Connect with us
Skill Nge-DJ Online Paling UnderratedSkill Nge-DJ Online Paling Underrated

Skill Nge-DJ Online Paling Underrated

Beberapa skill nge-DJ online paling underrated yang bisa dipelajari!

Buat yang suka sama musik elektronik dan sering datang ke acara-acara hiburan malam atau party sebelum pandemi ini melanda—terutama di kota yang hiburan malamnya subur kayak Jakarta—pasti sudah tidak asing dengan konsep live streaming yang sudah ramai diadopsi.

Konsep nge-DJ secara online atau live streaming yang digunakan banyak pihak sebagai solusi sementara pengganti acara party memang bukan sebuah konsep baru, tapi kemasan acara-acara yang segar seperti yang banyak dilakukan oleh komunitas belakangan ini menjadi menarik karena banyak menampilkan sisi kreatif dari para pembuatnya.

Bahkan tidak sedikit yang menjadikan ini sebuah rutinitas kala tawaran gig sepi karena tempat-tempat tutup. Format dan konsepnya pun jadi makin beragam. Ada yang sekadar live streaming dari kamar; ada yang menggunakan format festival; ada yang menambahkan unsur interaktif dengan konsep dunia virtual; ada yang mengutamakan elemen visual dengan mengutak-atik pencahayaan atau lokasi; dan masih banyak lagi.

Dengan akses yang makin gampang dan platform yang makin banyak, sekarang sudah banyak yang mencoba nge-DJ secara online atau live streaming. Tentunya hal ini tidak akan bisa menggantikan secara penuh sebuah party di club atau bar. Tapi kalau dieksekusi dengan baik, nge-DJ dengan cara live streaming bisa mendatangkan eksposur atau interaksi digital yang tidak kita duga sebelumnya. Terkadang jika terarsip secara rapi dan saklek, rekaman dari live stream itu juga bisa jadi materi promosi ke depannya.

Tapi kalaau dibandingkan, sensasi gig nge-DJ secara online dengan gig di party sungguhan pasti ada perbedaan tersendiri. Begitu juga dengan skill yang dibutuhkan. Berikut ini ada beberapa skill nge-DJ online paling underrated yang bisa dipelajari!

Berani eksperimen seleksi musik

Banyak DJ yang memperlakukan gig online dan gig sungguhan dengan cara yang sama—bahkan sampai dengan pilihan trek atau seleksi musik yang sama persis. Hal ini terkadang bikin acara-acara live stream jadi basi, apalagi jika treatment visual atau konsepnya biasa-biasa saja.

Nge-DJ secara online atau live streaming sebenarnya memberikan kesempatan yang besar untuk kita bereksperimen dengan paduan dan seleksi musik yang belum pernah dicoba sebelumnya di gig-gig dengan audiens yang hadir secara fisik. Hal ini membuat kemampuan kita dalam bereksperimen dan bereksplorasi akan menjadi unsur plus sebagai penentu yang bikin gig online jadi lebih seru atau tidak!

Maintain energi dalam set meski tanpa kehadiran fisik audiens

Walaupun dengan fitur-fitur substitusi interaksi dengan penonton layaknya chat box atau semacamnya, energi yang didatangkan dari kehadiran audiens secara fisik memang susah tergantikan. Apalagi untuk yang terbiasa membaca mood dan situasi ruangan. Jadi, waktu nge-DJ buat acara online kita butuh untuk sedikit mengimajinasikan sebuah situasi dengan mood tertentu agar energi yang ada dalam set tetap terjaga dengan baik.

Dengan agak berandai-andai, kita juga akan bisa mencoba merekayasa set agar cocok dengan situasi tertentu yang mungkin belum pernah kita dapatkan sebelumnya!

Mencari ide-ide live streaming yang unik

Banyaknya acara dengan format live streaming tentunya membuat persaingan untuk menarik banyaknya penonton jadi makin ketat. Apalagi kalau semuanya menggunakan konsep yang sama dan itu-itu saja. Jadi, kemasan sebuah acara live streaming tentunya jadi penentu keunikan pengalaman yang ditawarkan tiap acara.

Semua bergantung pada ide-ide dari presentasi acara itu sendiri. Karena itu, lebih baik lagi kalau kita selalu terbuka untuk mencari dan mencoba ide-ide segar yang membuat acara live streaming jadi seru untuk ditonton!

Ingin merasakan pengalaman menonton karya musisi online yang menembus batas kreativitas? Ikuti pengalaman dunia virtual 3D yang penuh karya di sini.

Adele Easy On Me Adele Easy On Me

Adele: Easy On Me Single Review

Music

Sore Sore

Sore dan Pengalaman Panggung Kesukaannya

Music

The Last Shadow Puppets The Last Shadow Puppets

Best Songs of The Last Shadow Puppets

Cultura Lists

Best Songs of Babymetal Best Songs of Babymetal

Best Songs of Babymetal

Cultura Lists

Advertisement
https://www.cultura.id?_dnembed=true
Connect