Connect with us
Serious Men
Netflix

Film

Serious Men Review: Kesenjangan Sosial dan Pendidikan Anak

Film bergenre komedi satire tentang kesenjangan sosial dan pendidikan anak.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Serious Men merupakan Netflix Original Movie terbaru yang diproduksi oleh Bollywood. Disutradari oleh Sudhir Mishar, film ini diadaptasi dari novel berjudul serupa karya Manu Joseph. Bercerita tentang seorang asisten peneliti antariksa, Ayyan Mani, yang kemudian dianugerahi seorang anak bernama Adi Mani. Demi masa depan anaknya yang lebih cerah dan lepas dari jerat kasta kelas bawah, Ayyan pun menghalalkan segala cara untuk membuat anaknya menjadi bocah jenius yang terkenal.

Film ini memiliki esensi cerita yang cukup serupa dengan film Parasite (2019), yaitu mengangkat materi kesenjangan sosial. Ayyan Mani juga melakukan penipuan untuk mengelabui pihak tertentu demi keuntungannya sendiri, serupa dengan keluarga Kim. Begitu juga sentuhan komedi dan konsep yang tidak memposisikan pihak underdog sebagai pihak yang lemah, namun memiliki ambisi dan tipu muslihat yang patut diakui cukup cerdik. Melalui Serious Men, kita akan melihat pentingnya pendidikan untuk meningkatkan strata sosial seseorang.

Ayyan Mani yang Memiliki Penokohan Kuat Sebagai Pemeran Utama

Ayyan Mani mungkin lahir dari kasta rendah, namun Ia peka dengan lingkungan sekitarnya. Ayyan paham watak orang-orang tertentu dan bagaimana cara kerja dunia. Setiap dialog hingga pemikiran dalam bentuk narasi dari karakter ini sangat menarik untuk disimak. Ia percaya bahwa pendidikan yang tinggi dan kecerdasaan merupakan jalan untuk masa depan anaknya yang lebih baik dari dirinya. Ia juga merupakan sosok yang cerdik dan manipulatif dalam menjalankan rencananya. Karakter Ayyan memiliki penokohan yang kuat, lengkap dengan kualitas terbaik dan terburuk dalam dirinya.

Serious Men

Netflix

Sebagai karakter utama, penokohan Ayyan Mani sudah cukup dramatis, kompleks, namun realistis. Baik sebagai orang tua yang mencintai anaknya, maupun manusia kasta bawah yang hendak melawan dunia. Karakter ini mampu membawa film Serious Men dari awal hingga akhir menjadi sangat dinamis dan menarik untuk diikuti.

Menghibur Dengan Humor yang Tidak Berlebihan dan Mengandung Isu Berbobot

Dengan babak prolog yang cukup panjang, sudah disematkan sentuhan humor yang akan menggelitik penonton. Namun, materi komedi yang disematkan tidak akan terasa berlebihan seperti film Bollywood bergenre komedi lainnya. Salah satu materi humor satire yang menarik dalam film ini adalah; konsep dimana ketika orang tidak paham apa yang kita katakan, berarti kita adalah seorang jenius.

Materi ini bisa jadi merupakan poin humor utama yang terkandung dalam Serious Men. Ayyan menyebut atasan yang seorang ilmuan sebagai ‘serious man’ karena kemampuannya merekayasa teori ilmiah (secara teknis merupakan fiksi ilmiah) yang secara mengejutkan mampu memanipulasi orang untuk melihatnya sebagai seorang cendekiawan berkelas. Orang berjas dengan kehidupan mapan dan status sosial tinggi. Hal ini pun menjadi standar bagi Ayyan Mani untuk membentuk anaknya, Ia ingin anaknya menjadi ‘serious man’ yang tak kalah sukses.

Konsep tersebut membuat keseluruhan esensi film Serious Men merupakan lelucon itu sendiri. Kalau mau dibilang, dari awal hingga mendekati akhir kisah, semuanya adalah lelucon. Baik sosok ilmuan atasan Ayyan, trik Ayyan dalam membentuk persona anaknya, hingga orang-orang yang terbujuk dengan kejeniusan Adi.

Serious Men

Netflix

Kesenjangan Sosial, Pendidikan, dan Pola Asuh Orang Tua

Serious Men akan membawa kita pada realita kehidupan masyarakat India yang masih menggunakan sistem kasta. Sebagai penduduk rumah susun yang kumuh, Ayyan dengan percaya diri mendaftarkan Adi ke sekolah swasta berkualitas. Meski harus berhadapkan dengan sistem kasta yang bahkan berlaku pada proses pendaftaran sekolah. Kita bisa melihat bagaimana krisis pendidikan dan kesenjangan sosial di India bermula. Sejak memulai pendidikan saja kasta mereka sudah menjadi penghalang atau mempermudah jalan menuju masa depan.

Dengan begini, orang kasta tinggi akan selalu menutup jalan kasta yang lebih rendah. Selamanya akan seperti itu dan tak ada kesempatan bagi masyarakat kelas bawah untuk lepas dari jerat kemiskinan, tinggal di rusun yang kumuh. Ayyan paham konsep kehidupan tersebut dan memutuskan untuk mengambil tindakan ekstrim untuk mengubah hidupnya.

Serious Men

Netflix

Pendidikan mempengaruhi kesuksesan anak demi mendapatkan status sosial yang lebih baik. Setidaknya begitulah cara kerja dunia secara umum. Sementara pola asuh orang tua mempengaruhi pembentukan karakter anak dan performa anak di sekolah.

Dalam kisah ini, Ayyan digambarkan sebagai sosok ayah yang memaksakan kehendak pada anaknya. Seiring berjalannya cerita, kita akan menyadari bahwa apa yang dilakukan Ayyan merupakan pola asuh yang sangat buruk, meski didasari dengan rasa cinta. Yakinilah bawah sebetulnya itu alasan dari kebanyakan sosok orangtua yang keras pada anaknya soal prestasi di sekolah. Namun seringkali rasa cinta itu diungkapkan dengan cara yang salah. Oja Mani sebagai ibu Adi menjadi penyeimbang kerasnya Ayyan. Ia ibu yang sangat menjunjung tinggi rasa hormat pada orang tua dan sang pencipta. Ia tak ingin Adi menjadi anak jenius yang sombong dan tak tahu tata krama.

Serious Men bisa menjadi tontonan berkualitas dan patut disaksikan untuk menambah pemahaman kita tentang isu kesenjangan sosial di India. Kesenjangan sosial memang ada di mana-mana, namun setiap negara memiliki potret yang berbeda dan menarik untuk dipahami.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect