Connect with us
Film tentang Penyakit Kanker
The Fault in Our Stars (2014)

Cultura Lists

Rekomendasi Film tentang Penyakit Kanker

Sebanyak 9,6 juta orang meninggal karena kanker tiap tahunnya.

Setiap tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Peringatan ini digaungkan oleh organisasi penyakit kanker terbesar dan tertua di dunia yaitu Serikat Kontrol Kanker Internasional (UICC). Tujuan utamanya adalah mengurangi kematian prematur dan meningkatkan kualitas hidup para penderita kanker. Meski kita pun mengetahui ada beberapa orang yang berhasil melewati masa kritis dan divonis bebas kanker, jumlah kematian pertahunnya masih tinggi.

Sebanyak 9,6 juta orang meninggal karena kanker setiap tahunnya. Dari jumlah total kematian tersebut, 70%-nya berasal dari negara dengan pendapatan menengah ke bawah. Tiap tahun biaya yang dikeluarkan kanker mencapai 1,16 trilyun dollar. Ganasnya penyakit ini pun menginspirasi banyak sineas untuk mengangkatnya ke layar lebar.

50/50 (2011)

Film ini berdasarkan kisah nyata dari penulis skenarionya yaitu Will Reiser. Alkisah Adam adalah seorang penulis untuk sebuah radio publik di kota Settle. Suatu hari ia mengeluhkan rasa sakit di bagian belakang tubuhnya. Dokter mengatakan ia menderita kanker tulang belakang yang langka. Namun film ini tak hanya menggambarkan perjuangan Adam belaka tapi juga persahabatannya dengan Kyle. Selain itu Adam juga memiliki seorang pacar dan juga seorang ibu yang sangat peduli pada kondisinya. Film 50/50 tak selalu memberikan gambaran yang sedih. Malah kadang beberapa scenenya terasa lucu.

My Sister’s Keeper (2009)

Mungkin ini adalah salah satu film yang sangat tidak nyaman untuk ditonton karena menyuguhkan the ugly truth. Film ini diadaptasi dari novel laris karangan Jodi Picault. Novelnya sendiri banyak yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Kisahnya tentang pasutri yang memiliki anak perempuan yang ternyata didiagnosa mengidap kanker. Mereka lalu melahirkan anak berikutnya sebagai “cadangan”. Sang adik lalu menuntut keluarganya sendiri di pengadilan karena tidak mau lagi menjadi cadangan. My Sister’s Keeper menggambarkan dengan pahit bagaimana orangtua sulit untuk membagi kasih sayang yang sama rata apalagi bila sang anak sakit parah.

Paddleton (2019)

Mike dan Andy adalah tetangga yang memiliki hubungan cukup dekat. Suatu hari Mike didiagnosa menderita kanker. Keduanya bukanlah pria muda dengan penampilan menarik melainkan pria paruh baya. Kadang Mike dan Andy bertengkar mengenai keinginan Mike untuk mengambil nyawanya sendiri sebelum ia dikalahkan oleh kanker. Hubungan mereka yang aneh ini sering menimbulkan pertanyaan dari banyak orang termasuk dari dokter yang merawat Mike. Film ini sendiri bergenre komedi. Paddleton sendiri menggambarkan bahwa upaya apapun yang kita lakukan, kita akan selalu kehabisan waktu dan merasa kehilangan seseorang yang berharga.

Miss You Already (2015)

Film ini mengangkat tema kanker payudara dan infertilitas. Milly yang didiagnosa sakit kanker menjalani tahapan yang dirasakan oleh penderita kanker lainnya. Mulai dari kemoterapi, kerontokan rambut hingga harus memakai wig, dan kondisi tubuh yang naik turun. Namun ia tak seorang diri melainkan ditemani oleh sahabatnya yaitu Jess. Sebenarnya tak hanya Milly yang mengalami kesulitan karena kankernya. Jess juga menghadapi masalah karena tak kunjung memiliki anak meski sangat menginginkannya.

The Fault in Our Stars (2014)

Ini adalah salah satu film tentang kanker yang terpopuler di kalangan remaja. Berfokus pada kisah cinta Hazel dan Augustus yang sama-sama menderita kanker. Hazel sendiri menderita kanker tiroid stadium akhir yang telah menjalar ke paru-paru. Karena terlalu parah, ia tak bisa lepas dari tabung oksigen. Sementara itu Augustus sendiri telah kehilangan salah satu kakinya. Mereka bertemu di sebuah support group bagi para penderita kanker. Film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karangan John Green yang merupakan penulis populer.

Click to comment

Leave a Comment

Advertisement
Cultura Podcast
Connect