Connect with us
My Unfamiliar Family

TV

My Unfamiliar Family Review

Kisah keluarga disfungsional yang kehilangan cinta di dalamnya.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Sutradara Kwong Yong Il namanya senang memproduksi drama dengan jalan cerita yang tidak umum. Setelah tahun lalu menyutradarai Search: WWW maka tahun ini ia kembali dengan drama My Unfamiliar Family. Kisahnya tentang keluarga disfungsional yang tidak menyadari masalah di antara mereka. Drama ini ditayangkan di Tvn dan berjumlah 16 episode. Bagi penonton internasional, My Unfamiliar Family dapat dinikmati di Viu.

Kim Eun Hee adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ia sedang menikmati masa mudanya sebagai staff di sebuah perusahaan penerbitan. Eun Hee hidup terpisah dari keluarga. Jarang pulang apalagi berkomunikasi dengan orangtua. Ia pun tak memiliki kekasih sejak diselingkuhi empat tahun lalu. Perselingkuhan tersebut tak hanya membuat keretakan dalam hubungan cintanya. Ia kehilangan sahabat dan putus kontak dari sang kakak, Kim Eun Joo.

Eun Joo yang sudah bertahun-tahun menikah masih belum memiliki anak. Hubungannya dengan sang suami menjadi dingin. Selain pisah ranjang, Eun Joo juga mulai menjalin hubungan dengan laki-laki yang jauh lebih muda. Sifatnya memang sangat dingin dan kaku. Ia juga terbiasa bicara dengan kata-kata pedas. Hal ini membuat orang lain menjadi mudah sakit hati dengannya. Apalagi sang ibu yang kesal karena dikomentari saat ingin berpisah dengan sang ayah.

Ibu dan ayah memutuskan untuk tidak bercerai karena prosesnya terlalu rumit. Mereka menggunakan istilah “lulus dari pernikahan”. Ibu sudah lelah mengurus rumah tangga, tidak dipedulikan suami, dan memiliki jarak semakin jauh dari anak-anaknya. Ia benci hidupnya dan lebih benci lagi bila harus terus melihat suaminya. Sementara ayah merasa frustasi karena ibu ingin berpisah. Namun ayah tidak berusaha memperbaiki keadaan. Ia juga menjauh dari ketiga anaknya.

Ayah, ibu, dan tiga orang anak sama-sama tidak dekat. Hubungan satu sama lain begitu canggung. Mereka tidak saling menceritakan masalah yang mereka hadapi. Ini adalah keluarga di mana tidak ada cinta di dalamnya. Pembicaraan mereka justru terdengar menyakitkan. Mereka juga tak pandai memperbaiki keadaan dan malah mendahulukan emosi. Kita akan dibuat gemas melihat suami istri yang tak berdiskusi dan anak-anak yang saling berdiam diri.

Tapi, inilah kekuatan dari drama ini. Bahwa kita seringkali tidak mengakui adanya masalah dalam sebuah keluarga. Sudah terlalu banyak drama yang menggambarkan keluarga yang saling menyayangi. Adakah yang menyoroti keluarga disfungsional seperti ini? Terlebih seakan sebenarnya tidak benar-benar ada masalah di antara mereka. “Hanya” komunikasi yang buruk saja tapi tak tahu bagaimana membereskannya.

My Unfamiliar Family membuka mata kita mengenai kehidupan rumah tangga yang sesuai realita. Ada banyak orang di luar sana yang tak bahagia tapi terpaksa tetap bersama. Kadang orang memilih tidak bercerai karena terlalu merepotkan prosesnya. Orang justru mau bertahan dalam status dibanding mengurus berkas yang tak ada hentinya. Rumah tangga tidak terlihat lagi seperti dongeng putri Disney di mana setelah menemukan cinta kita akan bahagia selamanya. Kehidupan nyatanya sangat rumit.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect