Connect with us
The Guernsey
The Guernsey (Photo: Studio Canal)

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Western Period Romance 

Kisah cinta romantis dengan latar negeri barat klasik.

Selalu ada romantisme tersendiri yang tercipta melalui film period romance. Ketika cinta masih disampaikan melalui secarik surat, ketika hubungan terlarang memiliki konsekuensi serius.

Period romance atau historical romance kerap menghadirkan kisah cinta dari kalangan bangsawan hingga rakyat biasa dengan latar masa lampau yang bisa kita kategorikan sebagai masa bersejarah. Beberapa judul populer diantaranya adalah “The English Patient” (1996), “Pride & Prejudice” (2005), hingga serial Netflix terbaru “Bridgerton” (2020-sekarang). Berikut sederet rekomendasi film western period romance yang patut kita tonton.

Belle (2013)

Dido Elizabeth Belle Lindsay (Gugu Mbatha-Raw) adalah seorang perempuan ras campuran, lahir dari hubungan gelap bangsawan dengan wanita yang berkulit gelap. Setelah ibunya meninggal, Belle tinggal bersama paman dan bibinya yang membesarkannya sebagai perempuan bangsawan nan anggun. Meski sempat dikhawatirkan tidak mendapatkan jodoh dari kalangan bangsawan karena warna kulitnya, seorang pengacara, John Davinier (Sam Reid) akhirnya jatuh hati dengan Belle. 

Silver Skates (2020)

Jika drama period romance biasanya berlatar di Inggris atau Amerika, “Silver Skates” bisa menjadi variasi dengan latar cerita di Rusia. Alissa (Sonya Priss) adalah seorang gadis dari keluarga aristokrat. Hatinya meleleh di tengah musim dingin ketika bertemu dengan Matvey (Fedor Fedotov). Karena keduanya berasal dari kelas sosial berbeda, keluarga Alissa melakukan segalanya untuk memisahkan mereka. 

Lady J (2018)

“Lady J” merupakan film drama romansa Prancis tentang cinta dan balas dendam, namun dibungkus dengan sentuhan komedi yang elegan. Madame de la Pommeraye adalah seorang janda kaya. Bertemu dengan Marquis de Arcis, Madame kembali merasakan dimabuk oleh cinta. Sayangnya, Marquis adalah pria yang mudah jatuh cinta dan berpindah hati. Ketika cintanya ditolak karena kehadiran wanita lain, Madame mengerahkan segala usaha untuk balas dendam. 

Dance of the Forty One (2021)

Pada abad ke-19, cinta sesama gender pastinya masih sangat tabu bahkan terlarang. Ignacio de la Torre (Alfonso Herrera) memiliki dua kehidupan karena hasrat pribadinya. Di mata publik, Ia adalah politikus terhormat yang menikah dengan anak perempuan presiden Meksiko. Namun, untuk mengisi kehampaan dalam hatinya, Ignacio merupakan member dari klub rahasia dimana pria menari dan bersenang-senang dalam balutan gaun wanita. “Dance of the Forty One” merupakan film Netflix Original. 

Dangerous Beauty (1998)

Pada abad ke-16, Veronica (Catherine McCormack) tidak menikah dengan pria yang Ia cintai karena status keluarganya dengan reputasi buruk. Meski lahir di keluarga kalangan atas,orang tua Veronica sedang bangkrut. Dengan kepribadiannya yang menawan dan cerdas, Veronica mencari jalannya sendiri dalam menikmati hidup dan menemukan cinta dengan beralih menjadi wanita penghibur bangsawan. 

Lady Macbeth (2017)

“Lady Macbeth “ merupakan salah satu film dengan penampilan terbaik Florence Pugh sebelum “Midsommar”. Dalam film drama period ini, Ia berperan sebagai Katherine gadis yang menikah dengan pria kaya, Alexander Lester (Paul Hilton). Terjebak dalam pernikahan tanpa cinta, Katherine menemukan sedikit kebahagian ketika Sebastian (Cosmos Jarvis) muncul dalam kehidupannya. 

Jane Eyre (2011)

Jane Eyre memiliki keyakinan bahwa Edward Rochester adalah cinta sejatinya. Setelah mendapatkan kehidupan yang lebih baik sebagai tutor pribadi. Ia bertemu dengan Edward yang mempesona dengan kepribadian misterius dan dingin. Berpikir bahwa Ia mampu membangun cinta yang indah bersama, Jane menemukan rahasia Edward yang mampu mengubah hubungan mereka. “Jane Eyre” dibintangi oleh Mia Wasikowska dan Michael Fassbender. 

Love & Friendship (2016)

Pada 1790, seorang janda bernama Lady Susan memutuskan bersinggah di rumah sang ipar untuk sementara waktu. Tidak tanpa rencana, Lady Susan ternyata sedang mencari suami baru untuk dirinya dan anak perempuannya.

“Love & Friendship” dibintangi oleh Kate Beckinsale, Xavier Samuel, dan Chloe Sevigny. Tak hanya menghadirkan plot romansa, “Love & Friendship” dikemas dalam naskah dengan sentuhan komedi dan drama kehidupan berlatar sejarah yang menyenangkan untuk ditonton. 

The Guernsey (2018)

Cinta bisa ditemukan dimana saja, seperti halnya Juliet yang menemukan cinta karena kecintaannya pada buku. Juliet Ashton adalah seorang penulis novel di London. Suatu hari, Ia menerima surat dari seorang pria di pulau kecil, Guernsey.

Penasaran dengan komunitas pecinta buku yang diceritakan dalam surat, Juliet pun memutuskan untuk berkunjung ke pulau tersebut. “The Guernsey Literary and Potato Peel Pie Society” merupakan film drama period yang dibintangi oleh Lily James dan Michiel Huisman. 

Brooklyn (2015)

Salah satu cara mengubah hidup adalah dengan merantau, seperti yang dilakukan oleh Eilis, imigran Irlandia yang merantau ke Brooklyn, New York pada 1950an. Ia menemukan pekerjaan, teman, dan kekasih di kota asing tersebut.

“Brooklyn” menjadi salah satu film dengan penampilan terbaik dari aktris Saoirse Ronan. Film ini tak hanya tentang cinta, namun juga potret kehidupan wanita yang menemukan dimana Ia harus berpijak, meski tempat tersebut jauh dari kampung halaman.

Click to comment

Teka-teki Tika Review Teka-teki Tika Review

Teka-teki Tika Review: Wadah Eksperimen Tanggung Rasa

Film

Lineup Musisi Internasional di Java Jazz Festival 2022

Cultura Lists

oslo ibrahim java jazz 2020 oslo ibrahim java jazz 2020

Lineup Musisi Indonesia di Java Jazz Festival 2022

Cultura Lists

Django Unchained Django Unchained

Django Unchained Review: Kisah Balas Dendam Seorang Budak

Film

Advertisement
Connect