Connect with us
Kale
Kale | Photo by Adolfo Félix on Unsplash

Cultura Lists

Tren Kuliner Sepanjang 2019

Setiap tahunnya tren kuliner selalu berubah mengikuti perkembangan zaman.

Sebenarnya beberapa makanan maupun minuman yang ada dalam tren kuliner sepanjang 2019 ini sudah ada sejak beberapa tahun lampau. Namun ada yang baru meledak tahun ini. Hal tersebut tidak aneh mengingat beberapa inovasi membutuhkan waktu untuk benar-benar diterima publik. Misalnya Boba yang sudah ada sejak tahun 80-an tetapi tahun ini melejit pesat di Indonesia. Bahkan pertumbuhan bisnis Boba meningkat begitu pesat. Akhir tahun ini pun masih ada franchise brand boba dari luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Kale

Sebenarnya kale adalah daun kol. Kalau disebut kale mungkin sebagian dari kita tidak familiar. Kale tidak kalah populernya dengan bunga kol karena disebut dapat menurunkan kolesterol dan kaya akan antioksidan. Resep kale pun bertebaran di internet baik dalam bentuk smoothie maupun keripik. Di restoran maupun kafe yang khusus menjual makanan super sehat, kale adalah salah satu yang berada di daftar menu paling atas. Kale telah terkenal sejak tahun 2011 di berbagai negara meski Indonesia sendiri tidak begitu menggilainya. Meski demikian nampaknya akhir-akhir ini kale pun mulai disukai.

Bunga Kol

Ingin makan nasi tetapi takut kalorinya tinggi? Mari kita buat nasi “palsu” dari bunga kol yang diparut. Bunga kol parut yang dimasak sebagai pengganti nasi memiliki 28 kalori per cup jika dibandingkan dengan beras merah yang mencapai 218 kalori. Selain itu bunga kol kaya akan serat, vitamin, dan mineral sehingga cocok dipilih orang yang ingin menurunkan berat badan. Selain mudah dibuat, harga bunga kol juga murah. Rasanya pun enak dan bisa dimakan dengan beragam jenis lauk. Bila bosan, bunga kol bisa dimasak dengan resep lainnya tak hanya sebagai nasi.

Alpukat

Alpukat memang tidak berasal dari Indonesia. Tetapi buah satu ini telah menjadi salah satu yang paling digemari. Bila sejak kecil menu jus alpukat adalah menu wajib di berbagai restoran di Indonesia maka kini kita mengenal varian lain. Yaitu alpukat kerok dan alpukat susu. Alpukat kerok adalah buah alpukat yang dinikmati beserta es batu dan beragam topping misalnya oreo. Sementara itu alpukat juga bisa dinikmati dengan susu cair bagi yang menyukai cita rasa buttery dan fatty. Walau kaya lemak, alpukat justru sehat bagi jantung dan memiliki nutrisi tinggi lainnya.

Cuanki

Dahulu, cuangki dijual dengan cara dipikul. Harganya maksimal hanya sepuluh ribu rupiah. Cuanki adalah akronim dari “Cari Uang Jalan Kaki”. Penampakannya memang mirip dengan Bakso Malang meski sedikit berbeda. Asalnya sendiri dari Tanah Pasundan. Kini cuanki telah beralih rupa seperti masuk restoran hingga dijual dalam bentuk instan. Harganya pun jadi naik. Semangkuk cuanki di Bakso Boedjangan dibandrol dengan harga delapan belas ribu rupiah. Cuanki instan sendiri dijual dengan harga lima belas ribu hingga dua puluh ribu rupiah.

Salad Roll dan Salad Wrap

Bila dulu salad dimakan di dalam mangkok, kini salad tampil semakin fancy. Ada salad yang digulung dalam rice paper bening dan menjadi salad roll. Ada pula salad yang dibungkus dengan tortilla menjadi salad wrap. Sebenarnya inovasi ini dibuat agar salad makin praktis dikonsumsi. Salad pun sengaja dibuat tampil lebih menarik agar konsumsi sayuran meningkat dan orang tidak ogah mencobanya. Salad roll maupun salad wrap sendiri tidak hanya disukai orang yang berdiet untuk menurunkan badan saja. Kini banyak salad yang tak hanya berisi sayur dan buah tetapi juga daging, ikan, maupun telur sebagai sumber protein.

Roti Kukus

Meski mungkin rasanya belum bisa menandingi roti panggang, ternyata roti kukus pun memiliki banyak penggemar. Sebenarnya roti kukus bisa dibuat sendiri di rumah tetapi nyatanya tren ini membuat banyak orang menjadikannya ladang baru mencari uang. Variasi isiannya pun tak beda jauh dengan roti panggang seperti coklat keju dan selai. Namun dengan beragamnya inovasi kini roti kukus, roti panggang, juga martabak tampil kekinian dengan isiap Nutella, Silverqueen, hingga Kitkat Greentea.

Keripik Salted Egg

Harganya cenderung tidak murah tetapi keripik satu ini menjadi populer karena rasa salted egg alias telur asin. Walaupun bernama salted egg sebenarnya rasanya tidak benar-benar asin karena bagian telur yang dipakai adalah kuning telur. Rasanya cenderung manis dan gurih. Keripiknya ada yang terbuat dari kentang ada pula yang dari kulit ikan. Bahkan kini ada kedai yang khusus menjual keripik salted egg. Beberapa merek yang populer berasal dari Bali dan Singapura.

Boba

Sebenarnya Boba sendiri telah dikenal di Indonesia sejak tahun 2000-an. Namun saat itu media sosial belum hadir dan boba belum viral. Namun kini kita dapat menjumpai boba bahkan di pinggir jalan. Ada banyak sekali merek boba yang sebagian besarnya memiliki konsep drink to go. Bahkan salah satu pemain besar di pasar kedai kopi, Kopi Kulo, membuat sister brand yaitu Xi Bo Ba Indonesia. Boba pun menjadi varian yang lumrah ada di berbagai kafe dan restoran misalnya Momomilk Barn dan Stockholm Syndrome.

Kopi

Meski bisnis kopi di Indonesia sudah berkembang beberapa tahun terakhir, tetapi jumlah kedainya meningkat tajam tahun ini. Hampir di seluruh sudut kota kita dapat menemukan kedai kopi baik dari brand ternama maupun milik penduduk lokal. Tak hanya kedai yang memiliki banyak cabang seperti Kopi Kulo, Kopi Kenangan, atau Janji Jiwa semata tetapi juga merek yang baru berdiri dan hanya ada di satu lokasi. Bahkan di beberapa daerah yang menjadi pusat kuliner suatu kota, ada lebih dari sepuluh kedai kopi dalam radius satu kilometer. PT Pos Indonesia juga ikut terjun ke bisnis kopi dan memiliki coffee to go-nya sendiri.

Gula Merah

Sebenarnya gula merah bukan hal baru di jagat kuliner Indonesia. Gula merah adalah salah satu bahan baku populer ketika kita memasak kolak tiap Ramadhan tiba. Namun sejak disebut sebagai brown sugar, popularitas gula merah pindah ke level berbeda. Mulai dari susu dengan brown sugar sampai es kopi susu dengan brown sugar. Boba dengan varian rasa brown sugar pun paling populer dibanding boba rasa buah-buahan. Salah satu brand yang paling melejit dengan brown sugar-nya adalah Kokumi yang menyebut gula merahnya berasal dari Okinawa, Jepang.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect