Connect with us
Tips Memulai Startup Creative Sendiri

Tips Memulai Startup Creative Sendiri

Mengembangkan startup memiliki tantangan yang sedikit berbeda dari kebanyakan bisnis lain.

Sudah menjadi impian hampir semua pekerja kreatif kalangan millenial untuk menjadi bos dari usaha mereka sendiri. Tapi tidak banyak yang berani mengambil keputusan untuk mengejar passion sebagai seorang entrepreneur. Banyak yang beranggapan bahwa memulai bisnis sendiri adalah sesuatu yang sulit, namun sebenarnya melalui beberapa tips, hal ini masih sesuatu yang sangat memungkinkan.

Memulai startup creative sendiri sebenarnya masih menjadi bagian paling gampang dari perjalanan panjang untuk menjadi entrepreneur yang sukses. Karena bagian yang paling sulit adalah bagaimana menjaga stabilitas pertumbuhan dan perkembangan bisnis kreatif kita. Baik jasa atau produk, kunci keselamatan bisnis adalah sebuah fondasi yang kuat.

Hampir semua orang bisa membangun creative startup mereka sendiri. Tapi langkah-langkah awal penting untuk menjaga ketahanan dan eksistensi bisnis tersebut. Karena mengembangkan sebuah startup memiliki tantangan yang sedikit berbeda dari kebanyakan bisnis lain.

Tentukan ide dan rencana bisnis

Banyak yang setuju bahwa sebuah startup memiliki DNA yang berbeda dari bisnis-bisnis lain. Aman untuk dibilang bahwa sebuah startup adalah perusahaan yang memiliki visi untuk menyelesaikan masalah sosial. Jadi dari awal perintisan inovasi harus menjadi bagian utama dari ide bisnis startup tersebut.

Dalam penentuan ide bisnis ini, pastikan kita menyediakan solusi untuk suatu masalah yang nyata. Misalkan dalam industri kreatif, kita bisa melihat kesempatan-kesempatan dalam sisi produksi karya kreatif, layanan jasa sebagai agency, atau menjadi penyedia produk yang dibutuhkan industri kreatif secara luas. Mulailah mencari ide dari lingkungan industri kreatif sekitar. Perhatikan di mana adanya kebutuhan dan jadilah solusi dari kebutuhan tersebut.

Jika memang benar dari awal visi rencana bisnis ini menjawab sebuah kebutuhan yang sangat nyata, kemungkinannya sangat besar untuk bisnis kita bertahan lama.

Analisa saingan

Posisi itu penting, bagaimana kita memposisikan bisnis startup di luasnya ekosistem industri kreatif lingkungan kita, menjadi salah satu jangkar itu penting bagi ketahanan startup. Kenali saingan, baik yang direct atau indirect. Dengan memahami posisi brand startup kita dalam lanskap industri, kita bisa membuat strategi perkembangan yang jelas dan efisien.

Kalau kita memposisikan startup sebagai layanan jasa yang banyak saingannya, mungkin kita bisa membuat inovasi baru untuk membedakan diri. Atau jika kita menjual produk yang memiliki saingan yang mempunyai produk yang mirip, kita bisa mengubah pricing strategy. Pada intinya dengan mengenal posisi brand startup dan posisi pesaing, pertumbuhan startup kita akan lebih mudah mengatur strateginya.

Membangun team yang sepemikiran

Dalam masa awal inkubasi startup, penting bahwa kita harus punya tim yang sepemikiran. Baik dalam visi, misi, dan tujuan akhir yang sama. Orang-orang terdekat inilah yang akan menjadi tulang punggung utama dalam pertumbuhan startup kita menjadi bisnis yang sukses.

Tentu orang-orang dalam tim awal tidak harus orang yang selalu setuju dengan semua keputusan kita. Namun, penting bagi tim awal ini agar mempunyai sikap dan semangat yang sama untuk mengembangkan startup menjadi sesuatu yang besar dengan visi yang searah.

Maka dari itu, perbedaan pendapat sangat penting namun tetap harus dipimpin oleh satu arahan tujuan yang sama. Yang paling penting dalam masa awal startup, pastikan adanya tim yang memahami bagian hukum, keuangan, dan arahan kreatif bisnis tersebut.

Selalu berinovasi

Pastikan startup kita selalu menjadi yang terdepan dalam pembentukan ide-ide cemerlang. Memang ini bukan hal yang mudah, tapi selalu mempunyai jiwa berinovasi akan membuat startup kita dicari oleh konsumen atau partner. Jika kita selalu mengarahkan tenaga dan fokus dengan ide-ide yang sebelumnya belum dipikirkan oleh orang lain, pasti bisnis kita selalu menarik perhatian ekosistem kreatif di lingkungan kita.

Inovasi adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menjadikan inspirasi menjadi kenyataan. Begitu pula dengan inovasi di dunia seni. Kita bisa merasakan pengalaman dunia virtual 3D inovatif yang penuh karya menembus batasan kreasi dalam format dan medium baru. Jika ingin tau lebih lanjut ikuti link di sini.

tips fotografi tips fotografi

Membentuk Mindset Untuk Memulai Karir Fotografi

Art

Cara Menembus Pasar dengan Musik Kita Cara Menembus Pasar dengan Musik Kita

Cara Menembus Pasar dengan Musik Kita

Music

Skill Nge-DJ Online Paling UnderratedSkill Nge-DJ Online Paling Underrated Skill Nge-DJ Online Paling UnderratedSkill Nge-DJ Online Paling Underrated

Skill Nge-DJ Online Paling Underrated

Music

Menemukan Style Sendiri dalam Berkarya Menemukan Style Sendiri dalam Berkarya

Menemukan Style Sendiri dalam Berkarya

Culture

Advertisement
https://www.cultura.id?_dnembed=true
Connect