Connect with us
Rekomendasi Film Tentang Gempa Bumi & Bencana Alam
San Andreas

Cultura Lists

Rekomendasi Film Tentang Gempa Bumi & Bencana Alam

Sederet film bergenre survival dengan latar bencana alam berskala besar.

Film tentang gempa bumi dan bencana alam menjadi salah media yang kerap menyuguhkan pengalaman immersive. Terutama dalam segi produksi, menghadirkan latar gempa bumi atau bencana alam yang besar pastinya menuntut usaha lebih pada tim produksi. Mulai dari visual effect, CGI, hingga sound mixing yang sempurna untuk menghadirkan bencana dalam film.

Latar cerita bencana alam juga kerap menghadirkan kisah yang lebih dari sekadar usaha bertahan hidup atau drama survival. Ada unsur humanis, solidaritas, dan momen-momen emosional yang justru mempererat hubungan antar karakter.

Bencana alam dalam film-film berikut tak sedikit yang menyajikan skenario hubungan yang semakin erat pada setiap karakter, justru di saat-saat genting. Berikut sederet film tentang bencana alam yang patut ditonton.

San Andreas (2015)

“San Andreas” merupakan film tentang gempa bumi yang dibintangi oleh Dwayne Johnson. Ia berperan sebagai Ray, seorang pilot helikopter, bersama istrinya yang berusaha menyelamatkan anak perempuan mereka sebelum gempa bumi terjadi di lokasi anaknya sedang berlibur.

Gempa bumi dalam film ini terjadi disebabkan Patahan San Andreas yang bisa berdampak pada area West Coast di Amerika Serikat. Tentu saja selain menyajikan aksi penyelamatan dan survival yang penuh laga, “San Andreas” juga memiliki unsur drama keluarga di dalamnya.

The Wave (2015)

“The Wave” merupakan film Norwegia yang sempat didaftarkan untuk masuk nominasi Academy Award Best Foreign Language Film. Bercerita tentang seorang geologist bersama keluarganya, mereka tinggal di area pegunungan yang indah. Ketika pegunungan tersebut runtuh, 85 meter ombak besar bersiap untuk datang dan mengancam keberadaan mereka di lokasi tersebut.

“The Wave” terinspirasi dari bencana alam sungguhan yang terjadi di Tafjord pada 1934. Bencana yang memakan 40 korban meninggal dunia.

Greenland (2020)

“Greenland” merupakan film bencana alam yang masih termasuk baru, dibintangi oleh Gerard Butler, Morena Baccarin, dan Scott Glenn. Naskah film ditulis oleh Chris Sparling dan disutradarai oleh Ric Roman Waugh.

John memahami bahwa komet akan menghantam Bumi dan akan menyebabkan bencana besar. John terpilih untuk menjadi regu penyelamatan yang diutus oleh pemerintah, namun ia juga harus berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan keluarganya sendiri.

Dante’s Peak (1997)

Termasuk dalam koleksi film Hollywood klasik, “Dante’s Peak” dibintangi oleh Pierce Brosnan. Ia berperan sebagai Harry Dalton, seorang peneliti yang ahli dalam penelitian gunung berapi. Suatu hari ia berkunjung ke puncak Dante, kemudian ia menemukan bahwa gunung volcano tersebut masih aktif dan akan mengalami erupsi dalam waktu dekat. Ia mencoba untuk menyakinkan warga sekitar akan bencana alam yang mengancam, namun penduduk kota tersebut tidak mudah percaya pada Dalton.

Tidal Wave (2009)

“Tidal Wave” merupakan film bencana alam asal Korea yang dibintangi oleh Ha Ji-won, Sol Kyung-gu, Uhm Jung-hwa, Kang Ye-won, dan Lee Min Ki. Memiliki plot yang cukup serupa dengan “Dante’s Peak”, Kim Hwi adalah seorang geologist. Ia berkunjung ke Pantai Haeundae yang sedang ramai dengan turis. Padahal ia menemukan data bahwa akan terjadi bencana alam besar di area pantai. Berusaha untuk memberi peringatan dan mengevakuasi, peringatannya justru diremehkan oleh agensi pencegahan bencana alam di lokasi tersebut.

The Quake (2018)

Satu lagi film tentang gempa bumi dari Norwegia adalah “The Quake” arahan John Andreas Andersen. Film ini terinspirasi dari gempa bumi yang pernah terjadi di Oslo pada 1904. Lagi-lagi bercerita tentang seorang geologist yang berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan istri dan kedua anaknya ketika gempa bumi sedang terjadi Oslo, Norwegia.

Sama seperti film bencana alam pada umumnya, “The Quake” kembali mengandung unsur drama keluarga dan bagaimana situasi yang sulit mempererat ikatan mereka.

The Impossible (2012)

Bicara tentang film bencana alam dengan tema keluarga, “The Impossible” tidak boleh ketinggalan dalam daftar ini. Film ini diangkat dari kisah nyata Maria Belon, turis yang selamat dari gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Khao Lak, Thailand pada 2004. Tidak sendirian, Maria sedang berlibur di Thailand bersama keluarganya kala itu. Bersama suaminya, Enrique dan ketiga anak laki-laki mereka. Film ini dibintangi oleh Naomi Watts, Ewan McGregor, dan Tom Holland yang saat itu masih sangat muda.

Volcano (1997)

“Volcano” merupakan film bencana alam klasik Hollywood yang dibintangi oleh Tommy Lee Jones. Setelah terjadi gempa bumi skala kecil di Los Angeles, erupsi volcano baru terbentuk dibawa kota tersebut. Setelah awalnya meremehkan dan tidak percaya dengan bencana susulan yang akan terjadi, pihak kota pada akhirnya mengalami kepanikan dalam mengevakuasi warganya. “Volcano” disutradarai oleh Mick Jackson.

Earthquake (1974)

Satu lagi katalog klasik, “Earthquake” merupakan film tentang gempa bumi arahan Mark Robson, dibintangi oleh Charlton Heston dan Ava Gardner. Plot dari film ini fokus pada usaha untuk bertahan hidup setelah gempa bumi skala besar terjadi di Los Angeles, California. Dimana bencana hampir menghancurkan sebagian besar kota.

“Earthquake” menyajikan sekuen menyelamatkan diri dari situasi genting, namun survival sesungguhnya kembali berlanjut sekalipun gempa telah berakhir.

The Land of Hope (2012)

“The Land of Hope” merupakan film tentang gempa bumi dari Jepang arahan Sion Sono. Setelah gempa bumi terjadi, insiden nuklir yang akan mengkontaminasi pemukiman warga sekitar.

Seorang wanita yang sedang hamil takut kandungannya akan terkena radiasi nuklir bahkan setelah di evakuasi. Sementara mertuanya menolak untuk pindah lebih jauh dari kampung halaman mereka. Film ini terinspirasi dari bencana nuklir di Fukushima, meski kisah drama yang dimuat dalam film adalah kisah fiksi.

The Wonder The Wonder

The Wonder Review: Premis Sederhana yang Melebihi Ekspektasi

Film

avatar 2 avatar 2

Film & Serial Terbaru Desember 2022

Cultura Lists

The Guardians of the Galaxy Holiday Special The Guardians of the Galaxy Holiday Special

The Guardians of the Galaxy Holiday Special Review

Film

Unicorn Store Review Unicorn Store Review

Unicorn Store Review: Sulitnya Jadi Orang Dewasa dengan Optimisme

Film

Connect