Connect with us
Rekomendasi Kdrama Saeguk
Sungkyunkwan Scandal (2010)

15 Rekomendasi Kdrama Saeguk Terfavorit

Drama sejarah takkan pernah kehilangan penggemarnya.

Ada banyak drama berlatar belakang sejarah alias saeguk yang memecahkan rating di saluran televisi Korea. Beberapa drama ini bahkan juga memecahkan rating di negara-negara tetangga termasuk Indonesia.

Jalan cerita yang autentik, setting yang menarik, ditambah properti yang benar-benar sesuai dengan masa di mana kisah terjadi menjadi nilai jual utama. Beberapa bahkan sampai membukukan biaya produksi fantastis. Banyak dari drama ini dapat dinikmati di Netflix.

1. Moon Embracing The Sun (2012)

Drama dengan judul Korea Haereul Poomeun Dal dan diadaptasi dari novel berjudul sama ini dapat dinikmati di Netflix. Dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Han Ga In, berkisah tentang seorang perempuan yang ditakdirkan sebagai ratu. Namun sebelum ia sempat menikahi sang calon raja, ia mengalami percobaan pembunuhan. Setelah selamat ia kehilangan ingatan dan menjadi seorang shaman (dukun).

2. Jewel In The Palace (2003)

Drama ini dikenal sebagai salah satu yang paling berperan dalam menyebarnya Hallyu ke seluruh dunia. Dulunya disiarkan di Indosiar. Berkisah tentang dokter perempuan pertama dalam sejarah kerajaan di Korea. Saat itu ajaran orang-orang Korea sangat religius dan memegang teguh ajaran Konfusian. Sehingga dokter laki-laki hanya boleh merawat pasien lak-laki, begitu pula sebaliknya. Ialah yang memulai langkah perempuan untuk menjadi dokter.

3. The Great Queen Seondeok (2009)

Drama ini juga disiarkan di Indosiar. Salah satu drama dengan jumlah episode sangat banyak yang justru turun ratingnya ketika karakter antagonisnya meninggal. Bisa dibilang inilah salah satu saeguk paling sukses dengan intrik politik yang berlapis-lapis serta penuh plot twist. Berdasarkan sejarah, ini adalah kisah raja perempuan pertama. Ia berebut kekuasaan dengan seorang selir yang juga memiliki dua suami lain.

4. Empress Ki (2013)

Seorang perempuan yang menolak dijadikan bahan persembahan menyamar jadi laki-laki lalu kabur. Di perjalanan ia bertemu seorang putra mahkota dan jatuh cinta. Namun mereka tidak ditakdirkan bersama. Sang putra mahkota dibuang ke perbatasan Mongolia dan Turki. Sementara ia dipekerjakan sebagai pelayan istana. Ia pun dinikahi sang raja dan menjadi seorang ratu yang adil. Nasib sial belum berhenti. Sang raja justru terbunuh.

5. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016)

Drama ini dibut berdasarkan novel asal China berjudul Bu Bu Jing Xin. Ketika terjadi gerhana matahari total, seorang perempuan dari abad 21 justru terlempar ke zaman kerajaan. Di sana ia bertemu para pangeran dan jatuh cinta. Namun tidak hanya dengan satu pangeran saja melainkan beberapa pangeran. Cinta yang rumit ini berakhir dengan kembalinya ia ke masa modern dengan rasa sedih karena meninggalkan keluarganya.

6. Gu Family Book (2013)

Seorang gumiho (serigala) menikahi perempuan yang berhasil melarikan diri ke hutan dari kejaran pria yang memaksakan cintanya. Pria itu lalu balas dendam dan berhasil membunuh pasangan tersebut. Dari pasangan itu lahirlah seorang manusia setengah gumiho. Ia selamat dan diurus oleh sebuah keluarga. Namun keluarga itu akhirnya terbunuh juga. Akhirnya ia pun tahu jadi diri sebenarnya. Takdirnya ternyata rumit ditambah melibatkan serangkaian kematian.

7. Sungkyunkwan Scandal (2010)

Universitas Sungkyunkwan telah berdiri sejak tahun 1398 sampai sekarang. Drama ini berlatar belakang kisah di universitas tersebut pada masa lampau. Kim Yon Hee adalah seorang perempuan yang hidup di zaman ketika hanya laki-laki saja yang bisa bekerja dan bersekolah. Ia lalu menyamar menjadi saudara laki-lakinya demi menafkahi keluarga. Sampai akhirnya ia ditawari pekerjaan menjadi joki ujian di Universitas Sungkyunkwan

8. 100 Days My Prince (2018)

Seorang anak lelaki yang menjadi keponakan raja menjadi saksi bisu keserakahan ayah dan temannya dalam meraih kekuasaan. Ayahnya menumbangkan raja yang lama dan menjadi raja yang baru. Ia yang kecewa tumbuh menjadi pangeran berhati dingin. Ia juga disalahkan atas bencana yang menimpa negara. Ketika ingin menjalani ritual tolak bala, ia malah bertemu musuh dan terluka. Dalam kondisi lupa ingatan, ia ditemukan seorang petani lalu dinikahkan.

9. Six Flying Dragons (2015)

Ini merupakan preuel dari drama A Tree With Deep Roots. Kita dapat melihatnya di Netflix. Drama ini mengangkat kisah pendiri Kerajaan Josen. Ada 6 karakter utama baik yang nyata maupun fiksi. Lima karakternya adalah laki-laki yang digambarkan ambisius dan penuh passion dalam politik. Sementara satu-satunya tokoh perempuan juga yang ditonjolkan hanya kepribadiannya saja.

10. Mr. Sunshine (2018)

Saat Korea masih berupa kerajaan monarki tepatnya Joseon, Amerika melakukan ekspedisinya. Ketika kapalnya mendarat di Korea seorang anak lelaki ikut pergi. Anak itu kabur setelah orangtuanya dibunuh tuan tanah. Saat dewasa ia kembali lagi ke Korea dan telah menjadi seorang tentara. Tapi ia akhirnya menyadari bahwa pihak asing memiliki keinginan untuk menjajah Korea. Ia pun berjuang untuk membela negaranya.

11. Arang and Magistratre (2012)

Drama ini dapat disaksikan di Netflix. Dikisahkan Arang adalah seorang hantu yang lupa ingatan dan tidak dapat beristirahat dengan tenang. Ia tidak tahu mengapa ia meninggal. Selain itu ia juga harus menghindari malaikat maut yang akan membawanya ke akhirat. Akhirnya dengan bantuan Kim Eun, ia menyelidiki kematiannya. Namun ternyata kematiannya dan rahasia yang ada di kota itu lebih mengerikan dibanding yang dikira.

12. Chicago Typewriter (2017)

Drama ini mengambil setting di masa penjajahan Jepang terhadap Korea era 1930-an. Tiga orang penulis yang sukses justru bereinkarnasi menjadi penulis laris yang merosot, seorang ghost writer, dan seorang anti-fan dari penulis best seller. Kisah ketiganya saling berhubungan. Meski bergenre romance tapi banyak penggemar yang mengaku bahwa drama ini cukup lucu. Kita dapat menontonnya di Netflix.

13. Moonlight Drawn By Clouds (2016)

Dalam Bahasa Korea drama ini berjudul Gureumi Geurin Dalbit. Berkisah tentang perubahan seorang anak laki-laki menjadi raja yang disegani. Ia memiliki hubungan yang unik dengan seorang kasim (pelayan). Sebenarnya kasim raja adalah seorang laki-laki tapi ia adalah perempuan yang menyamar. Dalam penyamarannya ia membuat sang raja jatuh cinta. Drama ini dapat dinikmati di Netflix.

14. The Last Empress (2018)

Drama ini memang memiliki setting kerajaan tapi Kerajaan Korea di masa kini yaitu tahun 2018. Berkisah tentang seorang aktris musikal yang menikahi raja. Ia pikir pernikahannya akan membawa kebahagiaan. Tapi ia malah terkait dengan pembunuhan nenek dari sang kaisar. Ditambah lagi ia justru jatuh cinta pada bodyguardnya dan bekerja sama meruntuhkan kekaisaran. Ini juga drama lainnya yang dapat dinikmati di Netflix.

15. Dong Yi (2010)

Drama ini berdasarkan kisah nyata kehidupan Choi Suk Bin. Ia berasal dari keluarga yang menguasai ilmu pedang. Namun keluarganya dituduh membunuh seorang bangsawan. Demi membersihkan nama baik keluarga, ia mengubah identitas dan bekerja di istana. Ia justru menemukan cintanya pada sang raja dan melahirkan anak yang nantinya menjadi raja Joseon berikutnya.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect