Connect with us
Self Made: Inspired by The Life of Madam C.J. Walker
Netflix

TV

Self Made: Inspired by The Life of Madam C.J. Walker Review

Kisah Sukses Miliarder Wanita Kulit Hitam Pertama di Amerika Serikat.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Sesuai dengan judulnya, Self Made merupakan sebuah limited series yang bercerita tentang kesuksesan seorang Madam C.J. Walker. Berawal dari seorang tukang cuci yang sering dikucilkan karena kondisi rambutnya yang sering rontok, Madam C.J. Walker membulatkan tekadnya untuk menciptakan sebuah racikan penumbuh rambut. Racikan tersebut mampu membawa dirinya menjadi seorang miliarder wanita kulit hitam pertama di Amerika Serikat.

Kualitas akting para bintang yang bergabung dalam limited series ini sangat menonjol, salah satunya adalah Octavia Spencer. Berkat aktingnya sebagai Madam C.J. Walker, Spencer menuai banyak pujian. Namun, pujian tersebut nampaknya hanya didapatkan oleh para aktor dan aktris karena naskah serial ini menerima cukup banyak kritikan.

Self Made: Inspired by The Life of Madam C.J. Walker

Netflix

Tekad, Ambisi, dan Mimpi yang Kuat Merupakan Jalan Sukses Seorang Madam C.J. Walker

Madam C.J. Walker (Octavia Spencer) terlahir dengan nama asli Sarah Breedlove. Sarah memiliki seorang anak perempuan bernama Lelia (Tiffany Haddish) dari suami pertamanya, namun pernikahannya berakhir karena masalah ekonomi yang menimpa keluarganya.

Seorang pria bernama Charles Joseph Walker (Blair Underwood) datang dalam kehidupan Sarah yang serba kesusahan. Ia membantu Sarah memulai bisnis racikan penumbuh rambut dan selalu menyemangati Sarah dan ambisi besarnya. Sarah akhirnya menikahi C.J. Walker dan memutuskan untuk memberi nama racikannya sebagai Racikan Penumbuh Rambut Madam C.J. Walker.

Self Made Review

Netflix

Menciptakan sebuah racikan penumbuh rambut yang dapat mengapresiasi kecantikan wanita kulit hitam adalah tujuan utama Madam C.J. Walker. Belajar dari pengalaman dikucilkan karena penampilannya membuat ambisi Walker menggebu-gebu. Ia ingin membuat semua wanita kulit hitam di Amerika Serikat merawat dan mencintai diri mereka sendiri.

Namun, banyak sekali rintangan yang harus Ia lalui untuk memiliki bisnis yang sukses. Masalah demi masalah menimpa Walker. Mulai dari masalah persaingannya dengan Addie (Carmen Ejogo) sampai dengan masalah keluarganya sendiri, namun kata menyerah tidak pernah ada dalam kamus sukses seorang Madam C.J. Walker.

Sebuah Serial yang Menghibur, namun Tidak Sesuai dengan Kisah Sebenarnya

Serial ini diadaptasi dari kisah nyata kehidupan Madam C.J. Walker pada tahun 1800-an akhir. Bertumpu pada novel yang ditulis oleh cicit perempuan Madam C.J. Walker, ternyata tetap membuat serial ini mendapatkan kritikan karena dianggap tidak menceritakan kisah Madam C.J. Walker yang sebenarnya.

Serial ini memang memiliki cerita yang sangat menghibur, namun dianggap tidak menghormati kisah dan perjuangan mendiang Madam C.J. Walker. Alih-alih menyorot lebih banyak kisah perjuangan suksesnya sebagai seorang pebisnis, serial ini lebih berfokus pada drama permasalahan rumah tangga Madam C.J. Walker. Bahkan beberapa kritikus menyebut serial ini terasa seperti serial telenovela.

Penggunaan latar musik hip-hop juga dianggap tidak cocok dengan latar waktu dan tempat yang dipakai dalam serial ini, namun beberapa penonton justru menganggap hal tersebut unik. Penggunaan musik hip-hop mungkin bertujuan untuk membuat kisah kuno Madam C.J. Walker menjadi lebih relevan dengan masa kini.

Selain kualitas akting OctaviaSpencer yang sangat menawan, Tiffany Haddish juga sangat menonjol dalam serial ini. Haddish memerankan Lelia yang penuh dengan semangat dan humoris. Kombinasi akting Octavia Spencer dan Tiffany Haddish sebagai ibu dan anak membuat Self Made terasa sangat menghibur.

Self Made: Inspired by The Life of Madam C.J. Walker

Netflix

Self Made merupakan sebuah limited series yang hanya terdiri dari empat episode. Jumlah episode yang sedikit dan durasi yang pendek mungkin membuat serial ini tidak mampu menceritakan keseluruhan kisah perjuangan Madam C.J. Walker sebagai pebisnis, namun serial ini tetap menghibur dan mampu memotivasi kita dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan rintangan.

Jumlah episode yang sedikit dengan durasi yang pendek membuat serial ini cocok dinikmati untuk mengisi waktu senggang. Self Made: Inspired by The Life of Madam C.J. Walker dapat dinikmati di Netflix sejak bulan Maret 2020.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect