Connect with us
The Fiery Priest Review

TV

The Fiery Priest Review

Kisah tentang seorang pastor yang berbeda dari biasanya.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

The Fiery Priest merupakan salah satu drama dengan rating tertinggi sepanjang tahun 2019. Drama dengan jumlah episode sebanyak 40 ini memang mengangkat cerita yang tak biasa. Kesuksesan drama ini juga terlihat dari banyaknya penghargaan yang diborong. Pemeran utamanya mendapatkan penghargaan aktor terbaik (grand prize atau daesang) dalam SBS Drama Awards 2019.

Kim Hae Il (Kim Nam Gil) adalah seorang pastor yang tidak biasa. Saking apa adanya, ia cenderung kasar. Sebenarnya ia orang yang baik karena tak tahan dalam memberantas kejahatan. Namun ia seringkali menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri. Hae Il tak peduli bila itu artinya ia harus berkelahi dengan preman atau membentak orang. Kesabarannya sungguh tipis untuk ukuran seorang pastor. Hal ini membuat ia dipandang aneh oleh masyarakat.

The Fiery Priest Review

The Fiery Priest

Koo Dae Young (Kim Sung Kyun) adalah seorang polisi yang lurus hidupnya. Namun karena terlalu naif ia justru dipermainkan orang. Dae Young tak tahu kalau rekan-rekan dalam timnya kerap bermain aman. Mereka bekerja sama dengan pengusaha ataupun preman demi keuntungan pribadi. Begitu juga dengan jaksa Park Kyung Sun (Lee Honey), seorang ambisius dalam pekerjaan. Ia berani mengambil langkah berbeda demi keuntungan dirinya. Termasuk, menjilat yang lebih berkuasa.

Walaupun awalnya tidak berhubungan satu sama lain, ketiganya akan bekerja sama dalam memecahkan kasus. Tapi hal ini tak dimulai dengan mulus. Awalnya Hae Il bersikap jutek dengan Kyung Sun.

Hae Il yang terpaksa pindah ke gereja lain untuk menghindari hukuman atas perbuatannya main hakim sendiri sebenarnya tak mau ikut campur lagi urusan orang lain. Namun ia merasa mendapat pertanda Tuhan bahwa ia tak boleh berhenti membela kebenaran.

The Fiery Priest Review

The Fiery Priest

Sebenarnya film ini tidak sesederhana mengangkat premis kebaikan melawan kejahatan. Walaupun Hae Il membela yang lemah dan melawan para kriminal, ia tak melakukannya dengan cara yang benar juga. Karena merasa kuat ia kerap menghajar musuhnya di tempat. Sehingga ia dianggap bukan contoh yang baik bagi umat. Tapi inilah sisi menarik dari The Fiery Priest. Hal yang tidak biasa justru menjadi bahan bakar komedi dalam drama ini. Kita dibuat tertawa dengan dialog-dialog yang cerdas sekaligus menyentil.

Kim Nam Gil dan Lee Honey pun sangat sukses memerankan karakternya masing-masing. Keduanya sudah lama malang melintang di industri hiburan sehingga kemampuannya sudah sangat terasah.

Selain itu karakter keduanya memang unik. Contohnya saat adegan Kyung Sun menjilat atasannya. Ia sengaja mengubah nada bicara menjadi lebih berwibawa. Ia pintar sekali “nyemplung” dalam dunia laki-laki di mana perempuan diharapkan terlihat tegas dan mengurangi kadar feminitasnya agar lebih mudah diterima. Adegan ini adalah salah satu yang sangat impresif.

Dialog yang cerdas, adegan yang lucunya tidak dibuat-buat, hingga bagaimana realita pahit disajikan menarik adalah nilai plus drama ini. Kita akan melihat bagaimana oknum polisi melakukan penyergapan pura-pura hingga pemerintah daerah yang bermain kotor tapi mendapat elektabilitas baik di mata publik. Skenario maupun aktingnya ciamik sehingga saling melengkapi.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect