Connect with us
3 Cara untuk Menjaga Vacuum Cleaner Anda Bersih dan Beraroma Segar
Photo by Lukas ter Poorten on Unsplash

Lifestyle

Menjaga Vacuum Cleaner Bersih dan Beraroma Segar

Vacuum cleaner adalah salah satu alat kebersihan yang tengah naik daun.

Akhir-akhir ini banyak jasa membersihkan rumah yang alat utamanya adalah vacuum cleaner. Misalnya layanan vacuum kasur, sofa, hingga karpet. Alasannya apalagi kalau bukan menjaga kebersihan.

Layanan ini cocok untuk orang-orang yang sibuk dan tak sempat membersihkan rumahnya sendiri. Ditambah lagi bila memiliki anak atau hewan peliharaan maka membersihkan hunian harus lebih ekstra.

Tapi bagaimana kalau memutuskan membersihkan sendiri? Sebab jasa membersihkan rumah yang menggunakan vacuum cleaner cukup menguras kantong. Membeli vacuum cleaner sendiri juga dipandang lebih hemat karena kita bisa melakukannya sendiri berkali-kali.

Kepemilikan vacuum cleaner sendiri menjadi lebih mendesak sejak kita mengalami pandemi. Kebersihan hunian harus dijaga lebih baik lagi dari sebelumnya. Apalagi bila penghuninya rutin beraktivitas keluar rumah karena pekerjaan.

Kini ada banyak pilihan vacuum cleaner yang bisa kita sesuaikan dengan budget. Membelinya pun mudah bisa melalui e- commerce. Kita juga bisa periksa artikel ini dulu untuk melihat kelebihan dan kekurangannya untuk mendapatkan produk terbaik.

Salah satu masalah yang dimiliki pemilik vacuum cleaner adalah keluhan bau apek ketika menyedot debu. Hal ini wajar saja dan sebenarnya bisa dihindari. Berikut beberapa tips untuk menjaga vacuum cleaner tetap bersih dan beraroma segar.

Tempelkan pewangi pada sisi dalam vacuum cleaner

Pertama yang paling sederhana adalah menempelkan pewangi pada sisi dalam vacuum cleaner. Harganya terjangkau dan banyak dijual secara online. Produk pewangi ini membantu meminimalisir bau yang dihasilkan vacuum cleaner ketika dioperasikan.

Membuang debu dalam kantong vacuum cleaner sebelum penuh

Jadi sebaiknya setiap kali habis membersihkan perabotan rumah dengan vacuum cleaner, kita segera mengosongkan kantong debunya. Jangan tunggu sampai penuh meskipun kapasitas kantong debunya besar. Selain menghindari bau apek, hal ini juga dilakukan agar kantong debu lebih awet dan debu tidak susah dibersihkan karena terlalu lama menempel.

Membuang debu yang ada di dalam kantong vacuum cleaner adalah salah satu cara agar vacuum cleaner dapat tetap bersih dan beraroma segar. Debu yang mengendap di dalam kantong vacuum cleaner dapat menjadi sarang berkumpulnya bakteri dan jamur dan akan membuatnya menjadi tempat berkembangnya spora dan jamur.

Manfaat lain dari rajin mengosongkan kantong debu adalah menjaga keawetan vacuum cleaner. Kalau tidak dirawat dikhawatirkan vacuum cleaner akan cepat rusak. Vacuum cleaner sama seperti peralatan rumah tangga lainnya yang memiliki umur terbatas. Kita sebagai pemilik harus pintar-pintar merawat agar tidak menyesal bila alat tersebut cepat rusak.

Bersihkan seluruh komponen vacuum cleaner secara rutin

Vacuum cleaner dipandang lebih praktis dalam membersihkan dibanding sapu atau kemoceng. Namun kita tetap harus rutin dalam membersihkan komponennya. Manfaat merawat komponen vacuum cleaner adalah mencegah bau apek, menjaga barang awet, serta mengurangi kemungkinan debu terlalu melekat dan susah dibersihkan di kemudian hari.

Komponen vacuum cleaner sendiri antara lain adalah filter, pipa, tabung penampung, dan kantong debu. Pastikan mengikuti buku petunjuk dalam membersihkan komponen tersebut untuk mencegah kerusakan. Beberapa komponen sendiri bisa dicuci dengan air dan sabun. Keringkan dengan baik sebelum digunakan kembali agar bau tidak sedap hilang.

Selain menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada vacuum cleaner, pembersihan komponen ini juga sangat bermanfaat karena akan membuat performa vacuum cleaner menjadi lebih baik dan tentunya membuat aroma pada vacuum cleaner menjadi lebih bersih dan lebih segar.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect