Connect with us
Rekomendasi Album Instrumental yang Bikin Santai dan Produktif
Photo by Retha Ferguson from Pexels

Cultura Lists

Rekomendasi Album Instrumental yang Bikin Santai dan Produktif

Berbagai album instrumental untuk menemani work from home.

Mendengarkan musik saat sedang belajar atau bekerja bisa merupakan kebiasaan sebagian besar orang. Namun, lagu dengan lirik dan melodi yang up beat terkadang justru membuat kita kehilangan konsentrasi saat bekerja. Otak kita akan lebih mudah teralihkan dengan lirik yang catchy, apalagi playlist dari musisi favorit kita.

Ada baiknya mendengarkan musik instrumental agar lebih fokus. Berikut beberapa rekomendasi album instrumental menenangkan agar kamu tetap merasa relax sekaligus produktif meski bekerja di rumah saja.

Elemental – Taimane

Taimane merupakan virtuoso ukulele asal Hawaii. “Elemental” merupakan album terbarunya dengan track list instrumental ukulele original yang terinspirasi dari berbagai elemen di bumi. Meski di rumah saja, kita bisa merasakan suasana santai di pantai tropis Hawaii dengan memutar album “Elemental”. Aransemen musik memadukan ukulele dan cajon untuk menciptakan musik instrumental yang menarik dan tidak membosankan, namun instrumen ukulele tetap menjadi bintang utamannya.

Gatra – Nocturnal Guitar Quartet

Menyukai instrumen gitar? Nikmati album instrumental dari Nocturnal Guitar Quartet terbaru, “Gatra”. Album ini terbentuk dari berbagai track full instrumental yang dikomposisi dari instrumen gitar yang dimainkan oleh Robi Handoyo, Adi Suprayogi, Vaizal Andrians, dan Gita Puspita Asri. Aransemen gitar yang dibawakan dalam konsep album ini adalah melodi bernuansa etnik khas Jawa dengan petikan gitar yang teknikal. Setiap beberapa track memiliki transisi yang mulus, seperti terus berkesinambungan.

Dream Songs: The Essential – Joe Hisaishi

Buat penggemar film animasi Studio Ghibli, pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Joe Hisaishi. Ia adalah seorang komposer asal Jepang yang kerap menciptakan berbagai scoring dan soundtrack menggugah untuk menghidupkan setiap film garapan Ghibli. Mulai dari Princess Mononoke, Spirited Away, Porco Rosso, dan masih banyak lagi. Kita bisa menikmati alunan musik orkestra yang indah dan menenangkan dalam album Dream Songs: The Essential Joe Hisaishi.

Debussy Rameau – Vikingur Olafsson

Mendengarkan musik klasik juga bisa menjadi pilihan tepat untuk tetap fokus selama bekerja. Salah satu komposer klasik yang memiliki berbagai sonata menenangkan dan efektif untuk membuat otak fokus adalah Claude Debussy. Salah satu album Debussy terbaik yang dibawakan oleh musisi klasik modern adalah “Debussy Rameau” oleh Vikingur Olafsson. Vikingur Olafsson adalah seorang pianis Islandia yang telah bermain sebagai pianis utama di berbagai pertunjukan orkestra di Eropa. Album ini memiliki tracklist dari berbagai karya Debussy yang tidak terlalu lembut, namun cukup up beat sekaligus relaxing untuk membuat kita produktif.

Hilary Hahn plays Bach

Bagi yang lebih menyukai instrumen violin, Johann Sebastian Bach memiliki berbagai koleksi komposisi violin solo mengagumkan. Salah satu album Bach yang direkam oleh musisi klasik modern terbaik adalah “Hilary Hahn plays Bach”. Hilary Hahn adalah seorang violinist asal Amerika yang terkenal mahir membawakan setiap komposisi dari Bach. Bach memiliki berbagai komposisi musik solo violin yang lembut sekaligus tegas dalam beberapa bagian. Alunan musik klasik dari instrumen violin bisa merangsang otak kita untuk fokus dan terinspirasi.

Whiplash (Original Motion Picture Soundtrack)

Whiplash merupakan salah satu film bertema musik terbaik yang pernah dirilis pada 2014 silam. Tak hanya kisahnya yang menarik, original soundtrack dari film ini juga menjadi salah satu yang terbaik dalam jajaran film bertema musik. Justin Hurwitz merupakan komposer yang menciptakan berbagai track instrumental Jazz original dalam film Whiplash. Kita bisa beraktifitas dengan alunan lagu instrumental Jazz yang asik dari album “Whiplash Original Motion Picture Soundtrack”. Tak hanya komposisi Justin Hurwitz, ada juga berbagai track dari beberapa komposer Jazz lawas seperti Hank Levy hingga John Wasson.

Pilgrimage – Michael Brecker

Butuh rekomendasi album instrumental Jazz lagi? “Pilgrimage” dari Michael Brecker bisa menjadi album yang menyenangkan untuk menemani aktivitas kita. Jika album Soundtrack Whiplash didominasi dengan berbagai komposisi dengan dentuman drum Jazz yang unik, “Pilgrimage” lebih didominasi dengan instrumen Saxophone. Michael Brecker adalah seorang komposer sekaligus saxophonist asal Amerika yang telah memenangkan banyak piala Grammy. Pilgrimage juga bisa menenami kita yang rindu atmospher lounge atau bar malam yang eksklusif.

Additional Recommendation:

Berikut tambahan rekomendasi album yang didominasi dengan komposisi instrumen repetitive dan tidak distracting. Beberapa album masih mengandung lagu dengan lirik namun lebih santai dan tetap bikin produktif.

  • Only The Blues – Dylan Moon
  • Play & Play : B Sides – Moby
  • In Colour – Jamie xx
  • Layers – Kungs
Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect