Connect with us
Coven of Sisters

Cultura Lists

Rekomendasi Film Misteri Bertema Penyihir 

Penyihir dalam film misteri hingga horror dengan sekte. 

Penyihir merupakan karakter fiksi misterius yang tak kalah populer dengan vampir dan makhluk supranatural sejenisnya. Film bertema penyihir juga menjadi salah satu yang populer dalam skena horror dan misteri. Penyihir dalam film tak selalu menjadi sosok supranatural yang menjadi ancaman utama.

Kisah tentang penyihir tak sedikit yang menghadirkan kisah protagonis wanita sebagai korban dari tuduhan sebagai penyihir, hal tersebut merupakan referensi sejarah yang sering cukup sering kita temukan dalam film serupa. Berikut beberapa rekomendasi film bertema penyihir terbaik dan ikonik yang patut ditonton. 

Black Sunday (1960)

Kita mulai dari era klasik, “Black Sunday” merupakan salah satu yang fenomenal pada masanya. Film Italia ini bergenre gothic horror dengan karakter penyihir utama, Asa Vajda (Barbara Steele).

Pada 1630, penyihir Asa dituduh sebagai pembunuh dengan ilmu hitam dan dikenai hukuman mati. Tak terima dengan tuduhan tersebut, Asa bersumpah akan kembali untuk balas dendam pada keturunan saudaranya, Griabi, yang membuatnya harus menerima hukuman tersebut. Film horror hitam-putih yang gelap secara visual ini akan memberikan perasaan unsettling pada penontonnya.

Suspiria (1977)

Satu lagi film penyihir dari Italia adalah “Suspiria”. Bercerita tentang Suzy, seorang murid ballet berbakat yang pindah ke Jerman untuk masuk ke akademi ballet bergengsi. Awalnya, Suzy merasa kesulitan untuk beradaptasi karena mungkin Ia berada di lingkungan yang benar-benar baru. Hingga akhirnya Ia menyadari ada hal supranatural yang bersembunyi di balik bangunan asrama dan studio akademinya tersebut.

Dibandingkan dengan “Suspiria” 2018, banyak penikmat film horor berpendapat bahwa versi OG dari judulnya ini masih menjadi versi terbaik yang lebih patut kita tonton.

The Blair Witch Project (1999)

Rilis pada era awal penggunaan internet di Amerika, film ini memanfaatkan dunia maya untuk menyebarkan “hoax”. Tidak mempromosikan film ini sebagai film fiksi, produser mengklaim bahwa “The Blair Witch Project” merupakan footage yang ditemukan setelah tiga orang yang ada dalam rekaman footage tersebut menghilang di hutan. Diyakini sedang mengerjakan sebuah film dokumenter tentang ‘blair witch’.

Tak hanya menyebar poster orang hilang saat screening di film festival, produser juga merilis website resmi tentang berbagai informasi investigasi tentang sekelompok muda-mudi yang hilang dalam film ini. 

The Craft (1996)

Sarah adalah seorang murid baru di sekolah swasta. Ia kemudian berteman dengan Nancy, Bonnie, dan Rochelle. Ketiga mengajak Sarah untuk bergabung dengan percobaan mereka dalam mengeksekusi ilmu penyihir. Setelah mendapatkan kekuatan sihir, keempatnya menggunakannya untuk mendapatkan apa yang menjadi impian mereka hingga melancarkan balas dendam. Namun, mereka kemudian mendapati bahwa ada konsekuensi yang harus dihadapi dengan kekuatan gelap tersebut.

 “The Craft” merupakan film supranatural remaja, menghadirkan perpaduan antara genre flick chick dengan sentuhan gothic yang membuat film ini ikonik dan tidak tergantikan dengan versi terbarunya.

Rosemary’s Baby (1968)

Rosemary baru saja pindah ke New York demi mendukung suaminya yang bekerja sebagai aktor. Hingga akhirnya Ia melahirkan sementara karir suaminya semakin menanjak. Bukannya bahagia menyambut kelahiran bayinya, Rosemary justru merasa terisolasi di apartemennya. Belum lagi paranoia yang Ia rasakan karena Ia meyakini bahwa tetangganya memiliki maksud jahat terhadap dirinya yang sedang mengandung.

Ada banyak referensi krisis kepercayaan dalam film ini yang fenomenal pada masanya. Mulai tentang keberadaan Tuhan hingga perkembangan sekte di tengah masyarakat modern.

The Witch (2015)

“The Witch” merupakan film debut sukses dari sutradara Robert Eggers, salah satu sutradara horor berkualitas dari era perfilman modern. Dibintangi oleh Anya Taylor-Joy, ia adalah putri dari keluarga Puritan yang diusir dari kampungnya. Mereka pun memulai hidup baru dengan membangun rumah dan peternakannya sendiri di lokasi terpencil dekat hutan. Hingga akhirnya sebuah kuasa gelap berusaha memecah bela kepercayaan keluarga tersebut. “The Witch” merupakan slow-burn horror dengan penampilan akting yang memukau.

The Ritual (2017)

“The ritual” merupakan film horor Inggris yang sempat trending di Netflix pada 2017 silam. Bercerita tentang sekelompok teman yang melangsungkan reuni dengan melakukan pendakian di Swedia. Sebuah insiden tak terduga membuat mereka harus mengambil jalan pintas. Namun mereka justru terjebak di hutan dalam bandai, hingga mengalami teror sosok misterius yang menyelimuti hutan tersebut.

The Old Ways (2020)

Cristina adalah seorang jurnalis yang bertolak ke Meksiko untuk melakukan penelusuran akan legenda dari leluhurnya. Dalam eksplorasi tersebut, Ia kemudian diculik oleh sekelompok orang yang mengklaim bahwa Cristina dirasuki oleh kuasa gelap. “The Old Way” merupakan film bertema penyihir dengan sentuhan folklore horror Meksiko. Film ini juga bisa kita streaming di Netflix.

Coven of Sisters (2020)

“Coven of Sisters” juga merupakan film bertema penyihir terbaik yang bisa ditonton di Netflix. Film ini bisa dikategorikan sebagai hidden gems di platform streaming tersebut yang sayang jika dilewatkan, terutama buat kit penikmat film drama supranatural yang menuntut penontonnya berpikir. Sekelompok remaja perempuan ditangkap dengan tuduhan menyembunyikan identitas mereka sebagai penyihir. 

Mengakui berarti hukuman mati, menepis tuduhan berarti berbohong. Sekelompok perempuan tersebut pun memutuskan untuk mengulur waktu untuk menunjukan mereka melangsungkan “ritual”. Film misteri satu ini akan membuat penonton memiliki asumsi masing-masing, berkaitan dengan kepercayaan kita pada sebuah fenomena supranatural. 

Nightbooks (2021)

Menjadi rekomendasi paling jinak dalam daftar ini, “Nightbooks” bisa menjadi tontonan misteri yang menegangkan bagi anak-anak, namun tetap seru untuk disemak bagi penonton dewasa. Bercerita tentang seorang bocah yang terjebak di apartemen penyihir. Untuk bertahan hidup, Ia harus terus menulis cerita horor untuk penyihir tersebut. Tak ingin terjebak di sana selamanya, Ia menggunakan ceritanya untuk mengelabui penyihir jahat. 

Click to comment

top gun maverick top gun maverick

Top Gun: Maverick Review – Sajian Nostalgia Yang Mendebarkan

Film

Chip ‘n Dale: Rescue Rangers Chip ‘n Dale: Rescue Rangers

Chip n’ Dale: Rescue Rangers Review

Film

Little Big Women Little Big Women

Little Big Women: Cerita Para Perempuan dan Cara Menyembuhkan Diri dengan Memaafkan

Film

Coda review Coda review

CODA Review: Antara Mimpi dan Menjadi Telinga Bagi Orang Lain

Film

Advertisement
Connect