Connect with us
Cr. Getty

Cultura Lists

Tracks of the Week: Lagu EDM Romantis 2010an Terpopuler

Sederet lagu EDM bertema romantis yang populer pada era 2010an.

EDM mengalami kebangkitan di skena musik mainstream pada era 2010an. Hits populer pada masa ini dominan dengan kolaborasi antara DJ dengan penyanyi pop untuk melahirkan lagu EDM yang lirikal.

Memadukan musik EDM yang adiktif dengan banger yang membuat hype, pendengar juga bisa ikut bernyanyi sambil menari. Sensasi yang diciptakan oleh lagu-lagi EDM inilah yang sempat menciptakan maraknya budaya rave party pada era 2010an.

Satu lagi yang menjadi ciri khas menandai era lagu-lagu EDM pada era ini adalah lirik cinta yang romantis dan catchy. Berikut beberapa hits EDM romantis terpopuler dari era 2010an.

Feel So Close – Calvin Harris

Rilis pada 2011 dari album “18 Months”, ‘Feel So Close’ menjadi salah satu track EDM ikonik dari era 2010an. Selain sukses di chart musik, track ini sangat catchy dan candu hingga banyak kita temukan dalam berbagai media, mulai dari TV shows, film, hingga komersial.

Lagu ini bicara tentang perasaan dekat dengan orang yang kita cintai, dimanifestasikan dalam melodi dan aransemen EDM yang euphoric, pop, semarak, namun tidak terlalu riuh. Memang banyak track EDM dari Calvin Harris yang juga mengadaptasi elemen RnB dan soul music. Selain mengkomposisi, vokal dalam ‘Feel So Close’ juga diisi oleh Calvin Harris.

Closer – The Chainsmokers

Masih tentang merayakan ‘kedekatan’ dengan orang yang dicintai, ‘Closer’ dari The Chainsmokers merupakan track terpopuler ketika pertama kali rilis pada 2016. Track catchy dengan warna musik electronic pop yang ber-fusion ini vokalnya diisi oleh Halsey.

Lagu ini menjadi hits yang mendongkrak duo The Chainsmokers di skena musik internasional. Hingga tembus Billboard Hot 100 dan menjadi EDM anthem yang mainstream. ‘Closer’ memebendung nostalgia cinta, usaha untuk menjalin hubungan kembali dengan kekasih dari masa lalu.

Latch – Disclosure

‘Latch’ merupakan lagu EDM romantis yang tak membawa ketenaran bagi duo electronic Disclosure serta Sam Smith pada 20122. Dimana keduanya kembali berkolaborasi pada hits ‘Omen’ pada 2015. ‘Latch’ menmperdengarkan perpaduan antara deep house dan UK garage, yang kemudian menjadi ciri khas dari musik Disclosure.

Ini adalah track dengan produksi lembut, melodi yang candu, semakin komplit dengan vokal falsetto Sam Smith yang soulful. Sesuai dengan judulnya, lagu EDM romantis ini merupakan ungkapan akan keterikatan emosional dan kerapuhan dalam hubungan asmara yang intim.

Gecko (Overdrive) – Becky Hills & Oliver Heldens

‘Gecko (Overdrive)’ merupakan lagu EDM romantis yang lebih upbeat, kolaborasi antara DJ Belanda, Oliver Heldens dangen Becky Hill mengisi vokal. Track ini masuk dalam kategori future house, subgenre yang mempertemukan electro dance dengan elemen deep house dan UK garage.

Identik dengan bassline-nya yang bouncy, komposisi yang lebih dinamis jika dibandingkan dengan track deep house, dan pastinya menghasilkan melodi yang cacthy. ‘Gecko (Overdrive) menuai kesuksesan komersial terutama di Inggris.

Rather Be – Clean Bandit

‘Rather Be’ bisa jadi track yang mendongkrak popularitas dan akan selalu diingat sebagai hits dari EDM grup Inggris, Clean Bandit. Rilis pada 2014, penyanyi Jess Glynne mengisi vokal untuk track EDM yang dipadukan dengan elemen instrumen klasik ini. Fusion musik tersebut yang kemudian menjadi ciri khas dari Clean Bandit dalam hits-hits selanjutnya.

‘Rather Be’ sendiri menjadi track pernyataan cinta tentang seseorang yang hanya ingin berada di sisi orang ia cintai daripada dimana pun di dunia ini tanpanya. Musik catchy dengan hook yang mudah diingat membuat lagu ini menjadi salah satu anthem EDM mainstream pada masanya.

This Girl – Kungs vs. Cookin’ On 3 Burners

‘This Girl’ versi ini merupakan remix dari DJ Perancis, Kungs. Originalnya, ‘This Girl’ merupakan track dari trio funk asal Australia, Cookin’ on 3 Burners pada 2009. Rilis pada 2016, ini menjadi track EDM romantis yang populer setelah dikemas ulang dalam musik electronic dance, masih dengan cita rasa originalnya funk dan soul.

Kompossi brass dan vokal Kylie Auldist juga masih menjadi elemen utama yang dipertahankan dalam remix ini. Ini juga menjadi salah satu house track yang chill dalam daftar ini.

Clarity – Zedd feat, Foxes

Setelah Calvin Harris dan The Chainsmoker, Zedd juga menjadi salah satu DJ yang populer di skena musik EDM 2010an. Salah satu track romantisnya yang populer adalah ‘Clarity’ dengan penyanyi Foxes.

Dengan lirik yang lebih galau, ‘Clarity’ menjadi lagu yang menminta kejelasan dalam hubungan cinta. Rilis pada 2012 dalam EP “Spectrum”, ini menjadi titik awal popularitas produser berdarah Jerman-Rusia ini di skena mainstream.

Addicted To You – Avicii

Avicii juga menjadi DJ paling terkenal pada masanya dan akan selalu kita kenang. Dari banyak hits yang telah ia luncurkan, ‘Addicted to You’ menjadi lagu EDM romantis yang cocok masuk dalam daftar ini. Rilis pada 2013, Audra Mae menjadi penyanyi yang mengisi track EDM ini dengan warna vocal yang nge-blues.

‘Addicted to You” menjadi lagu electronic dance yang berpadu dengan elemen folk, ciri khas dari Avicii. Lagu yang upbeat namun melankolis ini memiliki lirik tentang cinta yang intens dengan hasrat dan candu.

We Found Love – Rihanna feat. Calvin Harris

Calvin Harris memang DJ yang jago mengkomposisi lagu EDM romantis dengan aransemen yang terdengar euphoric serta mengindikasikan perayaan. ‘We Found Love’ merupakan hits kolaborasinya dengan popstar, Rihanna untuk album “Talk That Talk” pada 2011.

Ini menjadi track kolaborasi yang sempurna dimana kita bisa mendengar signature musik dari kedua musisi yang terlibat. Track ini juga rilis bertepat pada puncak karir Harris dengan album “18 Months” serta masa berjaya Rihanna yang sedang aktif-aktifnya pada era 2010an.

Declan McKenna: What Happened to the Beach? Declan McKenna: What Happened to the Beach?

Declan McKenna: What Happened to the Beach? Album Review

Music

Ariana Grande: Eternal Sunshine Ariana Grande: Eternal Sunshine

Ariana Grande: Eternal Sunshine Album Review

Music

Monkey Man Monkey Man

Film & Serial Terbaru April 2024

Cultura Lists

Java Jazz Festival 2024: Embracing Unity Through Music

Entertainment

Connect