Connect with us
Woman With A Suitcase Review

TV

Woman With A Suitcase Review

Seseorang yang bukan pengacara, tapi bekerja lebih baik dari seorang pengacara, malah dipenjara.

Viu mengumumkan salah satu drama Korea yang dapat dinikmati di platformnya bulan ini adalah Woman With A Suitcase. Drama yang sebenarnya rilis tahun 2016 lalu ternyata cukup disukai pemirsa. Tak mengherankan sebab drama ini lahir dari tangan sutradara Kwok Seong Jang yang berada di balik kesuksesan Pasta (2010). Selain itu pada saat ditayangkan, inilah satu-satunya drama yang mengangkat genre romcom dengan setting dunia hukum sementara drama lain adalah Saeguk.

Drama ini berkisah tentang kehidupan Cha Geum Joo. Sebenarnya ia adalah perempuan yang pintar. Sayangnya, ia tak pernah lulus ujian sekolah hukum. Ia pun banting setir bekerja di semua firma hukum sebagai manajer kantor tersebut. Walau bukan orang yang menangani langsung perkara hukum para klien, Geum Joo adalah orang yang bekerja paling keras. Ia membuat strategi untuk menang di persidangan, menyelidiki kasus secara mendalam, sampai mempelajari pasal-pasal yang ada.

(Warning Spoiler!)
Sayang Geum Joo tidak tahu sepert apa perilaku orang-orang terdekatnya. Adiknya justru insecure melihat Geum Joo. Suaminya sibuk berjudi dan main perempuan di belakangnya. Orang-orang di kantor menghina karena ia bukan seorang pengacara. Ketika menangani kasus misterius, ia mendapatkan teror. Karena tetap bersikeras menangani kasus tersebut ia pun dikambinghitamkan. Di hari persidangan kasus tersebut ia justru ditangkap dan dipenjara. Hidupnya kembali ke titik 0.

Woman With A Suitcase mungkin tidak sebrilian Pasta. Kita masih bisa melihat skenarionya kurang smooth. Jalan cerita seperti melompat. Walaupun digambarkan cerdik, kita juga akan sedikit merasa sangsi dengan Geum Joo. Apa yang dia lakukan kadang menyalahi kode etik dan jelas berbahaya. Ditambah lagi kenapa ia malah begitu mudah mengelabui lawan di persidangan dengan cara-cara yang tidak lazim.

Di luar detail mengenai dunia hukum yang terlihat kurang masuk akal, sisi lain drama ini memang menarik. Karakter Geum Joo yang lincah dan percaya dirinya tinggi menjadi daya tarik utama drama ini. Ditambah lagi gambaran dunia kerja dalam drama ini cukup relatable. Rekan yang insecure? Saling sikut agar terlihat paling baik? Bergosip? Pakai barang KW agar terlihat prestige? Ini dialami banyak dari kita dalam dunia kerja. Kita tak hanya sibuk mencari nafkah tapi juga menjalani office politik yang penuh intrik.

Bila ingin drama yang jalan ceritanya berbeda, tidak berat tapi juga tidak terlalu ringan maka Woman With A Suitcase layak ditonton. Tapi memang sebaiknya tidak berekspektasi terlalu tinggi kalau mengira dapat melihat gambaran dunia hukum yang real. Jualan utama drama ini adalah romance dan comedynya yang cukup menghibur.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect