eve” bisa k-drama seperti “The Glory” yang memiliki banyak kesamaan meski dalam skenario yang berbeda. Sama-sama dibintangi oleh aktris utama dengan kepribadian dingin, dan ambisi akan balas dendam yang membara. Penampilan Seo Ye-Ji dalam k-drama ini sangat mendominasi dan seru untuk disimak dalam melancarkan satu per satu agenda balas dendamnya.

Reborn Rich (2022)

“Reborn Rich” menjadi k-drama tentang balas dendam dengan sentuhan fantasi supranatural yang tidak tidak terlalu berlebihan, namun cukup untuk sajian dengan variasi plot yang tidak itu-itu saja.

Bercerita tentang Yoon Hyun-woo (Song Joong-ki), ia adalah salah satu karyawan terbaik dengan dedikasi tinggi, bekerja di bawah perusahaan Soonyang Group. Namun, kerja kerasnya dibalas dengan pengkhianatan, keluarga Soonyang menjebak dan membunuhnya untuk menutupi penipuan pajak yang mereka lakukan.

Pada 1987, Hyun-woo terbangun dan mendapati dirinya terlahir kembali sebagai cucu termuda dari keluarga Soonyang. Berada di situasi yang tidak biasa, Hyun-woo memiliki kesempatan untuk membalaskan dendamnya.

“Reborn Rich” disebut-sebut sebagai salah satu k-drama dengan episode finale terbaik di skenanya. Dibekali plot yang memikat dan pastinya penampilan akting terbaik.

My Name (2021)

“My Name” merupakan k-drama tentang balas dendam seorang wanita bernama Yoon Ji-woo (Han So-hee). Menyaksikan ayahnya sendiri dibunuh di depannya matanya saat remaja, Ji-woo akhirnya menyerahkan hidupnya pada gang kriminal untuk membalaskan dendamnya. Ia kemudian menyelinap sebagai anggota kepolisian sesuai dengan perintah pimpinan gang-nya.

“My Name” menjadi K-drama tentang balas dendam yang lebih didominasi dengan elemen action dan thriller. K-drama ini menjadi breakthrough dari aktris Han So-hee sebagai protagonis wanita, setelah sebelumnya terkenal sebagai pelakor dalam k-drama “The World of Married” (2020).

Revenge of Others (2022)

Chan-mi (Shin Ye-eun) adalah murid sekolah yang patah hati setelah saudara kembarnya meninggal, Soo-heon (Park Solomon). Ia kemudian memiliki ambisi besar untuk mencari kebenaran di balik meninggalnya Soo-heon, kemudian memberikan pelajaran pada pihak yang bertanggung jawab.

“Revenge of Others” juga menjadi k-drama seperti “The Glory” yang paling mendekati kesamaannya. Terutama pada isu bullying di lingkungan sekolah dan konsekuensinya, baik untuk korban maupun pelaku. K-drama ini juga membongkar bobroknya sistem hukum dalam menegakan keadilan. Ketika pihak yang kaya dan memiliki kuasa mampu menutupi kesalahan mereka.

Taxi Driver (2021)

“Taxi Driver” merupakan K-drama tentang balas dendam Kim Do-gi (Lee Je-hoon), lulusan Akademi Militer Korea yang kehilangan ibunya ketika masih kecil. Ia bekerja sebagai supir taksi untuk organisasi spesial. Organisasi yang menyediakan jasa untuk “panggilan-retribusi”, dimana client yang merasa menjadi korban meminta bantuan untuk dibalaskan dendamnya.

K-drama satu ini juga didominasi dengan elemen action dan thriller buat yang menyukai drama bernuansa gelap. Kim Do-gi menjadi protagonis dengan character arc yang menarik untuk diikuti; pembunuh bayaran yang tidak bisa membalaskan dendamnya sendiri, melampiaskan amarahnya dengan membalaskan dendam orang lain.

Lawless Lawyer (2018)

“Lawless Lawyer” bercerita tentang Bong Sang-pil (Lee Joon-Gi), pengacara gangster dan Ha Jae-yi (Seo Ye-Ji), pengacara yang sedang dalam masa penangguhan. Sang-pil melihat ibunya sendiri dibunuh saat ia masih kecil. Semenjak itu, ia berusaha mencari dan menghukum pihak yang bertanggung jawab dengan bantuan Jae-yi.

Selain plot balas dendam yang sudah sulit, dua karakter utama dalam “Lawless Lawyer” juga diberi kesulitan personal untuk membuat kisah mereka lebih menantang.  Memiliki latar cerita yang cukup klasik, kebaikan melawan kejahatan, dimana keadilan berusaha ditegakan oleh protagonis dengan profesi pengacara.

Vincenzo (2021 – )

K-drama ada juga, nih, drama bertema mafia yang populer tentang balas dendam, “Vincenzo” dibintangi oleh Song Joong Ki sebagai pengacara mafia berdarah Korea-Italia. Ia kabur ke Korea Selatan untuk mengklaim kembali 1,5 ton emas yang tersembunyi di basement Geumga Plaza.

Vincenzo memanfaatkan kemampuannya untuk mengambil alih kembali bangunan tersebut dan mendapatkan kembali uangnya setelah mengalami kecurangan. “Vincenzo” lebih dari sekadar k-drama tentang balas dendam, ada permainan strategi, laga, dan dunia kriminal yang lebih kompleks sebagai latarnya.

Graceful Family (2019)

Mo Seok-hee (Im Soo-hyang) tidak bisa hidup tenang karena dihantui oleh kasus kematian ibunya yang tidak terungkap. Ia pun berambisi untuk mengungkap kebenaran, hingga akhirnya ia menemukan informasi yang mengarah pada anggota keluarganya sendiri sebagai pihak yang bertanggung jawab. Seok-hee pun membuat rencana untuk membalaskan dendamnya.

“Graceful Family” merupakan K-drama seperti “The Glory” yang patut ditonton. Dengan protagonis yang juga mendapatkan bantuan dalam melancarkan balas dendam terencananya. Berlatar di kalangan keluarga kaya dan berkelas namun memiliki hubungan disfungsional.

Military Prosecutor Doberman (2022)

Do Bae-man (Ahn Bo-hyun) adalah seorang jaksa militer yang menjalankan profesinya demi uang. Cita-citanya adalah menghasilkan banyak uang dan menjalani masa pensiun dengan damai. Namun, cara pandangnya mulai berubah setelah ia bertemu dengan Cha Woo-in (Jo Bo-ah), putri dari keluarga kaya dan jaksa yang mencari retribusi.

“Military Prosecutor Doberman” merupakan K-drama tentang balas dendam dengan elemen laga yang menegangkan. K-drama ini memiliki perspektif yang unik tentang persidangan dan hukum militer.

Secret Love (2013)

Kang Yoo-jung (Hwang Jung-eum) adalah kekasih setia Ahn Do-hoon (Bae Soo-bin). Namun cinta dibalas dengan pengkhianatan ketika Yoo-jung bertanggung jawab atas kecelakaan yang sebelumnya dilakukan oleh Do-hoon.

Membuatnya dipenjara dan diputuskan oleh Do-hoon. Hingga akhirnya ia bebas, Yoo-jung bekerja sama dengan wanita yang kekasihnya menjadi korban kecelakaan Do-hoon untuk melancarkan balas dendam.

Emma Stone Emma Stone

10 Film Emma Stone Terbaik dan Terikonik

Cultura Lists

What to Stream on Valentine’s Day

Cultura Lists

MTV Unplugged in New York - Nirvana MTV Unplugged in New York - Nirvana

10 Album Musik Ikonik 30 Tahun di 2024

Cultura Lists

A Shop for Killers A Shop for Killers

A Shop for Killers Review: Aksi Lee Dong-wook dan Kim Hye-jun dalam K-Drama Laga

TV

Connect