Connect with us
The Batman Review
Warner Bros.

Film

The Batman Review: Pendewasaan Sang Vigilante Kelelawar

Memberikan pengalaman sinematik gritty berbalut pendewasaan.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Batman merupakan salah satu karakter dari franchise DC yang terkenal dengan nuansa gritty sebagai vigilante di kota Gotham. Selama ini, para penikmat pop culture mungkin mengenal pahlawan malam tersebut sebagai karakter yang sudah tahan banting. Namun, sisi berbeda justru ditampilkan pada ‘The Batman’ yang sudah hadir di bioskop.

‘The Batman’ merupakan film superhero arahan Matt Reeves yang diposisikan sebagai reboot dari seri film Batman dan terpisah dari semesta DC Extended Universe. Dibintangi Robert Pattinson sebagai sang pahlawan berjubah kelelawar, film ini berkisah tentang sosok Bruce Wayne yang baru dua tahun menjadi Batman. Setelah terbunuhnya walikota Gotham, ia berusaha untuk menumpas The Riddler, pembunuh berantai yang mengincar orang-orang ternama di kota tersebut.

The Batman Review

Layaknya berbagai film superhero yang sudah-sudah, ‘The Batman’ tetap mengusung premis umum yang membawa sang pahlawan untuk menumpas kejahatan dari penjahat yang berkeliaran dalam semesta tersebut. Tentu saja, cerita yang seperti ini akan mudah ditebak alurnya.

Akan tetapi, hal yang membuat ‘The Batman’ ini menarik adalah penggambaran Batman-nya yang lebih berfokus ala detektif dalam berbagai konflik di dalamnya. Inilah yang membuat film superhero arahan Matt Reeves ini berbeda dengan versi DC Extended Universe, bahkan penceritaannya bisa dibilang mendekati apa yang dibawa Christopher Nolan dalam trilogi ‘The Dark Knight’ beberapa tahun lalu.

Cerita yang penuh teka-teki tersebut tentunya mudah untuk membuat penonton menerka-nerka apa yang sebenarnya terjadi dalam ‘The Batman’ dan berbagai misteri terselubung di semesta itu. Akan tetapi, durasinya yang hampir mencapai 180 menit membuat film ini terasa overwhelming bagi beberapa penonton dan menuntut perhatian ekstra sampai akhir.

The Batman

Perbedaan lain antara Batman dalam film reboot ini dengan versi DC Extended Universe adalah penggambaran Bruce Wayne yang ditampilkan lebih muda dalam tahun-tahun awalnya menjadi pahlawan malam Gotham. Alih-alih sudah sepenuhnya terbentuk, Batman versi baru ini ditampilkan masih sangat naif dan belum dewasa sehingga membuatnya terlihat sangat manusiawi.

‘The Batman’ sejatinya hadir sebagai pembangun karakter Batman, sebelum ia menjadi pahlawan yang nantinya akan dikenal seperti sebelumnya. Melalui hadirnya ragam karakter seperti The Riddler dan Selina Kyle, sang vigilante perlahan terbentuk dengan sudut pandang yang jauh lebih dewasa seiring dengan dirinya dalam menegakkan keadilan di kota Gotham.

Tentu saja, Batman yang seperti itu dapat dibawakan dengan menawan oleh Robert Pattinson. Walau sempat diragukan karena legacy dari Edward Cullen, sang aktor mampu menampilkan Batman yang terasa sangat manusiawi dalam ‘The Batman’. Tidak hanya itu, hadirnya Paul Dano sebagai The Riddler juga mampu memberikan thrills yang selalu meninggalkan tanda tanya dalam setiap kemunculannya, walau durasi kemunculannya tak sebanyak sang pahlawan berjubah kelelawar tersebut.

Tidak hanya itu, ‘The Batman’ juga diimbangi dengan aspek teknis yang tak kalah menawan. Penggunaan warna antara warm dan cool membuat nuansa gritty di dalamnya terasa nyata. Disokong pula dengan sinematografi yang cenderung lamban pada sebagian besar adegannya, serta ditambah dengan scoring menawan dari Michael Giacchino menjadikan pengalaman sinematik dari film Matt Reeves ini pantang dilewatkan di layar lebar.

Pada akhirnya, ‘The Batman’ adalah film superhero yang tampil dengan nuansa gritty sebagai wadah memperlihatkan perkembangan sang karakter titular menjadi lebih dewasa melalui konflik dengan The Riddler. Dengan berbagai hal baiknya, sangat sulit untuk melewatkan film ini selagi tayang di bioskop.

Click to comment

Teka-teki Tika Review Teka-teki Tika Review

Teka-teki Tika Review: Wadah Eksperimen Tanggung Rasa

Film

Django Unchained Django Unchained

Django Unchained Review: Kisah Balas Dendam Seorang Budak

Film

Cyber Hell: Exposing an Internet Horror Cyber Hell: Exposing an Internet Horror

Cyber Hell: Exposing an Internet Horror Review

Film

A Beautiful Mind A Beautiful Mind

A Beautiful Mind Review: Kisah Perjuangan Matematikawan Peraih Nobel

Film

Advertisement
Connect