Connect with us
Manic Street Preachers merayakan 20 tahun 'This Is My Truth Tell Me Yours'. (Photo by Simone Joyner/Getty Images)

Music

Manic Street Preachers: This Is My Truth Tell Me Yours Album Review

Awal Manic Street Preachers mampu meninggalkan bayang-bayang Richey Edwards.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Jika album “Everything Must Go” membuat Manic Street Preachers mampu mengatasi hilangnya Richey Edwards yang merupakan mantan personilnya, sementara “This Is My Truth Tell Me Yours” membuat band ini meletakan tragedi waktu ke belakang.

Album ini juga membuat Manic Street Preachers berkembang sebagai band trio. Dengan bijak juga grup band ini membangun suara lebih megah daripada album “Everything Must Go”. Mereka juga menciptakan perpaduan suara sangat efektif dari rock yang berapi-api.

Manic Street Preachers sering menulis lagu tentang masalah-masalah yang besar, baik itu tentang politik atau kepribadian. Mereka memainkannya dengan pretensi yang kuat. Seperti single pertama album ini yang berjudul ‘If You Tolerate This Your Children Will Be Next’.

Manic Street Preachers menyebutkan sebuah keadilan pretensi. Mereka membuat pretensi itu bekerja melalui perpaduan kecerdasan, hasrat dan musikalitas semata. Keadilan pretensi itu disebutkan berkali-kali dalam reff yang menyebutkan judul lagu tersebut.

Selain single ‘If You Tolerate This Your Children Will Be Next’, ada dua single lain yang mendefinisikan album ini, yaitu ‘The Everlasting’ dan ‘You Stole The Sun From My Heart’. Lagu ‘The Everlasting’ didapatkan dari puisi Patrick Jones yang dideskripsikan sebagai kembalinya kehidupan yang semakin bertambahnya usia dan kehilangan idealisme manusia.

Seperti yang ditanggalkan dalam liriknya, “But as people we have a choice/ To end the void with all its force”. Sementara ‘You Stole The Sun From My Heart’ adalah ungkapan ketidaksukaan Nicky Wire selaku vokalis yang membenci rutinitas dan kerinduan yang ditimbulkannya. “But it don’t come easy/ I love you all the sama/ But you stole the sun form my heart”.

Manic Street Preachers - This Is My Truth Tell Me Yours

Manic Street Preachers – This Is My Truth Tell Me Yours

Ada juga lagu ‘Tsunami’, ‘My Little Empire’ dan ‘I’m Not Working’ yang memperkuat daya tarik pendengar dan terlibat dengan wilayah yang sebelumnya belum pernah tersentuh. Pada disk kedua pun dapat dikenal dengan baik, seperti judul ‘Nobody Love You’ yang mengisyaratkan ketiadaan Edwards.

Banyak keakraban dari keseharian pada album ini. Pukulan metalik yang keras ke dalam lagu ‘Tsunami’ pun menghasilkan visi futuristik yang alternatif. Album ini ditutup oleh cara menghapus dari kehancuran pada lagu ‘S.Y.M.M’.

Bagi Manic Street Preachers, album “This Is My Truth Tell Me Yours” adalah album yang menandakan perubahan arah dari eksplosivitas dan amarah menjadi lebih melodik. Namun tetap terkendali dengan mempertahankan dan menyalurkan kembali semangat mereka dalam bermain musik pasca kehilangan Edwards.

Buktinya, album ini menampilkan lebih banyak variasi musik daripada sebelumnya karena terlalu berliku-liku. Album ini juga tidak sekasar atau sekeras album “The Holy Bible” atau “Everything Must Go”.

Alasanya karena mereka mampu meninggalkan bayang-bayang Edwards. Melainkan menjadikannya hasrat yang membara dan tak tertandingi antara personel sekarang. Ini juga semakin menekankan keunikan Manic Street Preachers sebagai salah satu dari sedikit band tahun 90-an yang bisa melahirkan album sebagai penguat secara intelektual.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect