Connect with us
The Mystery of Marilyn Monroe: The Unheard Tapes
From Michael Ochs Archives/Getty Images.

Film

The Mystery of Marilyn Monroe: The Unheard Tapes Review

Tidak mengubah sejarah namun cukup informatif bagi kita belum familiar dengan tragedi Marilyn Monroe.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Sudah hampir 60 tahun lalu semenjak Marilyn Monroe meninggal, tepatnya pada 4 Agustus 1962. Ia ditemukan tak bernyawa di kediamannya, Brentwood, Los Angeles karena overdosis obat tidur. Tanpa kejanggalan di lokasi dan tanpa surat wasiat, pihak berwenang menyatakan bahwa kemungkinan besar sang aktris mengalami overdosis tanpa disengaja.

Sebagai aktris Hollywood paling terkenal pada masanya, kematian Monroe menjadi headline di banyak media. Mulai dari pemberitaan umum, hingga sederet jurnalis yang berbondong-bondong ingin mengungkap misteri dibalik meninggalnya Monroe dengan cara yang tragis. Salah satu jurnalis yang melakukan investigasi pribadi adalah Anthony Summers. Ia merekam wawancara langsung dan telepon dari berbagai narasumber yang cukup dekat dengan eksistensi Marilyn Monroe.

‘The Mystery of Marilyn Monroe’ merupakan film dokumenter yang memvisualkan setiap percakapan dari dokumentasi rekaman tersebut. Disertai footage kehidupan Amerika pada era 60-an dan footage kemunculan publik serta film-film Marilyn Monroe sebagai estetika.

The Mystery of Marilyn Monroe: The Unheard Tapes

Sepak Terjang Marilyn Monroe, Kehidupan yang Problematik, Skandal dengan Kennedy Bersaudara

‘The Mystery of Marilyn Monroe’ merangkum kisah hidup aktris dengan nama asli Norma Jeane Morteson. Mulai dari latar belakangnya sebagai anak yatim piatu yang merindukan kasih sayang orang tua, kesuksesannya di Hollywood, hingga akhir hidupnya yang tragis. Bagaimana masa kecilnya mempengaruhi Monroe kerap menghadapi skenario yang problematik meski dalam kesuksesan sebagai artis.

Anthony juga tampak ingin mengingatkan kita akan citra sejati Marilyn Monroe sebagai aktris. Bahwa Ia lebih dari sekadar gadis pin-up, atau simbol seks di Hollywood pada era 50-an hingga 60-an. Norma hanyalah gadis pinggir kota yang memiliki mimpi besar,Ia ingin menjadi aktris, aktris yang berbakat dan benar-benar yang terbaik.

Kemudian topik yang paling diantisipasi dalam dokumenter ini; misteri dibalik kematian Marilyn Monroe. Bagaimana Ia terlibat dengan Presiden Amerika, John F. Kennedy dan Robert Kennedy. Hingga akhirnya lebih dari terlibat dalam skenario hubungan terlarang, namun juga terlibat dalam problematika politik yang mengancam reputasi JFK.

The Mystery of Marilyn Monroe: The Unheard Tapes

Informasi yang Sudah Bukan Rahasia Lagi Seputar Marilyn Monroe

Film dokumenter ini sebetulnya secara teknis bukan pertama kalinya diungkap ke publik. Melalui koleksi dokumentasi rekaman audio ini, Anthony Summers telah menerbitkan buku “Goddess: The Secret Lives of Marilyn Monroe” pada 1985. Film yang disutradarai oleh Emma Cooper ini ibarat materi mentah dari buku biografi tersebut. Tak lebih dari sekumpulan rekaman dalam format audio tanpa rahasia baru untuk diungkap. 60 tahun telah berlalu, semua yang dipaparkan dalam dokumenter ini sudah bukan informasi baru lagi bagi dunia.

Dengan fakta tersebut, judul ‘The Mystery of Marilyn Monroe’ hanyalah  judul clickbait. Klaim ‘rekaman audio yang belum pernah didengar’ pun tak lebih dari sekadar gimmick. Memang belum pernah di dengar, namun telah ditranskrip untuk dibaca oleh publik. Kronologi kisah Monroe yang dijabarkan pun seakan-akan mencoba untuk membangun suspense dan misteri. Seakan ada kebenaran baru yang menanti kita di akhir dokumenter.

Hingga pada akhirnya semua hanya berdasarkan asumi dan rumor yang sudah diketahui oleh publik. Marilyn Monroe memang meninggal karena overdosis obat tidur.

Kebiasaan Netflix Mendaur Ulang Konten Lama dengan Dokumenter Original

Netflix tak pernah kehabisan topik menarik untuk diangkat menjadi dokumenter original. Karena banyak dari audience Netflix sedang ketagihan dengan konten seperti ini. Entah mengungkap skandal terbaru hingga kasus yang sudah basi. Nama Marilyn Monroe kembali muncul di skena showbiz semenjak pengumuman drama biopik terbaru Netflix, “Blonde”. Film tersebut akan dirilis di Netflix juga, dibintangi oleh Ana de Armas dan diarahkan oleh sutradara Andrew Dominik.

Namun film dokumenter ini merupakan salah satu proyek dokumenter yang masuk dalam kategori ‘unecessary documentary’ di Netflix. Mungkin bisa menjadi tontonan informatif bagi kita yang sama sekali tidak familiar dengan skandal dan misteri dibalik kematian Marilyn Monroe. Meski secara umum “The Mystery of Marilyn Monroe: The Unheard Tapes” adalah materi daur ulang yang tidak memberikan kebenaran baru.

Click to comment

top gun maverick top gun maverick

Top Gun: Maverick Review – Sajian Nostalgia Yang Mendebarkan

Film

Chip ‘n Dale: Rescue Rangers Chip ‘n Dale: Rescue Rangers

Chip n’ Dale: Rescue Rangers Review

Film

Little Big Women Little Big Women

Little Big Women: Cerita Para Perempuan dan Cara Menyembuhkan Diri dengan Memaafkan

Film

Coda review Coda review

CODA Review: Antara Mimpi dan Menjadi Telinga Bagi Orang Lain

Film

Advertisement
Connect