Connect with us

Film

Our Father Review: Mengungkap Manipulasi Inseminasi Dokter Donald Cline

Ketika seorang dokter fertilitas menjadi ayah biologi lebih dari 90 anak.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Dokter Donald Cline merupakan spesialis inseminasi dan fertilitas. Ia membuka klinik di Indianapolis pada 1979. Ia telah membantu banyak wanita dengan suami mereka yang mengalami masalah kesuburan dan ingin memiliki anak. Namun, pada 2014, Jacoba Ballard menemukan kebenaran bahwa Ia bisa jadi memiliki saudara biologis di luar sana. Dari ayah biologis yang sama, Dokter Donald Cline.

“Our Father” merupakan film dokumenter terbaru di Netflix yang disutradarai oleh Lucie Jourdan. Berusaha mengungkap praktek medis dengan topik yang disturbing dari Donald Cline, dengan tuduhan menggunakan spermanya sendiri pada praktik inseminasi tanpa persetujuan wanita yang menjadi pasiennya. Bukan pertama kalinya kasus ini dipublikasikan, kasus ini sebetulnya sudah sempat ramai di media Amerika Serikat beberapa tahun belakangan. Jacoba Ballard, sebagai salah satu anak hasil praktik Dokter Cline, merupakan pihak yang paling ambisius dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan dari peristiwa ini.

Meski kasus malpraktik ini tidak memberikan hasil yang diharapkan di pengadilan hukum. Jacoba bersama beberapa saudara biologi lainnya kini hanya ingin membagikan kisah mereka, terus memberikan publikasi pada kejahatan yang telah dilakukan oleh Dokter Cline, sebagai semacam hukuman sosial di mata dunia.

Kronologi Praktik Inseminasi Dokter Donald Cline dan Kisah Sederet Saudara Biologis

“Our Father” menjadi film dokumenter yang berpihak pada kisah sederet saudara biologis dari praktik Dokter Cline. Mulai dari Jacob Ballard, sebagai pihak dengan suara paling lantang dalam memperjuangkan kasus ini, didukung dengan segelintir saudara biologis lainnya yang bersedia untuk menjadi narasumber untuk film dokumenter ini. Bermula dari 50 klaim DNA yang terhubung dengan Dokter Cline, pada akhir film kini sudah ada 90 klaim DNA dengan hasil serupa. Namun, dalam “Our Father” kita hanya akan mendengar kisah dari tujuh saudara biologis, yang sudah termasuk cukup sebagai sample informasi.

“Our Father” juga menghadirkan banyak narasumber esensial lainnya yang memperkuat kredibilitas film dokumenter ini. Mulai dari rekan kerja dan perawat yang bekerja di klinik Dokter Cline, sederet orang tua yang menjadi korban utama dari kasus ini, hingga reporter televisi Fox59, hingga pihak profesional seperti ahli hukum dan pengacara.

Film dokumenter ini secara keseluruhan terangkai dari berbagai narasi dan statemen narasumber yang informatif. Mulai dari latar belakang masing-masing pasien yang menjadi korban, latar belakang Dokter Donald Cline sebagai tersangka dalam kasus ini, hingga kronologi malpraktik dan akibatnya setelah berlalu puluhan tahun. Mengapa praktik ini telah menyalahi aturan moral maupun medis. Hingga kompleksitas proses hukum pada kasus ini.

Produksi Ala Film Horror Thriller Khas Blumhouse

“Our Father” merupakan film dokumenter prodkusi Blumhouse Televisions. Satu hal yang menjadi poin minus dari film ini adalah dramatisasi sinematografi dan reka adegan. Sudah menjadi kebiasaan baru dalam banyak film dokumenter Netflix untuk mengeksekusi dokumenter kriminal maupun kisah disturbing lainnya dalam kemasan yang mereka yakini sebagai sentuhan artistik. Kita tidak membutuhkan elemen artistik dalam film dokumenter. Film dokumenter harusnya menjadi media penyampaian informasi dan pesan esensial akan sebuah topik atau kasus. Informasi yang lebih mendalam dan belum pernah diekspos dalam media manapun.

“Our Father” telah memiliki banyak materi dan narasumber untuk menghasil film dokumenter yang kaya informasi. Sentuhan sinematik horor ala Blumhouse hanya membuat film ini semakin terasa disturbing, dengan aura yang mungkin sangat tidak akan membuat penontonnya tidak nyaman dalam beberapa adegan. Padahal kasus ini sudah disturbing dan mengerikan tanpa harus diperlakukan seperti film horror thriller. Namun sayangnya, begini Netflix telah mengubah standar produksi dari film dokumenter.

Banyak Teori Konspirasi pada Motif Tanpa Pernyataan Tersangka

Semua materi informasi yang disuguhkan dalam naskah “Our Father” didominasi oleh hasil investigasi Jacoba Ballard bersama saudara-saudara biologis lainnya. Salah satu topik yang tidak menemukan titik temu pada kasus ini adalah apa motif Dokter Donald Cline yang sesungguhnya? Hal ini karena kita (mungkin) tidak akan pernah mendapatkan jawabnya, melihat sikap Dokter Cline yang bebal dan tak mau mengakui kesalahannya hingga saat ini.

Namun, Jacoba bersama narasumber lainnya menarik banyak teori menarik untuk mengungkap motif Dokter Cline. Salah satu yang paling menarik adalah dugaan bahwa Dokter Cline berpacu pada ajaran Quiverfull. Dimana dalam ajaran mengarah pada gaya hidup Kristen konservatif dengan misi memiliki anak sebanyak-banyaknya. Didukung juga dengan trauma masa lalu Dokter Cline dimana sulit baginya untuk mengampuni dirinya sendiri. Hingga akhirnya menjadi orang religius namun dengan pemahaman yang delusional.

Meski terlihat sebagai skenario motif yang sempurna, narasumber dari film dokumenter ini pun menutup statemen bahwa informasi ini masih berubah teori. Mereka sendiri masih mengharapkan pengakuan dan pernyataan dari Dokter Cline akan maksud dari perbuatannya yang telah membuat banyak wanita merasa dinodai hingga krisis identitas pada anak-anak yang terlahir dari praktik inseminasinya.

“Our Father” merupakan film dokumenter dengan topik yang cukup disturbing dan bisa jadi akan menimbulkan ketidaknyamanan pada beberapa penonton. Namun, bagi yang penasaran dengan kejelasan kasus Dokter Donald Cline dengan manipulasi praktik inseminasinya, film dokumenter ini memiliki informasi yang patut disimak.

Pada akhirnya tujuan dari film dokumenter ini adalah sebagai publikasi dan bisa jadi menimbulkan kesadaran baru di mata hukum.

One Piece Film: Red One Piece Film: Red

One Piece Film: Red Review – Drama Bajak Laut Berbalut Musikal

Film

Drifting Home Drifting Home

Drifting Home Review: Ketika Tempat Menyimpan Berbagai Kenangan dan Trauma

Film

Woman King Woman King

Rekomendasi Film Terbaru Oktober 2022

Cultura Lists

blonde review blonde review

Blonde Review: Biopik Suram Marilyn Monroe yang Tidak Mencerahkan

Film

Connect