Connect with us
The Occupant
Netflix

Film

The Occupant: Film Suspense Minimalis Setema Dengan Parasite

Plot terlalu minimalis, membuat kisah jadi hampa.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

The Occupant (judul asli ‘Hogar’) merupakan Netflix Original Movie terbaru dari Spanyol yang sudah streaming sejak Maret 2020. Film ini disutradarai oleh David dan Alex Pastor, serta dibintangi oleh Javier Gutierrez sebagai Javier Munoz.

Film dengan genre drama suspense ini bercerita tentang Javier, seorang eksekutif dalam bidang periklanan yang harus merelakan kehidupan mapannya setelah kehilangan pekerjaan.

Javier beserta istri dan anaknya harus meninggalkan apartemen mewah mereka dan tinggal di apartemen biasa dan kembali mencari kerja untuk menyambung hidup. Masih tak bisa merelakan kehidupan lamanya, Javier pun mulai menunjukan perilaku aneh yaitu menjadi stalker dari keluarga baru yang menempati apartemen mewahnya sekarang.

Mengangkat Tema Kesenjangan Sosial Namun dengan Kemasan Suspense

Masih ingat aksi keluarga Kim menginvasi kehidupan keluarga Park yang kaya dalam film Parasite? The Occupant kurang lebih juga memiliki konsep cerita yang cukup serupa, namun lebih kental dengan plot suspense dan sama sekali tidak mengandung unsur humor. Javier juga melancarkan aksinya sendirian untuk mendapatkan kenyamanan bagi dirinya sendiri. Cukup serupa dengan aksi Amy Dunne dalam film Gone Girl.

The Occupant

Netflix

Konten kesenjangan sosial juga ditampilkan dalam beberapa adegan seperti perbedaan pemandangan di apartemen mewah dan apartemen biasa. Begitu pula pada materi iklan generic yang memberikan bagaimana gambaran semestinya keluarga “sempurna” di masyarakat.

Plot Terlalu Minimalis, Membuat Kisah Terasa Hampa

Tak hanya produksi lokasi syuting dan sinematografinya yang dominan dengan desain minimalis, plot The Occupant juga sangat minimalis. Terlalu minimalis hingga terasa hampa. Mungkin kesunyian yang ditampilkan dalam film ini niatnya untuk membangun suasana suspense yang menjadi genre utama. Alih-alih tegang, pengembangan plot terlalu lambat dan membuat penonton keburu bosan.

Sebetulnya ada beberapa adegan yang cukup mengandung ketegangan, namun hanya pada beberapa babak dalam film. Namun sisanya, dalam durasi film kurang lebih 1 setengah jam, cerita terasa terlalu diulur-ulur dan membuat kita semakin kesal. Ada banyak pertanyaan juga yang muncul pada babak pertama film, namun sampai akhir kisah, kita tak akan mendapatkan jawabnya. Terutama tentang latar belakang Javier sebagai pemeran utama.

Padahal, jika dilihat dari bagaimana film ini mengawali dan mengakhiri kisahnya, tampak pola dengan konsep produksi yang cukup diperhitungkan. Tampaknya David dan Alex Pastor tahu bagaimana ingin mengawali dan mengakhiri film ini, namun tak terlalu mantap dalam mengisi ceritanya.

Penampilan Javier Gutierrez sebagai Karakter Kunci

Javier Gutierrez memberikan penampilan yang cukup memukau sebagai Javier Munoz. Mengcasting aktor satu ini bisa menjadi salah satu nilai plus yang patut diapresiasi. Persona Gutierrez sangat cocok dengan karakter Javier; sebagai seorang eksekutif yang bermuka dua dan ambisius dalam mendapatkan apa yang ia inginkan.

The Occupant

Netflix

Pada babak awal kisah, kita akan dibuat cukup kasihan dengan karakter Javier. Namun karena kisah terlalu diulur-ulur dengan trik licik yang tidak terlalu cerdik, membuat kita melihat Javier bukan sebagai mastermind yang brillian, melainkan hanya penipu ulung dengan target yang lemah.

Padahal secara pembentukan karakter, Javier Munoz sangat berpotensi untuk dieksekusi sebagai karakter antagonis yang akan menghipnotis penonton untuk diam-diam mendukung aksi kriminalnya. Kita telah melihat banyak karakter antagonis atau sosok kriminal yang secara ajaib membuat kita luluh, bukan? Sayangnya bukan untuk karakter satu ini.

Plot yang Kurang Realistis dan Mendukung Pemeran Utama

(slight spoiler)

Apa Pastor bersaudara terlalu mencintai karakter Javier dalam kisah ini? Karena semua rencana Javier tampak berjalan dengan mulus dalam film ini. Sebetulnya sangat mungkin untuk meracik kisah suspense dengan karakter utama yang cerdik dengan berbagai trik mengelabui “mangsa” yang membuat kita tak habis pikir.

The Occupant sayangnya tidak terlalu menunjukan “trick” yang menyenangkan seperti saat kita melihat Amy Dunne dan keluarga Kim dalam melancarkan aksinya dalam menjebak target mereka. Bisa dibilang yang melancarkan aksi Javier ya, sutradara yang menulis naskah film ini.

Meski memiliki unsur yang serupa dengan film Parasite dan Gone Girl, sayangnya The Occupant tidak memenuhi ekspektasi tersebut.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect