Connect with us
Rekomendasi Film Drama Persahabatan yang Menyentuh
Little Men (2016) | Magnolia Pictures

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Drama Persahabatan yang Menyentuh

Sederet film tentang persahabatan yang unik dan menyentuh hati.

Penerapan social distancing yang sedang berlangsung karena pandemi COVID-19 membuat kita tidak bisa bebas nongkrong bersama dengan sahabat pada akhir pekan. Buat yang sedang kangen dengan teman maupun sahabat, nonton film drama tentang persahabatan mungkin bisa menjadi hiburan yang menghangatkan hati.

Berikut sederet film drama bertema persahabatan yang dijamin menyentuh hati. Daftar judul berikut juga bisa direkomendasi ke sahabat terdekat yang juga mungkin sedang mencari tonton berkualitas selama masa karantina ini.

Me, Earl, and the Dying Girl (2015)

Greg adalah seorang remaja yang berusaha keras untuk menjauhkan diri dari segala bentuk hubungan sosial yang sentimental. Ia bahkan tidak menganggap teman dekatnya, Earl, sebagai sahabatnya meski telah menghabiskan waktu bersama sejak kecil. Hingga suatu hari ia dipaksa oleh ibunya untuk berteman dengan Rachel, teman satu sekolah sekaligus tetangganya yang mengidap kanker dengan umur yang sudah tidak panjang lagi.

Kita akan disuguhkan kisah persahabat yang seru dan lucu tanpa sentuhan romansa remaja yang cliche. Me, Earl, and the Dying Girl merupakan salah satu film drama remaja yang unik sekaligus menyentuh hati.

The Intouchables (2011)

The Intouchables merupakan film drama Perancis yang diadaptasi dari kisah nyata. Hubungan persahabatan yang tidak biasa terjalin antara Driss dan Phillippe. Keduanya memiliki latar belakang hingga ras yang berbeda; Phillippe merupakan orang kaya namun mengalami kelumpuhan total, sementara Driss seorang imigran yang dari keluarga ekonomi kelas bawah. Driss bekerja sebagai asisten pribadi Phillippe, namun ia menawarkan lebih dari sekedar hubungan formal, melainkan persahabatan tulus yang memberikan “warna” pada hidup Phillippe yang hampa.

Stand By Me (1986)

Stand By Me bisa jadi salah satu film adaptasi Stephen King dengan kisah drama yang menyentuh. Bercerita tentang persahabatan empat sekawan; Gordie, Chris, Teddy, dan Vern. Setelah mendengar berita tentang remaja dari tempat tinggal mereka yang tertabrak kereta api namun jasadnya belum ditemukan, mereka memutuskan untuk menemukan jenazah remaja tersebut agar masuk berita televisi. Perjalanan mereka pun diwarnai dengan berbagai petualangan lucu, menegangkan, hingga curhatan satu sama lain yang menyentuh.

The Station Agent (2003)

Sebelum terkenal melalui serial Game of Throne sebagai Tyrion Lannister, Peter Dinklage sempat menjadi pemeran utama dalam film The Station Agent. Ia berperan sebagai Finbar McBride, pria pendiam yang memutuskan untuk pindah ke sebuah kota kecil untuk mengambil alih pos kereta api setelah atasannya meninggal. Ia pun bertemu dengan seorang pemilik food truck yang ceria dan banyak bicara bernama Joe Oramas, serta seorang ibu rumah tangga yang tidak bahagia, Olivia Harris. Ketiganya pun menjalin hubungan persahabatan yang unik dan mengubah suasana dalam hidup Finbar yang selalu sendirian.

Mary and Max (2009)

Berikutnya merupakan film animasi stop-motion asal Australia karya Adam Elliot. Bercerita tentang persahabatan unik antara Mary dan Max sebagai teman pena. Mary adalah gadis kecil yang kesepian dan iseng mengirim surat dengan alamat acak. Surat tersebut pun sampai ke tangan pria tua asal New York dengan gangguan kecemasan, Max. Kita akan menjadi saksi dari hubungan mereka yang hanya terjalin melalui surat menyurat selama bertahun-tahun, namun dijamin akan membuat kita terharu pada akhir kisah yang bitter-sweet.

When Marnie Was There (2014)

When Marnie Was There merupakan film animasi Ghibli Studio dengan genre drama fantasi. Berbeda dengan beberapa film Ghibli yang kental dengan unsur supranatural dan visual yang unik, film satu ini memiliki konsep drama yang lebih simple dengan kisah yang emosional. Bercerita tentang Anna, seorang gadis dengan fisik lemah yang tidak pernah bisa menerima hidupnya. Untuk menenangkan diri dan memulihkan kesehatannya, orang tua angkat Anna pun mengirimnya untuk berlibur ke desa dengan udara sejuk. Kunjungan tersebut pun mempertemukan Anna dengan sosok misterius, seorang gadis dengan rambut pirang bernama Marnie.

It’s Kind of a Funny Story (2010)

Craig Gilner merasa bahwa dirinya mengalami depresi dan memiliki tendensi untuk mengakhiri hidupnya. Ia pun menjalani masa rehabilitasi di rumah sakit dengan orang-orang yang mengalami depresi dan gangguan jiwa. Ia pun menjalin pertemanan dengan seorang pasien eksentrik yang lebih “gila” daripada dirinya, Bobby. Ketika dirinya naksir dengan pasien perempuan yang sepantaran dengannya, Noelle, Bobby pun membantu Craig agar bisa melancarkan PDKT dengan perempuan tersebut.

The Lady in the Van (2015)

The Lady in the Van merupakan drama Inggris yang dibintangi oleh Alex Jenning dan Maggie Smith. Diadaptasi dari kisah nyata tentang seorang wanita tua bernama Miss Shepherd. Ia tinggal di sebuah minivan selama bertahun-tahun di sebuah gang pemukiman, setiap bulannya ia berpindah-pindah ke depan setiap rumah yang ada di jalan tersebut. Tak ada yang memiliki niat untuk berinteraksi oleh Miss Shepherd yang dianggap aneh, kecuali Alan Bennett, seorang penulis novel yang penasaran dengan latar belakang Miss Shepherd.

Little Men (2016)

Little Men merupakan film drama Amerika yang menceritakan persahabatan antara Jake dan Tony. Jake pindah ke rumah lama kakeknya yang baru saja meninggal, ia pun bertemu dengan Tony yang tinggal di properti kakeknya tersebut bersama ibunya. Meski keduanya memiliki perbedaan watak, keduanya menjalin persahabatan mendalam bagi Jake yang selalu pendiam. Hingga akhirnya persahabatan mereka harus dibatasi dengan konflik yang terjadi di antara orang tua mereka.

My Girl (1991)

Berikutnya ada film drama anak-anak klasik yang lucu sekaligus menyentuh, My Girl. Dibintangi oleh Anna Chlumsky dan Macaulay Culkin yang juga membintangi film ikonik, Home Alone (1990). Vada adalah gadis kecil yang tomboy, ibunya telah meninggal dan ia hanya tinggal bersama ayahnya yang seorang pengurus jenazah dan rumah duka. Vada susah berteman dengan perempuan seusianya, ia berteman dengan seorang bocah laki-laki yang naksir dengannya, Thomas. Film ini juga memiliki sentuhan cinta monyet yang lucu dan nostalgic.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect